Urgensi Penerapan Metode Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Ar-Rahman Kaju Kec.Sibulue Kab.Bone
Syamsiah/ 02.14.20.01 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi Penerapan Metode Pemberian Tugas
Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Pada
Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Ar-Rahman Kaju Kec.Sibulue Kab.Bone. Hal
penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana pentingnya penerapan metode
pemberian tugas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata
pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Ar-Rahman Kaju.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara
(interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui bahwa, langkah-langkah
penerapan metode pemberian tugas sudah diterapkan dengan baik, dengan penerapan
metode pemberian tugas yang telah digunakan mampu memberikan peningkatan pada
peserta didik terkait dengan prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa
Arab. Dengan metode yang telah diterapkan ternyata mampu untuk memberikan
stimulus pada peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran, meskipun
hasilnya belum sempurna, namun mampu memberikan kontribusi pada prestasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Langkah-langkah Penerapan Metode Pemberian Tugas dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X Madrasah
Aliyah Ar-Rahman Kaju Kec.Sibulue Kab.Bone memiliki pengaruh besar
terhadap peserta didik (siswa), karena dengan metode ini dapat memotivasi
dan membangkitkan minat peserta didik untuk lebih giat belajar, sehingga
dapat memberikan dampak pada hasil belajar peserta didik (siswa).
2. Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X Madrasah
Aliyah Ar-Rahman Kaju Kec.Sibulue Kab.Bone berdasarkan metode
pembelajaran yang telah diterapkan sangat memberikan dampak yang yang
baik meskipun tidak secara keseluruhan, misalnya pada ranah kognitif yang
berkaitan dengan pengetahuan siswa terkait Bahasa Arab masih sangat
rendah karena tidak semua siswa memiliki dasar dalam Bahasa Arab, sama
halnya dengan ranah afektif dan psikomotorik, sebagian siswa ada yang
mengatakan susah dan ada juga yang mudah.
3. Penerapan Metode Pemberian Tugas telah berkontribusi Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah
Ar-Rahman Kaju Kec.Sibulue Kab.Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dari
tugas yang diberikan kepada peserta didik (siswa) seperti menghafal, menulis
telah ada perubahan dan peningkatan di setiap harinya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pemilihan metode pembelajaran sangatlah penting dalam suatu pendidikan,
karena metode pembelajaran yang kurang tepat dapat memberikan dampak
yang tidak maksimal terhadap hasil dari proses pembelajaran, disisi lain dalam
pemilihan metode pembelajaran juga harus berdasarkan banyak pertimbangan
seperti melihat situasi dan kondisi peserta didik (siswa) dan kompetensi guru
yang mengajar pelajaran tersebut.
2. Pemberian tugas adalah suatu metode yang digunakan dalam proses belajar
mengajar dan mempunyai tujuan dan fungsi yang tersendiri dengan kegiatan
melaksanakan tugas siswa aktif belajar dan merasa terangsang untuk
meningkatkan belajar dengan baik, memupuk inisiatif dan berani tanggung
jawab sendiri, Sehingga pada akhir pengajaran siswa dapat lebih memahami
materi yang diajarkan di dalam mencapai hasil yang diharapkan.
3. Dalam penerapan metode pembelajaran juga harus memperhatikan situasi
peserta didik (siswa) agar dalam proses pembelajaran ada umpan balik
terhadap guru dan siswa.
Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Pada
Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Ar-Rahman Kaju Kec.Sibulue Kab.Bone. Hal
penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana pentingnya penerapan metode
pemberian tugas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata
pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Ar-Rahman Kaju.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara
(interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui bahwa, langkah-langkah
penerapan metode pemberian tugas sudah diterapkan dengan baik, dengan penerapan
metode pemberian tugas yang telah digunakan mampu memberikan peningkatan pada
peserta didik terkait dengan prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa
Arab. Dengan metode yang telah diterapkan ternyata mampu untuk memberikan
stimulus pada peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran, meskipun
hasilnya belum sempurna, namun mampu memberikan kontribusi pada prestasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Langkah-langkah Penerapan Metode Pemberian Tugas dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X Madrasah
Aliyah Ar-Rahman Kaju Kec.Sibulue Kab.Bone memiliki pengaruh besar
terhadap peserta didik (siswa), karena dengan metode ini dapat memotivasi
dan membangkitkan minat peserta didik untuk lebih giat belajar, sehingga
dapat memberikan dampak pada hasil belajar peserta didik (siswa).
2. Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X Madrasah
Aliyah Ar-Rahman Kaju Kec.Sibulue Kab.Bone berdasarkan metode
pembelajaran yang telah diterapkan sangat memberikan dampak yang yang
baik meskipun tidak secara keseluruhan, misalnya pada ranah kognitif yang
berkaitan dengan pengetahuan siswa terkait Bahasa Arab masih sangat
rendah karena tidak semua siswa memiliki dasar dalam Bahasa Arab, sama
halnya dengan ranah afektif dan psikomotorik, sebagian siswa ada yang
mengatakan susah dan ada juga yang mudah.
3. Penerapan Metode Pemberian Tugas telah berkontribusi Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah
Ar-Rahman Kaju Kec.Sibulue Kab.Bone. Hal tersebut dapat dibuktikan dari
tugas yang diberikan kepada peserta didik (siswa) seperti menghafal, menulis
telah ada perubahan dan peningkatan di setiap harinya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pemilihan metode pembelajaran sangatlah penting dalam suatu pendidikan,
karena metode pembelajaran yang kurang tepat dapat memberikan dampak
yang tidak maksimal terhadap hasil dari proses pembelajaran, disisi lain dalam
pemilihan metode pembelajaran juga harus berdasarkan banyak pertimbangan
seperti melihat situasi dan kondisi peserta didik (siswa) dan kompetensi guru
yang mengajar pelajaran tersebut.
2. Pemberian tugas adalah suatu metode yang digunakan dalam proses belajar
mengajar dan mempunyai tujuan dan fungsi yang tersendiri dengan kegiatan
melaksanakan tugas siswa aktif belajar dan merasa terangsang untuk
meningkatkan belajar dengan baik, memupuk inisiatif dan berani tanggung
jawab sendiri, Sehingga pada akhir pengajaran siswa dapat lebih memahami
materi yang diajarkan di dalam mencapai hasil yang diharapkan.
3. Dalam penerapan metode pembelajaran juga harus memperhatikan situasi
peserta didik (siswa) agar dalam proses pembelajaran ada umpan balik
terhadap guru dan siswa.
Ketersediaan
| 02.14.2001 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
264/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
