Peran Guru Al-Qur’an Hadis dan Guru Akidah Akhlak dalam Memotivasi Siswa Cinta Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rahman Kaju Kecamatan Sibulue
Muh. Zaind/02.13.1026 - Personal Name
Skripsi ini memiliki pokok masalah yaitu bagaimana peran guru Al-Qur’anrnHadis dan guru Akidah Akhlak dalam memotivasi siswa cinta al-Qur’an di MTs Ar-rnRahman Kaju?. Submasalah yaitu bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadis dan gururnAkidah Akhlak dalam memotivasi siswa cinta al-Qur’an di MTs Ar-Rahman Kaju?rndan apa faktor pendukung dan penghambat dalam memotivasi siswa cinta al-Qur’anrndi MTs Ar-Rahman Kaju?.rnPenelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode libraryrnresearch dan field research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknikrnanalisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa guru Al-Qur’an Hadis dan guru AkidahrnAkhlak memiliki peran untuk memotivasi siswa cinta al-Qur’an melalui berbagairnupaya yaitu memerintahkan siswa membawa al-Qur’an, membaca, menulis, danrnmenghafal surah-surah dalam al-Qur’an, mengajarkan siswa mengenai ilmu tajwid,rnmengaitkan materi pembelajaran dengan al-Qur’an, memberi nasehat dan motivasirnmengenai pentingnya al-Qur’an dalam kehidupan, serta adanya kerja sama antargururnuntuk memotivasi siswa cinta al-Qur’an. Faktor pendukung dalam memotivasi siswarncinta al-Qur’an yaitu adanya sumber belajar yang memadai seperti al-Qur’an, juzrnamma, buku paket yang disediakan di sekolah, serta kemampuan yang dimiliki olehrnguru Al-Qur’an Hadis dan guru Akidah Akhlak dalam membimbing dan memotivasirnsiswa untuk cinta al-Qur’an. Faktor penghambat dalam memotivasi siswa cinta al-rnQur’an yaitu terdapat beberapa siswa yang belum fasih membaca al-Qur’an, kurangrnmemperhatikan ketika guru memberikan penjelasan, kurangnya kerja sama antararnpihak sekolah dengan orang tua, dan waktu yang kurang memadai.rnImplikasi pembahasan skripsi ini yaitu diharapkan kepada guru padarnumumnya dan guru Al-Qur’an Hadis serta guru Akidah Akhlak pada khususnyarnuntuk memotivasi siswa cinta al-Qur’an. Diharapkan kepada siswa untukrnmemperhatikan pelajaran yang diberikan guru terutama mengenai cinta al-Qur’an.rnDiharapkan kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk menetapkan kegiatan yangrnefektif untuk melahirkan siswa cinta al-Qur’an. Diharapkan kepada para penelitirnberikutnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi.rnA. SimpulanrnBerdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadirnsimpulan dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:rn1. Guru Al-Qur’an Hadis dan guru Akidah Akhlak memiliki peran untukrnmemotivasi siswa cinta al-Qur’an yang dilaksanakan melalui berbagai upayarnyang berkaitan dengan cinta al-Qur’an yaitu memerintahkan siswarnmembawa al-Qur’an setiap hari ke sekolah, membimbing siswa untukrnmembaca al-Qur’an sebelum proses pembelajaran, mengajarkan siswarnmengenai ilmu tajwid dan cara membaca al-Qur’an yang baik dan benar,rnmembiasakan siswa menulis ayat-ayat al-Qur’an, memerintahkan siswarnmenghafal surah-surah dalam al-Qur’an, mengaitkan materi pembelajaranrndengan al-Qur’an, memberi nasehat dan motivasi mengenai pentingnya al-rnQur’an dalam kehidupan, serta memberikan motivasi kepada siswa untukrnberperilaku sesuai dengan tuntunan al-Qur’an. Selain itu, terdapat kerja samarndengan guru-guru lain untuk memotivasi siswa cinta al-Qur’an danrnpenerapan berbagai kegiatan di sekolah yang berkaitan dengan hal tersebut.rnOleh karena itu, upaya untuk memotivasi siswa cinta al-Qur’an merupakanrnhal penting yang harus senantiasa dioptimalkan pelaksanaannya. Hal tersebutrndisebabkan karena cinta al-Qur’an merupakan bekal yang penting dan harusrndimiliki oleh siswa sebagai generasi penerus bangsa.rn65rn2. Setiap kegiatan memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat dalamrnpelaksanaannya, tanpa terkecuali dalam kegiatan untuk memotivasi siswarncinta al-Qur’an. Faktor pendukung dalam memotivasi siswa cinta al-Qur’anrnyaitu adanya sumber belajar yang memadai seperti al-Qur’an, juz amma danrnbuku paket yang disediakan di sekolah untuk mendukung siswa cinta al-rnQur’an, adanya kerja sama yang baik antarguru, serta kemampuan yangrndimiliki oleh guru Al-Qur’an Hadis dan Akidah Akhlak dalam membimbingrndan memotivasi siswa untuk cinta al-Qur’an. Faktor penghambat dalamrnmemotivasi siswa cinta al-Qur’an yaitu terdapat beberapa siswa yang belumrnfasih membaca al-Qur’an, kurang memperhatikan ketika guru memberikanrnpenjelasan, kurangnya kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua,rnbimbingan orang tua di rumah kurang dalam pembelajaran al-Qur’an, danrnwaktu yang kurang memadai. Faktor penghambat dalam memotivasi siswarncinta al-Qur’an harus diatasi, agar kegiatan untuk memotivasi siswa cinta al-rnQur’an tidak terkendala dan dapat terlaksana sesuai dengan harapan.rnB. ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan, maka akan diuraikan implikasi.rnAdapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagairnberikut:rn1. Diharapkan kepada guru pada umumnya dan guru Al-Qur’an Hadis sertarnguru Akidah Akhlak pada khususnya untuk senantiasa membimbing danrnmemotivasi siswa untuk cinta terhadap al-Qur’an. Cinta terhadap al-Qur’anrnharus ditanamkan sejak dini dalam diri setiap siswa, agar siswa memilikirn66rnpedoman dan petunjuk untuk bertingkah laku dalam kehidupan sehari-harirndan menghadapi perkembangan zaman.rn2. Diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan dan mengamalkan pelajaranrnatau nasehat yang diberikan oleh guru terutama mengenai cinta terhadap al-rnQur’an. Siswa sebagai generasi penerus bangsa juga diharapkan agar sadarrnmengenai keutamaan al-Qur’an dalam kehidupan. Siswa diharapkan bukanrnhanya sekedar mengetahui dan mampu membaca atau mempelajari isi al-rnQur’an, tetapi jauh lebih penting yaitu mampu menerapkan nilai-nilai yangrnterkandung dalam al-Qur’an ke dalam kehidupan sehari-hari sebagairnpedoman hidup.rn3. Diharapkan kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk senantiasarnmengarahkan, membimbing, dan menetapkan kegiatan atau peraturan yangrninovatif dan efektif untuk melahirkan siswa cinta al-Qur’an. Diharapkan pularnuntuk turut mengawasi dan senantiasa mengevaluasi penerapan programrnyang dilaksanakan, agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.rn4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapatrndijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| ST20170017 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
17/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi tarbyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
