Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pendisiplinan Melaksanakan Shalat Lima Waktu Bagi Siswa SD IT Rabbani Watampone
Asmidar/02.14.1036 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Peran Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Pendisiplinan melaksanakan Shalat Lima Waktu Bagi Siswa SD IT
Rabbani Watampone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini mengenai
pelaksanaan peran guru pendidikan Agama Islam, Upaya yang dilakukan dalam
pendisiplinan melaksanakan shalat lima waktu, Serta konstribusi guru Pendidikan
Agama Islam dalam pendisiplinan melaksanakan shalat lima waktu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengetahui
bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pendisiplinan
Melaksanakan Shalat Lima Waktu Bagi Siswa SD IT Rabbani Watampone.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara/interview,
observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian
lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, Gambaran peran guru
Pendidikan Agama Islam dalam Pendisiplinan Melaksanakan Shalat Lima Waktu
bagi siswa SD IT Rabbani Watampone telah berjalan dengan baik dapat dilihat
dari peran guru PAI yakni,ada 4 peran yaitu 1) memberikan pendidikan, 2)
menjadi model/contoh, 3) memberikan pengajaran dan membimbing, 4) menjadi
pebelajar. Keempat peran guru pendidikan agama Islam ini sangat berpengaruh
dalam proses pelaksanaan peran guru pendidikan agama Islam karena terbukti
sedikit demi sedikit proses pembelajaran sudah menjadi lebih baik dengan
terlaksananya peran guru. Kedua, Upaya yang dilakukan untuk mendisiplinkan
siswa dalam melaksanakan shalat lima waktu di SD IT Rabbani Watampone yaitu
melalui cara pembiasaan melaksanakan shalat fardhu dan shalat dhuha, melalui
keteladanan, penyadaran dan melalui pengawasan yang dilakukan oleh guru dan
orang tua. ketiga kontribusi guru Pendidikan agama Islam dalam pendisiplinan
melaksanakan shalat lima waktu bagi siswa SD IT Rabbani Watampone yaitu
dengan memberikan pengajaran khusus mengenai shalat, mengajarakan tata cara
wudhu dan pelaksanaan shalat, melakukan praktek wudhu dan shalat, memberikan
tugas hafalan kepada siswa.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai peran guru pendidikan
Agama Islam dalam pendisiplinan melaksanakan shalat lima waktu bagi
siswa SD IT Rabbani Watampone maka simpulan yang dapat diambil adalah
sebagai berikut:
1. Adapun pelaksanaan peran guru pendidikan Agama Islam di SD IT
Rabbani Watampone sebagai pendidik bagi siswa, model atau contoh,
pebelajar dan pembimbing, telah di laksanakan dengan benar karena dia
tidak hanya menjadi pengajar atau pembimbing namun juga selalu belajar
akan perkembangan ilmu pengetahuan yang tidak pernah ada habisnya
dan matinya. Selalu menambah pengetahuan dan keterampilan yang baru
agar pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya tidak ketinggalan
zaman.
2. Upaya yang dilakukan untuk mendisiplinkan siswa dalam melaksanakan
shalat lima waktu di SD IT Rabbani Watampone yaitu melalui cara
pembiasaan melaksanakan shalat fardhu dan shalat dhuha, melalui
keteladanan, penyadaran dan melalui pengawasan yang dilakukan oleh
guru dan orang tua.
3. Konstribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan
pendisiplinan melaksanakan shalat lima waktu bagi siswa SD IT Rabbani
Watampone yaitu dengan memberikan pengajaran khusus mengenai
shalat, mengajarakan tata cara wudhu dan pelaksanaan shalat, melakukan
praktek wudhu dan shalat, memberikan tugas hafalan kepada siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Kepada guru pendidikan Agama Islam SD IT Rabbani Kab. Bone,
hendaknya tetap memperhatikan dan mengawasi siswa yang tidak mau
mengikuti peratura-peraturan yang telah ditetapkan sekolah. terutama
dalam hal disiplin dalam pelaksanaa shalat diharapkan guru mampu
memberikan pengawasan yang ketat kepada siswa dengan menjalin
kerjasama yang baik dengan orang tua/wali siswa.
2. Kepada siswa SD IT Rabbani Watampone hendaknya memperhatikan dan
mematuhi peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah agar
kedepannya bisa menanamkan nilai-nilai ibadah dalam dirinya agar dapat
menjadi siswa yang disiplin dalam melaksanakan shalat.
Dalam Pendisiplinan melaksanakan Shalat Lima Waktu Bagi Siswa SD IT
Rabbani Watampone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini mengenai
pelaksanaan peran guru pendidikan Agama Islam, Upaya yang dilakukan dalam
pendisiplinan melaksanakan shalat lima waktu, Serta konstribusi guru Pendidikan
Agama Islam dalam pendisiplinan melaksanakan shalat lima waktu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengetahui
bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pendisiplinan
Melaksanakan Shalat Lima Waktu Bagi Siswa SD IT Rabbani Watampone.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara/interview,
observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian
lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, Gambaran peran guru
Pendidikan Agama Islam dalam Pendisiplinan Melaksanakan Shalat Lima Waktu
bagi siswa SD IT Rabbani Watampone telah berjalan dengan baik dapat dilihat
dari peran guru PAI yakni,ada 4 peran yaitu 1) memberikan pendidikan, 2)
menjadi model/contoh, 3) memberikan pengajaran dan membimbing, 4) menjadi
pebelajar. Keempat peran guru pendidikan agama Islam ini sangat berpengaruh
dalam proses pelaksanaan peran guru pendidikan agama Islam karena terbukti
sedikit demi sedikit proses pembelajaran sudah menjadi lebih baik dengan
terlaksananya peran guru. Kedua, Upaya yang dilakukan untuk mendisiplinkan
siswa dalam melaksanakan shalat lima waktu di SD IT Rabbani Watampone yaitu
melalui cara pembiasaan melaksanakan shalat fardhu dan shalat dhuha, melalui
keteladanan, penyadaran dan melalui pengawasan yang dilakukan oleh guru dan
orang tua. ketiga kontribusi guru Pendidikan agama Islam dalam pendisiplinan
melaksanakan shalat lima waktu bagi siswa SD IT Rabbani Watampone yaitu
dengan memberikan pengajaran khusus mengenai shalat, mengajarakan tata cara
wudhu dan pelaksanaan shalat, melakukan praktek wudhu dan shalat, memberikan
tugas hafalan kepada siswa.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai peran guru pendidikan
Agama Islam dalam pendisiplinan melaksanakan shalat lima waktu bagi
siswa SD IT Rabbani Watampone maka simpulan yang dapat diambil adalah
sebagai berikut:
1. Adapun pelaksanaan peran guru pendidikan Agama Islam di SD IT
Rabbani Watampone sebagai pendidik bagi siswa, model atau contoh,
pebelajar dan pembimbing, telah di laksanakan dengan benar karena dia
tidak hanya menjadi pengajar atau pembimbing namun juga selalu belajar
akan perkembangan ilmu pengetahuan yang tidak pernah ada habisnya
dan matinya. Selalu menambah pengetahuan dan keterampilan yang baru
agar pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya tidak ketinggalan
zaman.
2. Upaya yang dilakukan untuk mendisiplinkan siswa dalam melaksanakan
shalat lima waktu di SD IT Rabbani Watampone yaitu melalui cara
pembiasaan melaksanakan shalat fardhu dan shalat dhuha, melalui
keteladanan, penyadaran dan melalui pengawasan yang dilakukan oleh
guru dan orang tua.
3. Konstribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan
pendisiplinan melaksanakan shalat lima waktu bagi siswa SD IT Rabbani
Watampone yaitu dengan memberikan pengajaran khusus mengenai
shalat, mengajarakan tata cara wudhu dan pelaksanaan shalat, melakukan
praktek wudhu dan shalat, memberikan tugas hafalan kepada siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Kepada guru pendidikan Agama Islam SD IT Rabbani Kab. Bone,
hendaknya tetap memperhatikan dan mengawasi siswa yang tidak mau
mengikuti peratura-peraturan yang telah ditetapkan sekolah. terutama
dalam hal disiplin dalam pelaksanaa shalat diharapkan guru mampu
memberikan pengawasan yang ketat kepada siswa dengan menjalin
kerjasama yang baik dengan orang tua/wali siswa.
2. Kepada siswa SD IT Rabbani Watampone hendaknya memperhatikan dan
mematuhi peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah agar
kedepannya bisa menanamkan nilai-nilai ibadah dalam dirinya agar dapat
menjadi siswa yang disiplin dalam melaksanakan shalat.
Ketersediaan
| ST20180283 | 283/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
283/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
