Peranan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMPN 6 Watampone
Rahmah Arizka/02.14.10.37 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Peranan Kompetensi Pedagogik Guru PAI
dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMPN 6 Watampone.Tujuan penulisan
skripsi ini untuk mengetahui kompetensi paedagogik guru PAI di SMP Negeri 6
Watampone, pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Watampone,
dan kontribusi kompetensi pedagogik guru PAI dalam pelaksanaan evaluasi
pembelajaran di SMP Negeri 6 Watampone.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang mengungkap situasi sosial
tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar. Untuk membahas persoalan
tersebut maka dibutuhkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam skripsi ini yakni,
kepala sekolah, guru PAI, dan siswa SMPN 6 Watampone. Dan adapun teknik
pengelolaan data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI di
SMPN 6 Watampone yaitu, guru mampu membuat perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi dengan baik, guru mampu memberikan pre test kepada siswa sebelum proses
pembelajaran untuk melihat intelektual yang dimiliki oleh peserta didik dan guru
mampu mempersiapkan RPP berdasarkan kurikulum 2013, memberikan penilaian
kepada siswa melalui kegiatan evaluasi, memberikan bahan ajar atau materi dengan
menggunakan buku, memberikan metode pembelajaran seperti metode ceramah,
diskusi dan demonstrasi. Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran PAI di SMPN Negeri 6
Watampone, guru memberikan evaluasi kepada siswa berupa tes pilihan ganda,
jawaban singkat, tes lisan, dan tes perbuatan, dan pemberian remedial dilakukan
apabila hasil yang diperoleh oleh siswa tidak mencapai nilai standar yang ditentukan
oleh guru yang memberikan evaluasi. Kontribusi kompetensi pedagogik guru PAI
dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMPN 6 Watampone mampu
merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi siswa yang sangat berpengaruh
terhadap evaluasi pembelajaran, dan mampu memberikan tes perbuatan yang sangat
berpengaruh terhadap aspek psikomotorik siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi dan pembahasan data hasil penelitian dengan judul
“Peranan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Pelaksanaan Evaluasi
Pembelajaran Di SMPN 6 Watampone”, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Kompetensi pedagogik guru PAI di SMPN 6 Watampone yaitu, guru mampu
membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan baik, guru mampu
memberikan pre test kepada siswa sebelum proses pembelajaran untuk melihat
intelektual yang dimiliki oleh peserta didik dan guru mampu mempersiapkan RPP
berdasarkan kurikulum 2013, memberikan penilaian kepada siswa melalui
kegiatan evaluasi, memberikan bahan ajar atau materi dengan menggunakan buku,
memberikan metode pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi dan
demonstrasi.
2. Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran PAI di SMPN Negeri 6 Watampone, guru
memberikan evaluasi kepada siswa berupa tes pilihan ganda, jawaban singkat, tes
lisan, dan tes perbuatan, dan pemberian remedial dilakukan apabila hasil yang
diperoleh oleh siswa tidak mencapai nilai standar yang ditentukan oleh guru yang
memberikan evaluasi.
3. Kontribusi kompetensi pedagogik guru PAI dalam pelaksanaan evaluasi
pembelajaran di SMPN 6 Watampone mampu merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi siswa yang sangat berpengaruh terhadap evaluasi pembelajaran, dan
mampu memberikan tes perbuatan yang sangat berpengaruh terhadap aspek
psikomotorik siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk guru PAI di SMPN 6 Watampone agar kiranya terus meningkatkan
kompetensi pedagogiknya dengan mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan
yang berhubungan dengan proses pengelolaan pembelajaran, agar prestasi
peserta didik terus meningkat. Dan juga memberikan evaluasi yang bervariatif
agar peserta didik tidak merasa bosan serta hasil belajar lebih berkualitas.
2. Untuk kepala sekolah di SMPN 6 Watampone agar kiranya memperhatikan
kompetensi pedagogik dan evaluasi dalam pelaksanaan belajar mengajar serta
diharapkan membuat program-program yang berkaitan dengan peningkatan
kualitas kompetensi pedagogik guru.
dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMPN 6 Watampone.Tujuan penulisan
skripsi ini untuk mengetahui kompetensi paedagogik guru PAI di SMP Negeri 6
Watampone, pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Watampone,
dan kontribusi kompetensi pedagogik guru PAI dalam pelaksanaan evaluasi
pembelajaran di SMP Negeri 6 Watampone.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang mengungkap situasi sosial
tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar. Untuk membahas persoalan
tersebut maka dibutuhkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam skripsi ini yakni,
kepala sekolah, guru PAI, dan siswa SMPN 6 Watampone. Dan adapun teknik
pengelolaan data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI di
SMPN 6 Watampone yaitu, guru mampu membuat perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi dengan baik, guru mampu memberikan pre test kepada siswa sebelum proses
pembelajaran untuk melihat intelektual yang dimiliki oleh peserta didik dan guru
mampu mempersiapkan RPP berdasarkan kurikulum 2013, memberikan penilaian
kepada siswa melalui kegiatan evaluasi, memberikan bahan ajar atau materi dengan
menggunakan buku, memberikan metode pembelajaran seperti metode ceramah,
diskusi dan demonstrasi. Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran PAI di SMPN Negeri 6
Watampone, guru memberikan evaluasi kepada siswa berupa tes pilihan ganda,
jawaban singkat, tes lisan, dan tes perbuatan, dan pemberian remedial dilakukan
apabila hasil yang diperoleh oleh siswa tidak mencapai nilai standar yang ditentukan
oleh guru yang memberikan evaluasi. Kontribusi kompetensi pedagogik guru PAI
dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMPN 6 Watampone mampu
merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi siswa yang sangat berpengaruh
terhadap evaluasi pembelajaran, dan mampu memberikan tes perbuatan yang sangat
berpengaruh terhadap aspek psikomotorik siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi dan pembahasan data hasil penelitian dengan judul
“Peranan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Pelaksanaan Evaluasi
Pembelajaran Di SMPN 6 Watampone”, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Kompetensi pedagogik guru PAI di SMPN 6 Watampone yaitu, guru mampu
membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan baik, guru mampu
memberikan pre test kepada siswa sebelum proses pembelajaran untuk melihat
intelektual yang dimiliki oleh peserta didik dan guru mampu mempersiapkan RPP
berdasarkan kurikulum 2013, memberikan penilaian kepada siswa melalui
kegiatan evaluasi, memberikan bahan ajar atau materi dengan menggunakan buku,
memberikan metode pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi dan
demonstrasi.
2. Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran PAI di SMPN Negeri 6 Watampone, guru
memberikan evaluasi kepada siswa berupa tes pilihan ganda, jawaban singkat, tes
lisan, dan tes perbuatan, dan pemberian remedial dilakukan apabila hasil yang
diperoleh oleh siswa tidak mencapai nilai standar yang ditentukan oleh guru yang
memberikan evaluasi.
3. Kontribusi kompetensi pedagogik guru PAI dalam pelaksanaan evaluasi
pembelajaran di SMPN 6 Watampone mampu merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi siswa yang sangat berpengaruh terhadap evaluasi pembelajaran, dan
mampu memberikan tes perbuatan yang sangat berpengaruh terhadap aspek
psikomotorik siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk guru PAI di SMPN 6 Watampone agar kiranya terus meningkatkan
kompetensi pedagogiknya dengan mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan
yang berhubungan dengan proses pengelolaan pembelajaran, agar prestasi
peserta didik terus meningkat. Dan juga memberikan evaluasi yang bervariatif
agar peserta didik tidak merasa bosan serta hasil belajar lebih berkualitas.
2. Untuk kepala sekolah di SMPN 6 Watampone agar kiranya memperhatikan
kompetensi pedagogik dan evaluasi dalam pelaksanaan belajar mengajar serta
diharapkan membuat program-program yang berkaitan dengan peningkatan
kualitas kompetensi pedagogik guru.
Ketersediaan
| ST20180116 | 116/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
116/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
