STRATEGI SWALAYAN DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN (CUSTOMER RETENTION) DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA SWALAYAN SURYA INDAH DI JL.SUKAWATI)
HASRIA WIJAYANTI/01.12.3132 - Personal Name
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi yang digunakan Swalayan Surya Indah dalam mempertahankan pelanggan (Customer Retention) dalam pespektif etika bisnis Islam. Dengan permasalahan penelitian, bagaimana strategi yang digunakan Swalayan Surya Indah dalam mempertahankan pelanggan (Customer Retention) dan bagaimana penerapan strategi yang digunakan Swalayan Surya Indah dalam perspektif etika bisnis Islam. rnPenelitian yang dilakukan disini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang masalah-masalah manusia dan sosial dengan menginterpretasikan bagaimana makna tersebut memengaruhi perilaku. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan psikologi, sosiologi,historis dan relegius. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumnetasi. Adapun teknik analisis digunakan adalah descriptive analysis dengan model analisis interaktif, yang digunakan untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi dan fenomen realitas sosial yang ada dimasyarakat yang menjadi objek penelitian, dan berupaya menarik relitas itu kepermukaan sebagai suatu ciri, karakter, sifat, model, tanda atau gambaran tentang kondisi, situasi, ataupun fenomena tertentu. rnHasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Swalayan Surya Indah dalam mepertahankan pelanggan (Customer Retention) yaitu dengan menggunakan strategi produk, harga, promosi, dan pelayanan. Strategi yang diterapkan Swalayan Surya Indah dalam mempertahankan pelanggan (Customer Retention) sudah termasuk strategi berbasis dengan Islam. Dimana dalam aspek strateginya sudah memenuhi shiddiq (jujur), amanah (transparan), dan tawadhu (rendah hati). rnA.Kesimpulan rnBerdasarkan penelitian yang dilakukan berupa data-data observasi, wawancara serta dokumentasi sehingga diperoleh hasil seperti yang dikemukakan pada bab sebelumnya dan dapat ditarik kesimpulan seperti berikut:rn1.Strategi Swalyan Surya Indah dalam mempertahankan pelanggan yaitu dengan menggunakan strategi produk, harga, promosi dan pelayanan. Strategi barang/merk secara sederhana diterapkan dalam bentuk barang-barang yang beragam, barang yang halal dan berkualitas yang memenuhi kebutuhan masyarakat, strategi harga yang sederhana diretapkan dalam bentuk harga yang murah, stratergi promosi sederhana yang diterapkan dalam bentuk periklanan yang tujuannnya agar produk tersebut dikenanal oleh masyarakat , strategi pelayanan yang sederhana yang diterapkan dalam bentuk melayani pelanggan dengan ramah. Strategi tersebut membuat pelanggan merasa puas sehingga ada daya tarik sendiri untuk membuat pelanggan termotivasi untuk berbelanja di Swalayan tersebut.rn2.Strategi yang dilakukan Swalayan Surya Indah sudah termasuk strategi berbasis dengan Islam, karena sudah menerapkan sistem etika bisnis Islami, yaitu strategi yang dijalankan berdasarkan dengan kaidah-kaidah hukum dan berlaku norma seperti yang diwujudkan seperti siddiq amanah, dan tawadhu dalam menajalankan startegi ini.rnB.Saran rnBerdasarkan hasil dan keterbatasan penelitian diatas maka dapat disarankan hal-hal sebagai berikut:rn1.Ditujukan pada pimpinan maupun kayawan Swalayan Surya Indah agar melakukan upaya untuk memperbaiki semua hal yang terkait tentang etika bisnis Islam dalam mempertahankan pelanggan agar pelanggan tetap loyal dan mampu menujukkan persaingan bisnis secara Islami. rn2.Ditujukan pada peneliti selanjutnya agar hasil penelitian ini bisa maksimal, maka penelitian selanjutnya harus menggunakan teori yang kuat dalam melandasinya dan untuk mendapatkan penelitian yang berkualitas maka harus di tunjang dengan penguasaan metodologi yang baik, akses data dan referensi yang baik dan harus banyak memilki jaringan yang luas dan harus memiliki waktu dan dana yang cukup.rnrnrnrnrnrnrnrnrnrnrnrnrnrnrnrnrnrn
Ketersediaan
| SS20160054 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
54/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
