Implementasi Pembinaan Nilai-nilai Keagamaan pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMA Islam Athirah Boarding School Bone
Sitti Aisyah/02.13.1035 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Pembinaan Nilai-nilairnKeagamaan pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMArnIslam Athirah Boarding School Bone. Pokok masalah dalam penelitian ini yaiturnbagaimana implementasi pembinaan nilai-nilai keagamaan pada pembelajaran PAIrndalam meningkatkan karakter siswa di SMA Islam Athirah Boarding School Bone?.rnSubmasalah yaitu bagaimana pola pembinaan nilai-nilai keagamaan padarnpembelajaran PAI di SMA Islam Athirah Boarding School Bone?, bagaimanarnpelaksanaan peningkatan karakter siswa di SMA Islam Athirah Boarding SchoolrnBone?, dan bagaimana kontribusi pembinaan nilai-nilai keagamaan padarnpembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter siswa di SMA Islam AthirahrnBoarding School Bone?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembinaanrnnilai-nilai keagamaan pada pembelajaran PAI, untuk mengetahui pelaksanaanrnpeningkatan karakter siswa, dan untuk mengetahui kontribusi pembinaan nilai-nilairnkeagamaan pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter siswa di SMArnIslam Athirah Boarding School Bone.rnPenelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode fieldrnresearch melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datarnmenggunakan metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaiturnreduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembinaan nilai-nilai keagamaanrnpada pembelajaran PAI di SMA Islam Athirah Boarding School Bone yang meliputirnpembinaan akidah, syariah, dan akhlak kepada siswa dilakukan dengan cararnmengajarkan ilmu secara teoretis, memberikan dalil atau berpedoman pada al-Qur’anrndan Hadis, serta memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa untuk mengamalkanrndalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan peningkatan karakter siswa di SMA IslamrnAthirah Boarding School Bone yaitu melakukan pembinaan dan pembiasaan terhadaprnsiswa mengenai nilai-nilai karakter yaitu religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras,rnkreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,rnmenghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca,rnpeduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kontribusi pembinaan nilainilairnkeagamaan pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter siswa yaiturnixrnmelalui pembinaan nilai-nilai keagamaan yang meliputi akidah, syariah, dan akhlakrnpada pembelajaran PAI, maka siswa dapat memiliki karakter yang baik. Karakterrnyang baik terbentuk pada saat seseorang taat kepada Allah swt. dengan melaksanakanrnperintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.rnImplikasi pembahasan skripsi ini yaitu diharapkan kepada guru padarnumumnya dan guru PAI pada khususnya untuk senantiasa membina dan membimbingrnsiswa secara optimal mengenai nilai-nilai keagamaan dan menanamkan sertarnmeningkatkan karakter siswa. Diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan danrnmengamalkan nilai-nilai keagamaan dan karakter yang telah diberikan oleh guru.rnDiharapkan kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk senantiasa mengarahkan,rnmembimbing, dan menetapkan program atau peraturan yang inovatif dan efektifrnuntuk melahirkan siswa yang memiliki pengetahuan dan pengamalan yang baikrnterhadap nilai-nilai keagamaan dan karakter. Diharapkan kepada stakeholder ataurnpemangku kepentingan dalam bidang pendidikan untuk senantiasa turutrnberpartisipasi, mengawasi, serta memberikan kontribusi pemikiran dan kebijakanrnyang berguna dan bermanfaat untuk keberhasilan proses pendidikan. Diharapkanrnkepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahanrnreferensi dalam mengkaji objek yang sama.rnA. SimpulanrnBerdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka simpulan dalamrnpembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:rn1. Pola pembinaan nilai-nilai keagamaan pada pembelajaran PAI di SMA IslamrnAthirah Boarding School Bone yang meliputi pembinaan akidah, syariah, danrnakhlak kepada siswa dilakukan dengan cara mengajarkan ilmu secara teoretis,rnmemberikan dalil atau berpedoman pada al-Qur’an dan Hadis, sertarnmemberikan motivasi dan nasehat kepada siswa untuk mengamalkan dalamrnkehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, para siswa dibiasakan untukrnmelaksanakan nilai-nilai keagamaan, agar memiliki bekal agama yang cukuprnuntuk menjalani kehidupan di masa yang akan datang.rn2. Pelaksanaan peningkatan karakter siswa di SMA Islam Athirah BoardingrnSchool Bone yaitu melakukan pembinaan dan pembiasaan terhadap siswarnmengenai nilai-nilai karakter dan budaya bangsa yang bersumber dari ajaranrnagama. Adapun nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada siswa di SMArnIslam Athirah Boarding School Bone yaitu religius, jujur, toleran, disiplin,rnkerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangatrnkebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif,rncinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungrnjawab. Peningkatan karakter siswa juga dilakukaan melalui berbagai usaha,rnkegiatan, maupun program untuk meningkatkan atau menanamkan karakterrn100rnyang kuat pada diri setiap siswa yang berlangsung bukan hanya pada prosesrnpembelajaran, tetapi meliputi seluruh kegiatan sehari-hari yang dilakukan olehrnpara siswa di sekolah dengan pengawasan dari para guru.rn3. Kontribusi pembinaan nilai-nilai keagamaan pada pembelajaran PAI dalamrnmeningkatkan karakter siswa yaitu melalui pembinaan nilai-nilai keagamaanrnyang meliputi akidah, syariah, dan akhlak pada pembelajaran PAI, maka siswarndapat memiliki karakter yang baik. Karakter yang baik terbentuk pada saatrnseseorang taat kepada Allah swt. dengan melaksanakan perintah-Nya danrnmenjauhi segala larangan-Nya. Ketika hal tersebut telah tertanam kuat padarndiri siswa, maka seiring berjalannya waktu, karakter tersebut akan semakinrnmeningkat. Karakter yang baik berasal dari penghayatan dan pengamalanrnterhadap nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten.rnB. ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan, maka akan diuraikan implikasi.rnAdapun implikasi yang penulis maksud dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:rn1. Diharapkan kepada guru pada umumnya dan guru PAI pada khususnya untukrnsenantiasa membina dan membimbing siswa secara optimal mengenai nilainilairnkeagamaan dan menanamkan serta meningkatkan karakter yang baikrndalam diri siswa. Pembinaan oleh guru diharapkan bukan hanya sebatasrnmenyampaikan materi, tetapi mengawasi siswa dalam mengamalkan nilainilairnkeagamaan dan karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Selainrnitu, guru harus mampu memberikan teladan yang baik kepada siswa agarrndapat dijadikan sebagai contoh bagi siswa dalam bertingkah laku.rn101rn2. Diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan dan mengamalkan nilai-nilairnkeagamaan dan karakter yang telah diberikan oleh guru. Siswa sebagairngenerasi penerus bangsa juga diharapkan untuk senantiasa mengembangkanrnpotensi agar dapat memiliki kecerdasan intelektual dan karakter yang sesuairndengan ajaran Islam. Siswa diharapkan bukan hanya sekedar memilikirnpengetahuan kognitif, tetapi jauh lebih penting yaitu karakter atau akhlakrnmulia, agar dapat berguna dan bermanfaat di lingkungan keluarga, lingkunganrnsekolah, dan lingkungan masyarakat.rn3. Diharapkan kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk senantiasarnmengarahkan, membimbing, dan menetapkan program atau peraturan yangrninovatif dan efektif untuk melahirkan siswa yang memiliki pengetahuan danrnpengamalan yang baik terhadap nilai-nilai keagamaan dan karakter yangrnsesuai dengan ajaran Islam. Diharapkan pula untuk turut mengawasi danrnsenantiasa mengevaluasi penerapan program yang dilaksanakan, agar dapatrnmencapai tujuan yang diinginkan.rn4. Diharapkan kepada stakeholder atau pemangku kepentingan dalam bidangrnpendidikan untuk senantiasa turut berpartisipasi, mengawasi, dan memberikanrnkontribusi pemikiran dan kebijakan yang berguna dan bermanfaat untukrnkeberhasilan proses pendidikan dalam rangka menghasilkan siswa yangrnmemiliki dan mampu mengamalkan nilai-nilai keagamaan dan karakter dalamrnkehidupan sehari-hari.rn5. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapatrndijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| ST20170016 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
16/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skrisi tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
