Analisis Tingkat Return Pembiayaan Infrastruktur Transportasi di Indonesia dengan Ṣukūk Ijārah Tahun 2013-2017
RIANTO/ 01.14.3005 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat return secara persial
pembiayaan infrastruktur transportasi di Indonesia dengan ṣukūk ijārah tahun 2013-
2017, dan juga menganalisis tingkat return secara gabungan pembiayaan infrastruktur
transportasi di Indonesia dengan ṣukūk ijārah tahun 2013-2017.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan positivistic. Data-data yang
dibutuhkan dengan menggunakan metode dokumentasi, dan metode studi pustaka.
Data-data yang telah dikumpulkan melalui metode-metode tersebut dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis data, yaitu descriptive analysis, dan abnormal return.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat return secara persial ṣukūk
ijārah PT Jasa Marga (Persero) Tbk dari tahun 2013 sampai 2017, yaitu: (1) Tingkat
Actual Return, Pada Tahun 2013 rata-rata Actual Return sebesar 0%, Tahun 2014
sebesar 3%, Tahun 2015 sebesar -1%, Tahun 2016 sebesar -2%, dan pada Tahun
2017 sebesar 2%. (2) Tingkat Expected Return, Pada Tahun 2013 rata-rata Expected
Return sebesar -1%, Tahun 2014 sebesar 1%, Tahun 2015 sebesar -1%, Tahun 2016
sebesar 1%, dan pada Tahun 2017 sebesar 2%. (3) Tingkat Average Abnormal
Return, Pada Tahun 2013 Average Abnormal Return sebesar 0%, Tahun 2014 sebesar
2%, Tahun 2015 sebesar 0%, Tahun 2016 sebesar -3%, dan pada Tahun 2017 sebesar
0%. Berdasarkan hasil tingkat Actual Return, Expected Return, Average Abnormal
Return dari tahun 2013 sampai 2017 mengalami fluktuasi setiap tahunnya, karena
keutungan atau kerugian yang di hasilkan disebabkan adanya pembayaran fee ṣukūk
ijārah pada investor yang harus terpenuhi sesuai dengan akad yang telah disepakati
bersama. Sedangkan tingkat return secara gabungan dengan menggunakan metode
Cummulative Abnormal Return (CAR) ṣukūk ijārah PT Jasa Marga (Persero) Tbk
dari tahun 2013 sampai 2017, yaitu Pada Tahun 2013, 2014 dan 2017 Average
Cummulative Abnormal Return masing-masing sebesar 6%, Tahun 2014 sebesar 9%,
Tahun 2015 sebesar -9%, Tahun 2016 sebesar -16%, dan pada Tahun 2017 sebesar
8%. Berdasarkan hasil tingkat return secara gabungan dengan menggunakan metode
Cummulative Abnormal Return (CAR) dari tahun 2013 sampai 2017 mengalami
fluktuasi setiap tahunnya, karena keutungan atau kerugian yang di hasilkan
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1. Tingkat return secara persial ṣukūk ijārah PT Jasa Marga (Persero) Tbk dari
tahun 2013 sampai 2017, yaitu: (1) Tingkat Actual Return, Pada Tahun 2013
rata-rata Actual Return sebesar 0%, Tahun 2014 sebesar 3%, Tahun 2015
sebesar -1%, Tahun 2016 sebesar -2%, dan pada Tahun 2017 sebesar 2%. (2)
Tingkat Expected Return, Pada Tahun 2013 rata-rata Expected Return sebesar
-1%, Tahun 2014 sebesar 1%, Tahun 2015 sebesar -1%, Tahun 2016 sebesar
1%, dan pada Tahun 2017 sebesar 2%. (3) Tingkat Average Abnormal Return,
Pada Tahun 2013 Average Abnormal Return sebesar 0%, Tahun 2014 sebesar
2%, Tahun 2015 sebesar 0%, Tahun 2016 sebesar -3%, dan pada Tahun 2017
sebesar 0%. Berdasarkan hasil tingkat Actual Return, Expected Return,
Average Abnormal Return dari tahun 2013 sampai 2017 mengalami fluktuasi
setiap tahunnya, karena keutungan atau kerugian yang di hasilkan disebabkan
adanya pembayaran fee ṣukūk ijārah pada investor yang harus terpenuhi
sesuai dengan akad yang telah disepakati bersama.
2. Tingkat return secara gabungan dengan menggunakan metode Cummulative
Abnormal Return (CAR) ṣukūk ijārah PT Jasa Marga (Persero) Tbk dari tahun
2013 sampai 2017, yaitu Pada Tahun 2013, 2014 dan 2017 Average
Cummulative Abnormal Return masing-masing sebesar 6%, Tahun 2014
sebesar 9%, Tahun 2015 sebesar -9%, Tahun 2016 sebesar -16%, dan pada
Tahun 2017 sebesar 8%. Berdasarkan hasil tingkat return secara gabungan
dengan menggunakan metode Cummulative Abnormal Return (CAR) dari
tahun 2013 sampai 2017 mengalami fluktuasi setiap tahunnya, karena
keutungan atau kerugian yang di hasilkan disebabkan adanya pembayaran fee
ṣukūk ijārah pada investor yang harus terpenuhi sesuai dengan akad yang
telah disepakati bersama.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian, pembahasan dan merumuskan kesimpulan dari
penelitian, maka penulis memberikan beberapa saran yang berkaitan dengan
penelitian yang telah dilakukan untuk dijadikan masukan dan pertimbangan yang
berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan, antara lain:
1. Bagi perusahaan, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi untuk
memperhitungkan ṣukūk ijarāh sebagai salah satu instrument pembiayaan
pembangunan infrastruktur transportasi. Dan diharapkan perusahaan dapat
menarik lebih banyak investor terutama investor muslim yang tidak menyukai
hal-hal yang mengandung riba.
2. Bagi investor yang ingin menginvestasikan atau menanamkan modalnya ke
perusahaan yang menerbitkan ṣukūk ijarāh. Sebaiknya memperhatikan return
ṣukūk ijarāh, supaya investasi yang dilakukan mendapatkan hasil yang sesuai
dengan yang diharapkan.
pembiayaan infrastruktur transportasi di Indonesia dengan ṣukūk ijārah tahun 2013-
2017, dan juga menganalisis tingkat return secara gabungan pembiayaan infrastruktur
transportasi di Indonesia dengan ṣukūk ijārah tahun 2013-2017.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan positivistic. Data-data yang
dibutuhkan dengan menggunakan metode dokumentasi, dan metode studi pustaka.
Data-data yang telah dikumpulkan melalui metode-metode tersebut dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis data, yaitu descriptive analysis, dan abnormal return.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat return secara persial ṣukūk
ijārah PT Jasa Marga (Persero) Tbk dari tahun 2013 sampai 2017, yaitu: (1) Tingkat
Actual Return, Pada Tahun 2013 rata-rata Actual Return sebesar 0%, Tahun 2014
sebesar 3%, Tahun 2015 sebesar -1%, Tahun 2016 sebesar -2%, dan pada Tahun
2017 sebesar 2%. (2) Tingkat Expected Return, Pada Tahun 2013 rata-rata Expected
Return sebesar -1%, Tahun 2014 sebesar 1%, Tahun 2015 sebesar -1%, Tahun 2016
sebesar 1%, dan pada Tahun 2017 sebesar 2%. (3) Tingkat Average Abnormal
Return, Pada Tahun 2013 Average Abnormal Return sebesar 0%, Tahun 2014 sebesar
2%, Tahun 2015 sebesar 0%, Tahun 2016 sebesar -3%, dan pada Tahun 2017 sebesar
0%. Berdasarkan hasil tingkat Actual Return, Expected Return, Average Abnormal
Return dari tahun 2013 sampai 2017 mengalami fluktuasi setiap tahunnya, karena
keutungan atau kerugian yang di hasilkan disebabkan adanya pembayaran fee ṣukūk
ijārah pada investor yang harus terpenuhi sesuai dengan akad yang telah disepakati
bersama. Sedangkan tingkat return secara gabungan dengan menggunakan metode
Cummulative Abnormal Return (CAR) ṣukūk ijārah PT Jasa Marga (Persero) Tbk
dari tahun 2013 sampai 2017, yaitu Pada Tahun 2013, 2014 dan 2017 Average
Cummulative Abnormal Return masing-masing sebesar 6%, Tahun 2014 sebesar 9%,
Tahun 2015 sebesar -9%, Tahun 2016 sebesar -16%, dan pada Tahun 2017 sebesar
8%. Berdasarkan hasil tingkat return secara gabungan dengan menggunakan metode
Cummulative Abnormal Return (CAR) dari tahun 2013 sampai 2017 mengalami
fluktuasi setiap tahunnya, karena keutungan atau kerugian yang di hasilkan
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1. Tingkat return secara persial ṣukūk ijārah PT Jasa Marga (Persero) Tbk dari
tahun 2013 sampai 2017, yaitu: (1) Tingkat Actual Return, Pada Tahun 2013
rata-rata Actual Return sebesar 0%, Tahun 2014 sebesar 3%, Tahun 2015
sebesar -1%, Tahun 2016 sebesar -2%, dan pada Tahun 2017 sebesar 2%. (2)
Tingkat Expected Return, Pada Tahun 2013 rata-rata Expected Return sebesar
-1%, Tahun 2014 sebesar 1%, Tahun 2015 sebesar -1%, Tahun 2016 sebesar
1%, dan pada Tahun 2017 sebesar 2%. (3) Tingkat Average Abnormal Return,
Pada Tahun 2013 Average Abnormal Return sebesar 0%, Tahun 2014 sebesar
2%, Tahun 2015 sebesar 0%, Tahun 2016 sebesar -3%, dan pada Tahun 2017
sebesar 0%. Berdasarkan hasil tingkat Actual Return, Expected Return,
Average Abnormal Return dari tahun 2013 sampai 2017 mengalami fluktuasi
setiap tahunnya, karena keutungan atau kerugian yang di hasilkan disebabkan
adanya pembayaran fee ṣukūk ijārah pada investor yang harus terpenuhi
sesuai dengan akad yang telah disepakati bersama.
2. Tingkat return secara gabungan dengan menggunakan metode Cummulative
Abnormal Return (CAR) ṣukūk ijārah PT Jasa Marga (Persero) Tbk dari tahun
2013 sampai 2017, yaitu Pada Tahun 2013, 2014 dan 2017 Average
Cummulative Abnormal Return masing-masing sebesar 6%, Tahun 2014
sebesar 9%, Tahun 2015 sebesar -9%, Tahun 2016 sebesar -16%, dan pada
Tahun 2017 sebesar 8%. Berdasarkan hasil tingkat return secara gabungan
dengan menggunakan metode Cummulative Abnormal Return (CAR) dari
tahun 2013 sampai 2017 mengalami fluktuasi setiap tahunnya, karena
keutungan atau kerugian yang di hasilkan disebabkan adanya pembayaran fee
ṣukūk ijārah pada investor yang harus terpenuhi sesuai dengan akad yang
telah disepakati bersama.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian, pembahasan dan merumuskan kesimpulan dari
penelitian, maka penulis memberikan beberapa saran yang berkaitan dengan
penelitian yang telah dilakukan untuk dijadikan masukan dan pertimbangan yang
berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan, antara lain:
1. Bagi perusahaan, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi untuk
memperhitungkan ṣukūk ijarāh sebagai salah satu instrument pembiayaan
pembangunan infrastruktur transportasi. Dan diharapkan perusahaan dapat
menarik lebih banyak investor terutama investor muslim yang tidak menyukai
hal-hal yang mengandung riba.
2. Bagi investor yang ingin menginvestasikan atau menanamkan modalnya ke
perusahaan yang menerbitkan ṣukūk ijarāh. Sebaiknya memperhatikan return
ṣukūk ijarāh, supaya investasi yang dilakukan mendapatkan hasil yang sesuai
dengan yang diharapkan.
Ketersediaan
| SS20180039. | 39/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
39/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
