Urgensi Penggunaan Media Visual dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone
Husbaniar/02.14.1092 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi Penggunaan Media Visual dalam
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone. Hal
penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, penggunaan media visual dalam
pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone dan kualitas pembelajaran Fikih
di MTs al-Junaiddiyah Biru Bone setelah penggunaan media visual.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara
(interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan metode deduktif dan metode induktif.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Penggunaan media visual dalam
pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone telah berlangsung dengan baik
dan benar karena telah melalui tahapan-tahapan secara teoritis yaitu menentukan
media gambar, menjelaskan setiap bagian-bagian media, guru dan peserta didik
menyimpulkan materi. Kualitas pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone
telah meningkat setelah penggunaan media visual. hal tersebut dapat dilihat baik dari
segi proses maupun dari segi hasilnya. Pertama prosesnya berupa konsistensi materi,
keterlaksanaannya, kualitas bimbingan dan pula interaksi guru dan peserta didiknya.
Kedua hasilnya berupa perhatian yang diperlihatkan, keaktifan peserta didik,
kesempatan mendapatkan umpan balik dan terbebasnya dari efek samping negatif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulisis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penggunaan media visual dalam pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru
Bone telah berlangsung dengan baik dan benar karena telah melalui tahapan-
tahapan secara teoritis yaitu menentukan media gambar, menjelaskan setiap
bagian-bagian media, guru dan peserta didik menyimpulkan materi.
2. Kualitas pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone telah meningkat
setelah penggunaan media visual. hal tersebut dapat dilihat baik dari segi proses
maupun dari segi hasilnya. Adapun prosesnya berupa konsistensi materi,
keterlaksanaannya, kualitas bimbingan dan pula interaksi guru dan peserta
didiknya. Sementara hasilnya berupa perhatian yang diperlihatkan, keaktifan
peserta didik, kesempatan mendapatkan umpan balik dan terbebasnya dari efek
samping negatif.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah sebaiknya menyiapkan sarana dan prasarana guru hanya
tinggal menggunakan seperti media visual, audio, gambar dan yang lainnya
sehingga guru tidak tidak kewalahan.
2. Guru Fikih diharapkan meningkatkan Penggunaan media visual sehingga
peserta lebih berkualitas dengan menggunakan media visual yang sesuai
dengan kemajuan teknologi sekarang ini maupun kedepannya perlu
ditingkatkan lagi sehingga peserta didik tidak merasa monoton.
3. Peserta didik lebih aktif lagi jangan merasa sungkan bertanya jika ada yang
perlu ditanyakan sehingga guru juga bisa memahami dimana letak yag belum
dipahami juga penggunaan media visual dapat berjalan dengan efektif.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone. Hal
penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, penggunaan media visual dalam
pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone dan kualitas pembelajaran Fikih
di MTs al-Junaiddiyah Biru Bone setelah penggunaan media visual.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara
(interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan metode deduktif dan metode induktif.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Penggunaan media visual dalam
pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone telah berlangsung dengan baik
dan benar karena telah melalui tahapan-tahapan secara teoritis yaitu menentukan
media gambar, menjelaskan setiap bagian-bagian media, guru dan peserta didik
menyimpulkan materi. Kualitas pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone
telah meningkat setelah penggunaan media visual. hal tersebut dapat dilihat baik dari
segi proses maupun dari segi hasilnya. Pertama prosesnya berupa konsistensi materi,
keterlaksanaannya, kualitas bimbingan dan pula interaksi guru dan peserta didiknya.
Kedua hasilnya berupa perhatian yang diperlihatkan, keaktifan peserta didik,
kesempatan mendapatkan umpan balik dan terbebasnya dari efek samping negatif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulisis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penggunaan media visual dalam pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru
Bone telah berlangsung dengan baik dan benar karena telah melalui tahapan-
tahapan secara teoritis yaitu menentukan media gambar, menjelaskan setiap
bagian-bagian media, guru dan peserta didik menyimpulkan materi.
2. Kualitas pembelajaran Fikih di MTs al-Junaidiyah Biru Bone telah meningkat
setelah penggunaan media visual. hal tersebut dapat dilihat baik dari segi proses
maupun dari segi hasilnya. Adapun prosesnya berupa konsistensi materi,
keterlaksanaannya, kualitas bimbingan dan pula interaksi guru dan peserta
didiknya. Sementara hasilnya berupa perhatian yang diperlihatkan, keaktifan
peserta didik, kesempatan mendapatkan umpan balik dan terbebasnya dari efek
samping negatif.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah sebaiknya menyiapkan sarana dan prasarana guru hanya
tinggal menggunakan seperti media visual, audio, gambar dan yang lainnya
sehingga guru tidak tidak kewalahan.
2. Guru Fikih diharapkan meningkatkan Penggunaan media visual sehingga
peserta lebih berkualitas dengan menggunakan media visual yang sesuai
dengan kemajuan teknologi sekarang ini maupun kedepannya perlu
ditingkatkan lagi sehingga peserta didik tidak merasa monoton.
3. Peserta didik lebih aktif lagi jangan merasa sungkan bertanya jika ada yang
perlu ditanyakan sehingga guru juga bisa memahami dimana letak yag belum
dipahami juga penggunaan media visual dapat berjalan dengan efektif.
Ketersediaan
| STAR20180322 | 322/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
Skripsi Tarbiyahh
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
