Penerapan Teknik STAD dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X Di MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone
St. Rahmah/02.14.2006 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Penerapan Teknik STAD dalam
Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X Di Ma Gattareng Kec.
Salomekko Kab. Bone” Hal penting yang harus dikaji dalam skripsi ini yakni
bagaimana penerapan teknik STAD dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas
X di MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone, bagaimana minat belajar bahasa
Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone, dan bagaimana
konstribusi penerapan teknik STAD dalam meningkatkan minat belajar bahasa
Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, penerapan teknik STAD
dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec. Salomekko
Kab. Bone sudah berjalan dengan baik, dimana penerapan teknik STAD pada saat
proses pembelajaran berlangsung khususnya pelajaran bahasa Arab guru
menerapkannya sesuai dengan langkah-langkah penerapan teknik tersebut seperti
penyampaian tujuan dan motivasi, pembagian kelompok, presentasi dari guru,
kegiatan belajar dalam tim (kerja tim), kuis (evaluasi), dan penghargaan prestasi
tim. Kedua, minat belajar bahasa Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec.
Salomekko Kab. Bone cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari partisipasi,
perasaan, dan responnya terhadap pelajaran pada saat proses pembelajaran bahasa
Arab berlangsung. Hal ini juga dibuktikan dengan respon positif siswa terhadap
pelajaran bahasa Arab, seperti siswa merespon pelajaran tersebut dengan perasaan
senang dan perhatian terhadap pelajaran atau penjelasan yang disampaikan oleh
guru serta mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan materi pelajaran
khususnya pelajaran bahasa Arab. Ketiga, penerapan teknik STAD telah
berkonstribusi dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas X di
MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone. Hal tersebut dilihat dengan adanya
penerapan teknik STAD dapat memberikan kesempatan siswa untuk saling
bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran, dimana siswa yang memiliki
kemampuan akademik rendah bisa bekerja sama dengan teman kelompoknya
(tim) yang memiliki kemampuan akademik tinggi sehingga terjalin kerja sama
antar siswa dalam satu kelompok (tim). Dengan adanya interaksi dan kerja sama
tersebut dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa, dimana siswa
cenderung merasa senang dan bersemangat serta tidak merasa jenuh pada saat
belajar bahasa Arab.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan teknik STAD dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di
MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone sudah bagus, dimana proses
penerapan teknik STAD yang dilakukan oleh guru bahasa Arab sudah sesuai
dengan langkah-langkah penerapan teknik tersebut seperti penyampaian
tujuan dan motivasi, pembagian kelompok, presentasi dari guru, kegiatan
belajar dalam tim (kerja tim), kuis (evaluasi), dan penghargaan prestasi tim.
2. Minat belajar bahasa Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec. Salomekko
Kab. Bone cukup tinggi, dimana siswa merespon dengan baik pelajaran
bahasa Arab pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut
ditandai dengan adanya perhatian dan perasaan senang terhadap pelajaran
bahasa Arab seperti siswa cenderung memperhatikan penjelasan dari gurunya
dan mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan materi pelajaran
khususnya pelajaran bahasa Arab.
3. Penerapan teknik STAD telah berkonstribusi dalam meningkatkan minat
belajar bahasa Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec. Salomekko Kab.
Bone. Hal tersebut ditandai dengan semangat belajar siswa lebih meningkat
dengan adanya penerapan teknik tersebut. Selain itu, teknik STAD ini juga
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan teman
kelompoknya (tim) sehingga siswa yang memiliki kemampuan akademik
rendah tidak merasa jenuh tetapi semangat dalam mengikuti pelajaran.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang penerapan teknik STAD dalam
meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI di MA Gattareng Kec.
Salomekko Kab. Bone , maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai
berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah menyediakan fasilitas yang belum memadai agar
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik .
2. Hendaknya guru mata pelajaran bahasa Arab lebih meningkatkan keefekifan
penerapan teknik STAD agar proses pembelajaran bahasa Arab dapat pula
berjalan secara efektif guna lebih meningkatkan minat belajar bahasa Arab.
3. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian motivasi
kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
4. Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, serta semangat dalam belajar
sehingga dapat berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan, dengan
senantiasa belajar.
Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X Di Ma Gattareng Kec.
Salomekko Kab. Bone” Hal penting yang harus dikaji dalam skripsi ini yakni
bagaimana penerapan teknik STAD dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas
X di MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone, bagaimana minat belajar bahasa
Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone, dan bagaimana
konstribusi penerapan teknik STAD dalam meningkatkan minat belajar bahasa
Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, penerapan teknik STAD
dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec. Salomekko
Kab. Bone sudah berjalan dengan baik, dimana penerapan teknik STAD pada saat
proses pembelajaran berlangsung khususnya pelajaran bahasa Arab guru
menerapkannya sesuai dengan langkah-langkah penerapan teknik tersebut seperti
penyampaian tujuan dan motivasi, pembagian kelompok, presentasi dari guru,
kegiatan belajar dalam tim (kerja tim), kuis (evaluasi), dan penghargaan prestasi
tim. Kedua, minat belajar bahasa Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec.
Salomekko Kab. Bone cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari partisipasi,
perasaan, dan responnya terhadap pelajaran pada saat proses pembelajaran bahasa
Arab berlangsung. Hal ini juga dibuktikan dengan respon positif siswa terhadap
pelajaran bahasa Arab, seperti siswa merespon pelajaran tersebut dengan perasaan
senang dan perhatian terhadap pelajaran atau penjelasan yang disampaikan oleh
guru serta mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan materi pelajaran
khususnya pelajaran bahasa Arab. Ketiga, penerapan teknik STAD telah
berkonstribusi dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas X di
MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone. Hal tersebut dilihat dengan adanya
penerapan teknik STAD dapat memberikan kesempatan siswa untuk saling
bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran, dimana siswa yang memiliki
kemampuan akademik rendah bisa bekerja sama dengan teman kelompoknya
(tim) yang memiliki kemampuan akademik tinggi sehingga terjalin kerja sama
antar siswa dalam satu kelompok (tim). Dengan adanya interaksi dan kerja sama
tersebut dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa, dimana siswa
cenderung merasa senang dan bersemangat serta tidak merasa jenuh pada saat
belajar bahasa Arab.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan teknik STAD dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di
MA Gattareng Kec. Salomekko Kab. Bone sudah bagus, dimana proses
penerapan teknik STAD yang dilakukan oleh guru bahasa Arab sudah sesuai
dengan langkah-langkah penerapan teknik tersebut seperti penyampaian
tujuan dan motivasi, pembagian kelompok, presentasi dari guru, kegiatan
belajar dalam tim (kerja tim), kuis (evaluasi), dan penghargaan prestasi tim.
2. Minat belajar bahasa Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec. Salomekko
Kab. Bone cukup tinggi, dimana siswa merespon dengan baik pelajaran
bahasa Arab pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut
ditandai dengan adanya perhatian dan perasaan senang terhadap pelajaran
bahasa Arab seperti siswa cenderung memperhatikan penjelasan dari gurunya
dan mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan materi pelajaran
khususnya pelajaran bahasa Arab.
3. Penerapan teknik STAD telah berkonstribusi dalam meningkatkan minat
belajar bahasa Arab siswa kelas X di MA Gattareng Kec. Salomekko Kab.
Bone. Hal tersebut ditandai dengan semangat belajar siswa lebih meningkat
dengan adanya penerapan teknik tersebut. Selain itu, teknik STAD ini juga
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan teman
kelompoknya (tim) sehingga siswa yang memiliki kemampuan akademik
rendah tidak merasa jenuh tetapi semangat dalam mengikuti pelajaran.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang penerapan teknik STAD dalam
meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI di MA Gattareng Kec.
Salomekko Kab. Bone , maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai
berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah menyediakan fasilitas yang belum memadai agar
dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik .
2. Hendaknya guru mata pelajaran bahasa Arab lebih meningkatkan keefekifan
penerapan teknik STAD agar proses pembelajaran bahasa Arab dapat pula
berjalan secara efektif guna lebih meningkatkan minat belajar bahasa Arab.
3. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian motivasi
kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
4. Hendaknya siswa meningkatkan kedisiplinan, serta semangat dalam belajar
sehingga dapat berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan, dengan
senantiasa belajar.
Ketersediaan
| STAR20180312 | 312/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
Skripsi Tarbiyahh
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
