IMPLEMENTASI TEORI KONEKSIONISME DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH CINA
Irfiana Cahyani/02.13.1012 - Personal Name
Skripsi ini membahas salah satu teori belajar dalam psikologi pendidikan, yaitu teori koneksionisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan implikasi teori koneksionisme dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Cina. Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, maka peneliti menggunakan pendekatan teologis-normatif, pedagogis, dan psikologis. Adapun jenis penelitian ini yaitu, field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta pengolahan data secara kualitatif. rn Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik sudah mampu mengimplementasikan teori koneksionisme sesuai dengan isi teori tersebut. Adapun upaya yang dilakukan oleh pendidik tertuang dalam kegiatan pembelajaran, pemilihan mtode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, dan penggunaan strategi pembelajaran. Pendidik menggunakan ketiga jenis hukum dalam teori ini (hukum kesiapan, hukum latihan, dan hukum efek) mulai dari tahap persiapan belajar sampai pada evaluasi, sehingga peseta didik dapat mengikuti proses pembelajaran secara terarah. Dengan adanya upaya pendidik dalam mengimplementasikan teori koneksionisme, maka teori ini memiliki implikasi dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Dengan mempertimbangkan kesiapan peserta didik dan memulai pembelajaran ketika mereka telah siap untuk belajar, maka proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Dalam kegiatan tersebut, pendidik selalu memberikan latihan dan pengulangan kepada peserta didik sehingga mereka dapat memberikan respons positif dan mempertahankannya serta mrninggalkan respons negatif. Berdasarkan respons-respons yang dilakukan oleh peseta didik, maka pendidik memberikan ganjaran sebagai efek dari respons tersebut, baik berupa penghargaan (reward) maupun hukuman (punishment).rn rnA. SimpulanrnBerdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas dalam bab sebelumnya, dapatrnditarik simpulan sebagai berikut.rn1. Upaya pendidik mengimplementasikan teori koneksionisme dalam matarnPelajaran Akidah Akhlak dapat dilihat dari beberapa bagian, di antaranyarnadalah kegiatan selama proses pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran,rnmedia pembelajaran yang digunakan, dan penggunaan strategi pembelajaran.rnUnsur-unsur tersebut disesuaikan dengan isi teori koneksionisme dan materirnpelajaran Akidah Akhlak, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baikrnsesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.rn2. Teori koneksionisme memiliki implikasi yang sangat baik dalam mata pelajaranrnAkidah Akhlak. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan peserta didik untukrnmengikuti proses pembelajaran dan ketika mereka siap untuk belajar, maka saatrnitulah waktu yang terbaik untuk memulai proses pembelajaran, sehinggarnpembelajaran dapat berjalan dengan baik dan terarah. Dalam pembelajaranrnselalu dilakukan latihan dan pengulangan agar peserta didik lebih memahamirnmateri dan memberikan respons-respons positif dan meninggalkan responsrnnegatif yang menunjukkan bahwa mereka telah memahami instruksi pendidikrndan materi pembelajaran. Dengan adanya latihan dan pengulangan tersebut,rnpeserta didik dapat memberikan respons positif dan mempertahankan responsrntersebut untuk memperoleh hadiah/penghargaan (reward) dan mengurangirnhukuman (punishment).rn72rn73rnB. ImplikasirnBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan setelah memperhatikan hasilhasilnya,rnmaka peneliti menyarankan hal-hal sebagai berikut :rn1. Kepada Bapak Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Cina, hendaknyarnmengusahakan pengadaan beberapa sarana agar pelaksanaan pembelajaran dapatrnberjalan dengan lebih baik.rn2. Kepada para pendidik mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyahrn(MTs) Cina, sebaiknya lebih sering memberikan penghargaan (reward) kepadarnpeserta didik karena masih kurang seimbang antara penghargaan (reward) danrnhukuman (punishment).rn3. Kepada para pendidik mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyahrn(MTs) Cina, sebaiknya menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi danrnmodern agar peserta didik lebih tertarik dan bersemangat belajar.rn4. Kepada para pendidik, hendaknya dapat menggunakan teori koneksionisme sesuairndengan kondisi peserta didik agar hasil belajar yang dicapai maksimal.rn5. Para akademisi sekiranya dapat menjadikan skripsi ini sebagai salah satu referensirndalam mempelajari teori koneksionisme.rnKepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagairnreferensi dalam mengkaji objek penelitian yang sama.
Ketersediaan
| ST20170020 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
20/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
