Implementasi Taksonomi Bloom Aspek Afektif Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAI Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Dua Boccoe

No image available for this title
Skripsi ini merupakan pembahasan mengenai Implementasi Taksonomi Bloom Aspek Afektif Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAI Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Dua Boccoe. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana konsep Taksonomi Bloom aspek afektif dan hasil pembelajaran PAI dengan penerapan Taksonomi Bloom aspek afektif.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, penulis mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, mengadakan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti, proses tanya jawab dalam penelitian yang berlangsung secara lisan, dimana dua orang atau lebih bertatap muka mendengarkan secara langsung informasi-informasi atau keterangan-keterangan, sebagai sumber datanya, dengan cara melihat dokumen secara tertulis yang ada kaitannya dengan objek yang diteliti dengan menggunakan pendekatan paedagogis, teologis normatif, psikologis, sosiologis dan teknik pengelolaan data penulis mengguanakan metode kualitatif yakni mengelola data yang berupa fakta dan keterangan yang diperoleh dari sumber data. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode induktif, deduktif dan komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengimplementasian Taksonomi Bloom dengan aspek afektif dan dilakukan dengan sistematis sehingga mampu diterima dengan baik oleh siswa dalam proses pembelajaran PAI yang disesuaikan dengan keadaan siswa dan materi pembelajaran. Kontribusi yang diberikan dengan diterapkannya Taksonomi Bloom aspek afektif terhadap hasil pembelajaran PAI siswa kelas VIII dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi dari hasil belajar siswa yang diukur dari hasil penilaian di dalam dan di luar kelas beserta kehidupan sosialnya di sekolah. Hal ini didukung dengan keterampilan guru dalam menyampaiakan pelajaran dengan penerapan Taksonomi Bloom aspek afektif.
A.Simpulan
Berdasarkan penelitian dan dilanjutkan dengan penganalisaan serta penafsiran data yang telah penulis lakukan tentang Implementasi Taksonomi Bloom Aspek Afektif Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAI Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Dua Boccoe, maka penulis dapat menyimpulkan:
1.Implementasi taksonomi bloom dalam pembelajaran PAI telah diterapkan dengan memahami ketiga cakupan aspek terlebih dahulu, yakni salah satunya aspek afektif dalam proses pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Dua Boccoe. Penerapannya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran PAI dan menggunakan keterampilan guru itu sendiri yang disesuaikan dengan karakter siswa. Peningkatan dalam kematangan mempersiapkan diri dan bahan ajar PAI dapat termaksimalkan serta proses pembelajaran di kelas VIII menjadi lebih hidup. Kemampuan siswa yang meningkat dalam memahami dan merespon pelajaran serta hubungan interaksi antara guru dan siswa yang menjadi lebih berkualitas terkait pembelajaran PAI sehingga mudah untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari dalam bersikap.
2.Kontribusi Taksonomi Bloom dalam meningkatkan hasil pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Dua Boccoe telah memberikan hasil yang memuaskan, di mana siswa telah mampu memperlihatkan perbedaan atau pun perubahan dari segi afektif. Hal ini dapat dilihat dari keseharian siswa di sekolah maupun di luar sekolah dan juga berdasarkan hasil evaluasi pelajaran baik secara tertulis maupun tidak dan praktik. Sikap yang santun dalam berinteraksi dengan sesama siswa, guru dan masyarakat serta sikap saling tolong menolong di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Terjaganya kebiasaan untuk melaksanakan sholat berjamaah di mesjid sekolah atau pun di luar sekolah.
B.Implikasi
1.Penulis menyarankan kepada masyarakat secara umum dan terkhusus guru agama Islam, baik yang bertugas di sekolah maupun di madrasah agar kiranya dapat menjaga dan meningkatkan proses belajar mengajar dan bimbingan kearah yang lebih baik dengan menerapkan aspek dalam Taksonomi Bloom sebagai usaha peningkatan mutu, terutama peningkatan dalam pembinaan moralitas dan akhlak yang baik sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan hasil pembelajaran PAI.
2.Penulis menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih sangat sederhana dan masih jauh dari kesempurnaan. Sebagai langkah awal tentunya penulis mengalami kesukaran dan keterbatasan kemampuan. Untuk itu penulis berterima kasih kepada pembaca yang sempat memberikan bantuan untuk perbaikannya.







Ketersediaan
ST2018001717/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

17/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top