Efektifitas Pengguanaan Metode Qira’ah Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Berbahasa Arab Siswa Kelas XI SMA PP Al-Munawwarah Kec. Palakka Kab. Bone
Megawati/02.14.2016 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Efektivitas Penggunaan Metode Qira’ah Dalam
Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Berbahasaa Arab Siswa Kelas XI SMA
PP Al-Manawwarah Kec. Palakka Kab. Bone. Hal yang yang penting dikaji dalam
skripsi ini yakni bagaimana efektivitas penggunaan metode qira’ah di kelas XI SMA
PP Al-Manawwarah, bagaimana meningkatkan kemampuan memahami teks bahasa
Arab dalam metode qira’ah di kelas XI SMA PP Al-Manawwarah.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah penelitian
kualitatif (qualitative research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawncara dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data
dedukatif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, efektivitas penggunaan metode qira’ah
di kelas XI SMA PP Al-Manawwarah sudah efektiv digunakan, dimana dengan
menggunakan metode ini siswa lebih mudah memahami teks yng disajikan oleh
guru. Kedua, pemahaman siswa dalam mempelajari bahasa Arab melalui metode
qira’ah sudah meningkat, dapat dilihat dari intraksi siswa dalam belajar seperti
adanya semangat siswa dalam belajar, menumbuhkan ke efektivan siswa dan dapat
menarik perhatian siswa, meskipun siswa merasa bosandalam belajar tapi dengan
adanya metode yang digunakan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam
memahami teks berbahasa Arab.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Efektivitas penggunaan metode qiraah di sekolah SMA PP Al-Manaawwarah
sangat penting dimana metode ini dapat membantu siswa dalam memahami
teks Bahasa Arab, dan memberikan semangat dalam belajar dan menumbuhkan
keaktifan siswa serta dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran. Karena
melalui metode ini siswa yang kurang dalam memahami teks bacaan akan
merasa lebih terbantu, dimana metode ini dapat membantu siswa dalam
memahami isi teks bacaan melalui bantuan kamus dan kosa kata yang disajikan
oleh guru lebih sering mereka dengar. Dan juga adany perhatian dari guru
terhadap siswa seperti memberikan semangat, motifasi, dan arahan sehingga
siswa-siswa tidak mengalami kebosanan dalam belajar.
2. Indikator pemahaman siswa dalam memahami teks berbahasa Arab dapat
meningkat. Untuk mengetahui meningkatnya indikartor pemahamn siswa
dalam belajar bahasa Arab dilihat dari antusias dan Intraksi siswa dalam
belajar serta keaktifan siswa dalam pembelajaaran.
47
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang efektivitas penggunaan metode
qiraah dalam meningkatkan kemampuan memahami teks berbahasa Arab siswa
kelas XI SMA PP Al-Manawwarah, maka saran akan peneliti sampaikan yaitu
sebagai berikut:
1. Bagi guru bahasa Arab
Dalam pembelajaran bahasa Arab disarankan kepada setiap guru
bahasa Arab dengan kemampuanya agar senantiasa berusaha menyediakan
media dan metode yang pembelajaran yang efektif dan inovatif, serta menarik
bagi peserta didik.
2. Bagi kepala sekolah
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi kepala
sekolah untuk membuat kebijakan dalam pengembangan kurikulum di sekolah
khususnya kurikulum mata pelajaran bahasa Arab.
3. Bagi siswa
Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, serta semangat dalam
belajar sehingga dapat berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan,
engan senantiasa belajar
4. Bagi peneliti sendiri
Penelitian ini hanya meneliti tentang efektivitas penggunaan metode
qiraah dalam meningkatkan kemampuan memahami teks berbahasa Arab siswa
kelas XI SMA PP Al-Manawwarah, oleh karena itu peneliti selanjutnya
diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam terhadap media
atau metode yang lain dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan
kemahiran berbahasa yang lain seperti kemahiran berbicara, dan menulis
dengan berbagai metode, agar diperolah penemuan-penemuan baru terhadap
media yang berkaitan erat dengan pembelajaran bahasa Arab sehingga
pembelajaran bahasa Arab di Indonesia lebih meningkat dan dapat mencapai
tujuan yang diharapkan dalam kurikulum.
Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Berbahasaa Arab Siswa Kelas XI SMA
PP Al-Manawwarah Kec. Palakka Kab. Bone. Hal yang yang penting dikaji dalam
skripsi ini yakni bagaimana efektivitas penggunaan metode qira’ah di kelas XI SMA
PP Al-Manawwarah, bagaimana meningkatkan kemampuan memahami teks bahasa
Arab dalam metode qira’ah di kelas XI SMA PP Al-Manawwarah.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah penelitian
kualitatif (qualitative research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawncara dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data
dedukatif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, efektivitas penggunaan metode qira’ah
di kelas XI SMA PP Al-Manawwarah sudah efektiv digunakan, dimana dengan
menggunakan metode ini siswa lebih mudah memahami teks yng disajikan oleh
guru. Kedua, pemahaman siswa dalam mempelajari bahasa Arab melalui metode
qira’ah sudah meningkat, dapat dilihat dari intraksi siswa dalam belajar seperti
adanya semangat siswa dalam belajar, menumbuhkan ke efektivan siswa dan dapat
menarik perhatian siswa, meskipun siswa merasa bosandalam belajar tapi dengan
adanya metode yang digunakan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam
memahami teks berbahasa Arab.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Efektivitas penggunaan metode qiraah di sekolah SMA PP Al-Manaawwarah
sangat penting dimana metode ini dapat membantu siswa dalam memahami
teks Bahasa Arab, dan memberikan semangat dalam belajar dan menumbuhkan
keaktifan siswa serta dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran. Karena
melalui metode ini siswa yang kurang dalam memahami teks bacaan akan
merasa lebih terbantu, dimana metode ini dapat membantu siswa dalam
memahami isi teks bacaan melalui bantuan kamus dan kosa kata yang disajikan
oleh guru lebih sering mereka dengar. Dan juga adany perhatian dari guru
terhadap siswa seperti memberikan semangat, motifasi, dan arahan sehingga
siswa-siswa tidak mengalami kebosanan dalam belajar.
2. Indikator pemahaman siswa dalam memahami teks berbahasa Arab dapat
meningkat. Untuk mengetahui meningkatnya indikartor pemahamn siswa
dalam belajar bahasa Arab dilihat dari antusias dan Intraksi siswa dalam
belajar serta keaktifan siswa dalam pembelajaaran.
47
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang efektivitas penggunaan metode
qiraah dalam meningkatkan kemampuan memahami teks berbahasa Arab siswa
kelas XI SMA PP Al-Manawwarah, maka saran akan peneliti sampaikan yaitu
sebagai berikut:
1. Bagi guru bahasa Arab
Dalam pembelajaran bahasa Arab disarankan kepada setiap guru
bahasa Arab dengan kemampuanya agar senantiasa berusaha menyediakan
media dan metode yang pembelajaran yang efektif dan inovatif, serta menarik
bagi peserta didik.
2. Bagi kepala sekolah
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi kepala
sekolah untuk membuat kebijakan dalam pengembangan kurikulum di sekolah
khususnya kurikulum mata pelajaran bahasa Arab.
3. Bagi siswa
Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, serta semangat dalam
belajar sehingga dapat berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan,
engan senantiasa belajar
4. Bagi peneliti sendiri
Penelitian ini hanya meneliti tentang efektivitas penggunaan metode
qiraah dalam meningkatkan kemampuan memahami teks berbahasa Arab siswa
kelas XI SMA PP Al-Manawwarah, oleh karena itu peneliti selanjutnya
diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam terhadap media
atau metode yang lain dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan
kemahiran berbahasa yang lain seperti kemahiran berbicara, dan menulis
dengan berbagai metode, agar diperolah penemuan-penemuan baru terhadap
media yang berkaitan erat dengan pembelajaran bahasa Arab sehingga
pembelajaran bahasa Arab di Indonesia lebih meningkat dan dapat mencapai
tujuan yang diharapkan dalam kurikulum.
Ketersediaan
| STAR20180358 | 358/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
358/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
