Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Komunikasi (Studi pada MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae Kecamatan Amali Kabupaten Bone)
Lilis Nur Indah Sari/02. 14. 1065 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Komunikasi (Studi pada MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae Kecamatan Amali Kabupaten Bone). Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan peran guru Aqidah Akhlak di MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae Kec. Amali Kab. Bone, bagaimana dampak negatif penggunaan teknologi komunikasi di MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae Kec. Amali Kab. Bone dan bagaimana kontribusi guru Akidah Akhlak dalam mencegah dampak negatif penggunaan teknologi komunikasi di MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae Kec. Amali Kab. Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1) Pendekatan Teologis Normatif , 2) Pendekatan Sosiologi dan 3) Pendekatan Paedagogis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta dianalisis dengan cara pengumpulan data, penyajian data (Data Display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, peran guru Akidah Akhlak di MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae Kec. Amali Kab. Bone telah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan telah terlaksananya peran mereka sebagai demonstrator, pengelola kelas agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik, mediator dan fasilitator dalam pembelajaran serta sebagai evaluator yang telah mengukur tingkat keberhasilan belajar. Kedua dampak negatif penggunaan teknologi komunikasi di MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae Kec. Amali Kab. Bone yaitu: a) siswa mengalami penurunan konsentrasi, b) kemampuan siswa menganalisa permasalahan yang mereka hadapi berkurang, c) telah membuat siswa malas membaca dan menulis, d) siswa telah mengalami penurunan kemampuan bersosialiasi, dan e) telah mempengaruhi gaya hidup pada pelajar. Ketiga, kontribusi guru Akidah Akhlak dalam mencegah dampak negatif penggunaan teknologi komunikasi di MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae Kec. Amali Kab. Bone yaitu: a) berupaya memberikan pemahaman kepada siswa yang kecanduan geme, b) memberikan pembinaan dan bimbingan kepada siswa yang kurang mampu melakukan sosialisasi, c) memberikan motivasi belajar kepada siswa yang kurang aktif di kelas, dan d) membatasi penggunaan HP di sekolah serta memberikan pemahaman kepada siswa akan bahaya dari penggunaan media komunikasi.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Peran guru Akidah Akhlak di MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae Kec.
Amali Kab. Bone telah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan
dengan telah terlaksananya peran mereka sebagai demonstrator, pengelola
kelas agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik, mediator dan
fasilitator dalam pembelajaran serta sebagai evaluator yang telah mengukur
tingkat keberhasilan belajar.
2. Dampak negatif penggunaan teknologi komunikasi di MI Nurul Aqsha Desa
Mattaropurae Kec. Amali Kab. Bone yaitu: a) siswa mengalami penurunan
konsentrasi, b) kemampuan siswa menganalisa permasalahan yang mereka
hadapi berkurang, c) telah membuat siswa malas membaca dan menulis, d)
siswa telah mengalami penurunan kemampuan bersosialiasi, dan e) telah
mempengaruhi gaya hidup pada pelajar.
3. Kontribusi guru Akidah Akhlak dalam mencegah dampak negatif
penggunaan teknologi komunikasi di MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae
Kec. Amali Kab. Bone yaitu: a) berupaya memberikan pemahaman kepada
siswa yang kecanduan geme, b) memberikan pembinaan dan bimbingan
kepada siswa yang kurang mampu melakukan sosialisasi, c) memberikan
motivasi belajar kepada siswa yang kurang aktif di kelas, dan d) membatasi
penggunaan HP di sekolah serta memberikan pemahaman kepada siswa akan
bahaya dari penggunaan media komunikasi.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan dukungan kepada para bawahannya dalam memberikan
pembinaan kepada para siswa agar tidak terbawa pengaruh buruk dari
penggunaan media komunikasi
2. Diharapkan kepada semua orang tua siswa agar memberikan dukungan dan
tetap membina anak-anaknya di dalam rumah tangga agar terpengaruh oleh
perkembangan media komunikasi.
3. Diharapkan kepada guru agar tetap sabar dan ikhlas dalam melaksanakan
tugas sebagai pendidik dan tetap memberikan nasehat bagi siswa
sehubungan dengan penggunaan media komunikasi.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Peran guru Akidah Akhlak di MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae Kec.
Amali Kab. Bone telah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan
dengan telah terlaksananya peran mereka sebagai demonstrator, pengelola
kelas agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik, mediator dan
fasilitator dalam pembelajaran serta sebagai evaluator yang telah mengukur
tingkat keberhasilan belajar.
2. Dampak negatif penggunaan teknologi komunikasi di MI Nurul Aqsha Desa
Mattaropurae Kec. Amali Kab. Bone yaitu: a) siswa mengalami penurunan
konsentrasi, b) kemampuan siswa menganalisa permasalahan yang mereka
hadapi berkurang, c) telah membuat siswa malas membaca dan menulis, d)
siswa telah mengalami penurunan kemampuan bersosialiasi, dan e) telah
mempengaruhi gaya hidup pada pelajar.
3. Kontribusi guru Akidah Akhlak dalam mencegah dampak negatif
penggunaan teknologi komunikasi di MI Nurul Aqsha Desa Mattaropurae
Kec. Amali Kab. Bone yaitu: a) berupaya memberikan pemahaman kepada
siswa yang kecanduan geme, b) memberikan pembinaan dan bimbingan
kepada siswa yang kurang mampu melakukan sosialisasi, c) memberikan
motivasi belajar kepada siswa yang kurang aktif di kelas, dan d) membatasi
penggunaan HP di sekolah serta memberikan pemahaman kepada siswa akan
bahaya dari penggunaan media komunikasi.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan dukungan kepada para bawahannya dalam memberikan
pembinaan kepada para siswa agar tidak terbawa pengaruh buruk dari
penggunaan media komunikasi
2. Diharapkan kepada semua orang tua siswa agar memberikan dukungan dan
tetap membina anak-anaknya di dalam rumah tangga agar terpengaruh oleh
perkembangan media komunikasi.
3. Diharapkan kepada guru agar tetap sabar dan ikhlas dalam melaksanakan
tugas sebagai pendidik dan tetap memberikan nasehat bagi siswa
sehubungan dengan penggunaan media komunikasi.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| ST20180096 | 96/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
96/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
