Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Honor di SMA Negeri 15 Bone
Fitriani. R/02.13.3023 - Personal Name
Pokok permasalahan skripsi ini mengenai bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru honor di SMA Negeri 15 Bone. Hal yang dikaji pada skripsi ini ialah bagaimana strategi yang diterapkan kepala sekolah dan bagaimana kualitas guru honor di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang diterapkan kepala sekolah dan untuk mengetahui kualitas guru honor di SMA Negeri 15 Bone.rnMetode pengkajian skripsi ini menggunakanpenelitianlapangan (Field Research) denganmenggunakanpendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperolehdianalisisdengantiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh kepala SMA Negeri 15 Bone yaitu Peningkatan kualifikasi akademik, peningkatan kompetensi dan peningkatan kesejahteraan. Secara keseluruhan pelaksanaan strategi tergolong sangat baik hanya saja belum maksimal karena masih ada guru honornya yang belum diikut sertakan dalam pelatihan dan peningkatan kesejahteraan untuk guru honor belum terlaksana dengan baik karena gaji yang diberikan belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.Dari sisi kualitas guru honor SMA Negeri 15 Bone enam dari lima guru honornya sudah memenuhi kualifikasi akademik yang dibutuhkan.Sedangkan dari segi kompetensinya sudah baik akan tetapi secara keseluruhan belum maksimal karena masih ada guru honornya yang mengajar tidak sesuai dengan backround pendidikan yang dimilikinya.rnA.SimpulanrnBerdasarkan penelitian yang dilakukan penulis selama dua bulan di SMA Negeri 15 Bone dengan judul penelitian strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru honor di SMA Negeri 15 Bone, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut:rn1.Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru honor di SMA Negeri 15 Bone yaitu melalui kualifikasi akademik, melalui peningkatan kompetensi, dan melalui peningkatan kesejahteraan. Starategi yang digunakan sudah baik akan tetapi belum maksimal karena masih ada guru honornya yang belum diikut sertakan dalam pelatihan dikarenakan guru tersebut baru masuk. dan peningkatan kesejahteraan untuk guru honor belum terlaksana dengan baik karena gaji yang diberikan belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.rn2.Kualitas guru honor di SMA Negeri 15 Bone enam dari lima guru honornya sudah cukup baik dari segi kualifikasi akademik sarjana. Sedangkan dari segi kompetensinya sudah cukup baik meskipun belum maksimal karena masih ada guru honornya yang mengajar tidak sesuai dengan bakgraound pendidikan yang dimilikinya.rnB. Saran rnSaran yang penulis berikan, sebagai berikut:rn1.Kepala sekolah, tetap meningkatkan strategi peningkatan kualitas guru baik dari konsep maupun penerapan starategi karena kualitas seorang guru sangat diperluhkan untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas pula.rn2.Guru, agar memperbaiki kualitas yang mereka miliki baik dari kualifikasi akademik maupun kompetensi yang dimilikinya. Karena guru merupakan penentu gerak majunya suatu bangsa .rnrnrn
Ketersediaan
| ST20170086 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
86/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
