Urgensi Kompetensi Guru Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bone
Fitra Ana Firman/02.14.2011 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Urgensi Kompetensi Guru Arab Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bone”,Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni kompetensi profesional guru bahasa arab dalam meningkat minat belajar
yang dimilki masing-masing siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Kompetensi profesional
guru bahasa arab Madrasah Tsanwiyah Negeri 1 Bone memiliki kriteria
diantaranya guru merupakan lulusan pendidikan bahasa strata 1 yang terakreditasi
baik, menguasai dan menerapkan kurikulum yang diterapkan di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 1 Bone, mampu membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, menguasai dan menerapkan strategi dan metode yang bervariasi
dalam pembelajaran bahasa arab, selalu memiliki media pembelajaran dalam
mengajar, mampu mengevaluasi hasil belajar siswa. Kriteria-kriteria kompetensi
profesional, 95% dengan baik telah dimiliki oleh guru-guru bahasa arab
Madrasah Tsanwiyah Negeri 1 Bone. Kedua,Minat belajar siswa terhadap mata
pelajaran bahasa arab dapat dikatakan baik, karena cara-cara yang telah dilakukan
guru dalam mengajarkan bahasa arab selalu mendapat respon yang baik oleh
siswa, dilihat dari absen kehadiran siswa, selalu terisi dengan baik itu menandakan
siswa rajin masuk dalam jam pelajaran bahasa arab, siswa selalu aktif bentanya
atau menanggapi pertanyaan yang diberikan, rajin mengerjakan tugas dan
pekerjaan rumah dengan baik, serta nilai dari hasil belajar siswa diatas rata-rata
standar penilaian guru bahasa arab. Ketiga,kompetensi profesional guru bahasa
arab dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab,
Sebagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengajar, pemberian materi
bahasa arab dengan menggunakan strategi dan metode yang bervariasi sehingga
siswa senang, media yang digunakan selalu mendapatkan respon yang baik, dan
pemberian reweard yang selalu diberikan guru kepada siswa. Itu semua
merupakan pengaplikasian dari kompetensi profesional yang dimiliki guru bahasa
arab betul-betul memberikan pengaruh serta sangatlah penting dalam
meningkatkan minat siswa, dimana siswa selalu aktif dalam kelas dan rajin dalam
mengerjakan tugas dan hafalannya, serta nilai dari hasil belajar itu memuaskan
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Dari beberapa hasil penelitian yang dilakukan ada hal yang baru
ditemukan yakni dalam proses pembelajaran bahasa arab di Madrasah
Tsanwiyah Negeri 1 Bone, guru bahasa arab tidak menerapkan metode
istima dengan alasan tidak ditekankan pada kurikulum yang diterapkan
di sekolah tersebut.
2. Kompeten siprofesional guru bahasa arab Madrasah TsanwiyahNegeri 1
Bone memiliki kriteria diantaranya guru merupakan lulusan pendidikan
bahasa strata 1 yang terakreditasi baik, menguasai dan menerapkan
kurikulum yang diterapakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bone ,
mampu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, menguasai dan
menerapkan strategi dan metode yang bervariasi dalam pembelajaran
bahasa arab, selalu memiliki media pembelajaran dalam mengajar,
mampu mengevaluasi hasil belajar siswa. Kriteria-kriteria kompetensi
profesional, 95% dengan baik telah dimiliki oleh guru-guru bahasa
arab Madrasah Tsanwiyah Negeri 1 Bone.
3. Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab dapat
dikatakan baik, karen acara-cara yang telah dilakukan guru dalam
mengajarkan bahasa arab selalu mendapat respon yang baik oleh siswa,
absen kehadiran siswa selalu terisi dengan baik itu menandakan siswa
rajin masuk dalam jam pelajaran bahasa arab, siswa selalu aktif
bentanya atau menaggapi pertanyaan yang diberikan, rajin mengerjakan
tugas dan pekerjaan rumah dengan baik, serta nilai dari hasil belajar
siswa diatas KKM
4. Kompetensi profesional guru bahasa arab dapat meningkatkan minat
belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab, Sebagaimana upaya-
upaya yang dilakukan guru dalam mengajar, penyampaian materi
bahasa arab yang disampaikan dengan strategi dan metode yang
bervariasi sehingga siswa senang, media yang digunakan selalu
mendapatkan respon yang baik, dan pemberian penghargaan yang
selalu diberikan guru kepada siswa. Itu semua merupakan
pengaplikasian dari kompetensi profesional yang dimiliki guru bahasa
arab betul-betul memberikan pengaruh serta sangatlah penting dalam
meningkatkan minat siswa, dimana siswa selalu aktif dalam kelas dan
rajin dalam mengerjakan tugas maupun hafalannya, serta nilai dari hasil
belajar itu memuaskan.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang urgensi kompetensi guru bahasa
aran dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran bahasa arab di MTsN 1
Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah mengadakan pelatihan-pelatihan khusus untuk
guru bahasa arab agar dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki
masing-masing guru bahasa arab, dan hasilnya juga berdampak positif bagi
siswa nantinya
2. Hendaknya guru selalu mencari referensi-referensi yang terupdate mengenai
pembelajaranbahasa arab,metode pembelajaran, strategi pembelajaran yang
baru, serta informasi-informasi yang dapat disampakan kepada siswa dan
menjadi aspek motivasi untuk siswa, serta adanya pembiasaan percakapan
dengan siswa menggunakan bahasa arab.
3. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian
motivasi kepada siswa serta pemberian pelajaran-pelajaran tambahan
kepada siswa di rumah dan pembiasaan mengunakan bahasa arab dalam
kehidupan sehari-hari
4. Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, serta semangat untuk
berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan, dengan senantiasa
belajar.
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bone”,Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni kompetensi profesional guru bahasa arab dalam meningkat minat belajar
yang dimilki masing-masing siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Kompetensi profesional
guru bahasa arab Madrasah Tsanwiyah Negeri 1 Bone memiliki kriteria
diantaranya guru merupakan lulusan pendidikan bahasa strata 1 yang terakreditasi
baik, menguasai dan menerapkan kurikulum yang diterapkan di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 1 Bone, mampu membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, menguasai dan menerapkan strategi dan metode yang bervariasi
dalam pembelajaran bahasa arab, selalu memiliki media pembelajaran dalam
mengajar, mampu mengevaluasi hasil belajar siswa. Kriteria-kriteria kompetensi
profesional, 95% dengan baik telah dimiliki oleh guru-guru bahasa arab
Madrasah Tsanwiyah Negeri 1 Bone. Kedua,Minat belajar siswa terhadap mata
pelajaran bahasa arab dapat dikatakan baik, karena cara-cara yang telah dilakukan
guru dalam mengajarkan bahasa arab selalu mendapat respon yang baik oleh
siswa, dilihat dari absen kehadiran siswa, selalu terisi dengan baik itu menandakan
siswa rajin masuk dalam jam pelajaran bahasa arab, siswa selalu aktif bentanya
atau menanggapi pertanyaan yang diberikan, rajin mengerjakan tugas dan
pekerjaan rumah dengan baik, serta nilai dari hasil belajar siswa diatas rata-rata
standar penilaian guru bahasa arab. Ketiga,kompetensi profesional guru bahasa
arab dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab,
Sebagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengajar, pemberian materi
bahasa arab dengan menggunakan strategi dan metode yang bervariasi sehingga
siswa senang, media yang digunakan selalu mendapatkan respon yang baik, dan
pemberian reweard yang selalu diberikan guru kepada siswa. Itu semua
merupakan pengaplikasian dari kompetensi profesional yang dimiliki guru bahasa
arab betul-betul memberikan pengaruh serta sangatlah penting dalam
meningkatkan minat siswa, dimana siswa selalu aktif dalam kelas dan rajin dalam
mengerjakan tugas dan hafalannya, serta nilai dari hasil belajar itu memuaskan
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Dari beberapa hasil penelitian yang dilakukan ada hal yang baru
ditemukan yakni dalam proses pembelajaran bahasa arab di Madrasah
Tsanwiyah Negeri 1 Bone, guru bahasa arab tidak menerapkan metode
istima dengan alasan tidak ditekankan pada kurikulum yang diterapkan
di sekolah tersebut.
2. Kompeten siprofesional guru bahasa arab Madrasah TsanwiyahNegeri 1
Bone memiliki kriteria diantaranya guru merupakan lulusan pendidikan
bahasa strata 1 yang terakreditasi baik, menguasai dan menerapkan
kurikulum yang diterapakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bone ,
mampu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, menguasai dan
menerapkan strategi dan metode yang bervariasi dalam pembelajaran
bahasa arab, selalu memiliki media pembelajaran dalam mengajar,
mampu mengevaluasi hasil belajar siswa. Kriteria-kriteria kompetensi
profesional, 95% dengan baik telah dimiliki oleh guru-guru bahasa
arab Madrasah Tsanwiyah Negeri 1 Bone.
3. Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab dapat
dikatakan baik, karen acara-cara yang telah dilakukan guru dalam
mengajarkan bahasa arab selalu mendapat respon yang baik oleh siswa,
absen kehadiran siswa selalu terisi dengan baik itu menandakan siswa
rajin masuk dalam jam pelajaran bahasa arab, siswa selalu aktif
bentanya atau menaggapi pertanyaan yang diberikan, rajin mengerjakan
tugas dan pekerjaan rumah dengan baik, serta nilai dari hasil belajar
siswa diatas KKM
4. Kompetensi profesional guru bahasa arab dapat meningkatkan minat
belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa arab, Sebagaimana upaya-
upaya yang dilakukan guru dalam mengajar, penyampaian materi
bahasa arab yang disampaikan dengan strategi dan metode yang
bervariasi sehingga siswa senang, media yang digunakan selalu
mendapatkan respon yang baik, dan pemberian penghargaan yang
selalu diberikan guru kepada siswa. Itu semua merupakan
pengaplikasian dari kompetensi profesional yang dimiliki guru bahasa
arab betul-betul memberikan pengaruh serta sangatlah penting dalam
meningkatkan minat siswa, dimana siswa selalu aktif dalam kelas dan
rajin dalam mengerjakan tugas maupun hafalannya, serta nilai dari hasil
belajar itu memuaskan.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang urgensi kompetensi guru bahasa
aran dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran bahasa arab di MTsN 1
Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah mengadakan pelatihan-pelatihan khusus untuk
guru bahasa arab agar dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki
masing-masing guru bahasa arab, dan hasilnya juga berdampak positif bagi
siswa nantinya
2. Hendaknya guru selalu mencari referensi-referensi yang terupdate mengenai
pembelajaranbahasa arab,metode pembelajaran, strategi pembelajaran yang
baru, serta informasi-informasi yang dapat disampakan kepada siswa dan
menjadi aspek motivasi untuk siswa, serta adanya pembiasaan percakapan
dengan siswa menggunakan bahasa arab.
3. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian
motivasi kepada siswa serta pemberian pelajaran-pelajaran tambahan
kepada siswa di rumah dan pembiasaan mengunakan bahasa arab dalam
kehidupan sehari-hari
4. Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, serta semangat untuk
berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan, dengan senantiasa
belajar.
Ketersediaan
| ST20180274 | 274/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
274/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
