Implementasi Manajeman Pendidikan Karakter ( Studi Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP Negeri 4 Watampone )
AHMAD HARIAWAN/02.13.3013 - Personal Name
Penelitian ini merupakan pembahasan mengenai Implementasi Manajeman Pendidikan Karakter ( Studi Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP Negeri 4 Watampone ). Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter yang di implementasi oleh kepala sekolah di SMP Negeri 4 Watampone. Dari segi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan.rnBerdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi Manajeman Pendidikan Karakter ( Studi Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP Negeri 4 Watampone ). Bahwa kepala sekolah sangat memperhatikan mengenai pentingnya pendidikan karakter yang ingin diterapkan di sekolah, serta bekerja secara maksimal untuk mengimplementasikan pendidikan karakter ini, agar menghasilkan output yang efektif dan efisien. Meskipun masih ada kendala-kendala yang sering dihadapi, akan tetapi kepala sekolah berusaha untuk menghadapi semua kendala tersebut dengan cara berpikir positif dan selalu optimis dalam segala hal. Dengan adanya bantuan tim kerja dan kompetensi kepala sekolah memberikan pengaruh penting dalam implementasi manajemen pendidikan karakter terkhususnya di SMP Negeri 4 Watampone.rnA. SimpulanrnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakanrnsimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:rnPendidikan karakter yang diterapkan di sekolah ini patut diberikan asperesiasirnkarena kepala sekolah sangan mendukung dengan pendidikan karakter yang ingin dirnimpementasikan di sekolah SMP Negeri 4 Watampone.rn1. Perencanaan pendidikan karakter yang digunakan di dalam Implmentasikanrnpendidikan sangatlah perlu sebagai pendorong dalam menyusun strategi agarrntercapainya tujuan yang di inginkan.rn2. Pengorganisasian sangatlah penting karena agar pendidikan karakter perlurnadanya tim kerja untuk membantu berjalanya Implementasi pendidikan karakter.rn3. Pengawasaan juga sangatlah penting dalam terwujutnya pendidkan karakter dirnsekolah SMP Neg.4 Watampone Kepala Sekolah dan tim pengawas sangatrnmemperhatikan jalannya pendidikan karakter agar tercapai secara efektif danrnefisien.rn4. Evaluasi harus ada supaya kepala sekolah bisa menilai dan melihatrnperkembangan dan peningkatan yang berkualitas di sekolah dengan adanyarnpendidikan karakter yang ingin di wujudkan di sekolah.rnImplementasi manajemen pendidikan karakter telah banyak memberikanrnsumbangsinya terhadap peningkatan kualitas ataupun prestasi sekolah dari segirnpendidikan karakternya, Oleh karena itu, lembaga pendidikan khususnya SMP Negeri 4rnWatampone mengharuskan untuk selalu mengadakan maupun menciptakan penerapanrnpendidikan karakter dari segi perilaku atau ahklak. Karena sekolah sadar salah saturnbentuk kualitas dan mutu dari sekolah dilihat dari pendidikan karakternya yang baikrnyang dimiliki oleh sekolah itu sendiri. Sehingga dengan adanya beberapa penanamanrnpendidikan karakter yang dilakukan pemimpin, sekolah dapat memiliki kualitas maupunrnmutu yang tinggi dan pada akhirnya akan menciptakan prestasi siswa/siswi yangrnberpendidikan karakter dari sekolah ini.rnB. SaranrnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akanrndiuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini adalahrnsebagai berikut:rn1. Kepala Sekolah dan seluruh personil sekolah maupun masyarakat hendaknyarnselalu meningkatkan komunikasi maupun kerjasama yang baik sehingga dapatrnmudah sekolah untuk mencapai visi dan misi sekolah secara efektif dan efisien.rn2. Kepala Sekolah hendaknya selalu mempertahankan nilai-nilai kerjasama yangrnbaik antara pemimpin dengan para bawahan serta kepada masyarakat setempat,rnkarena itu akan membuat hubungan seluruh personil sekolah dengan masyarakatrnakan selalu terjaga dengan baik dan harmonis.rn3. Kepala Sekolah hendaknya selalu melakukan perencanaan, pengorganisasian,rnpengawasan ataupun evaluasi secara terus-menerus sehingga Kepala Sekolahrnmudah dalam menerapkan pendidikan karakter di sekolah ini.
Ketersediaan
| ST20170018 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
18/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
