Implementasi Mastery Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1rnWatampone
Andi Nur Hawa/02.13.1032 - Personal Name
Skripsi ini membahas Implementasi Mastery learning dalam MeningkatkanrnKualitas pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone. Pokokrnmasalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi mastery learning dalamrnmeningkatkan kualitas pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1rnWatampone?. Pokok masalah dijabarkan menjadi submasalah yaitu bagaimanarnimplementasi mastery learning dalam pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negerirn1 Watampone? dan bagaimana kontribusi implementasi mastery learning dalamrnmeningkatkan kualitas pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1rnWatampone?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi masteryrnlearning dalam pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone danrnuntuk mengetahui kontribusi mastery learning dalam meningkatkan kualitasrnpembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone.rnPenelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode fieldrnresearch melalui observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Teknik analisisrndata menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahaprnyaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi mastery learning dalamrnpembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone diimplementasikanrnmelalui empat prinsip yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Disampingrnempat prinsip tersebut, juga dibutuhkan prinsip mastery learning, strategi masteryrnlearning dan model mastery learning untuk menerapkan mastery learning danrnkontribusi implementasi mastery learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaranrnFikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone dibutuhkan strategi pembelajaranrntepat, metode yang tepat dan alat/media yang tepat untuk menuntaskan nilai pesertarndidik.rnA. SimpulanrnBerdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadirnsimpulan dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:rn1. Implementasi mastery learning dalam pembelajaran Fikih di MadrasahrnAliyah Negeri 1 Watampone diimplementasikan melalui empat prinsip yangrndigunakan dalam proses belajar mengajar yaitu 1. Pengajaran didasarkan atasrntujuan-tujuan pendidikan yang telah ditentukan terlebih dahulu, 2.rnMemperhatikan perbedaan individu, 3. Evaluasi dilakukan secara kontinu danrndidasarkan atas kriteria 4. Menggunakan program perbaikan dan programrnpengayaan. Disamping empat prinsip tersebut, juga dibutuhkan prinsiprnmastery learning, strategi mastery learning dan model mastery learningrnuntuk menerapkan mastery learning.rn2. Implementasi mastery learning yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fikihrnmelalui: 1. Strategi pembelajaran yang tepat, 2. Metode yang tepat dan 3.rnAlat/media yang tepat pula telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitasrnpembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone.rnB. ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikanrnimplikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaiturnsebagai berikut:rn52rn1. Diharapkan kepada guru umumnya dan guru PAI yaitu guru Fikih padarnkhususnya untuk berusaha meningkatkan kompetensinya diantaranya denganrnmenerapkan pendekatan mastery learning dalam pembelajaran.rn2. Diharapkan kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk senantiasarnmengarahkan dan membimbing agar dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Ketersediaan
| ST20170015 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
15/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
