Urgensi Kompetensi Personal Guru Bidang Studi Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MI Miftahul Jannah Watang Lempu Kec. awangpone Kab. Bone
Yusdar Yunita Sari/02.14.1035 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi Kompetensi Personal Guru Bidang Studi Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas v di MI Miftahul Jannah Watang Lempu.Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana kompetensi personal guru bidang studi fikih di MI Mitahul Jannah Watang Lempu, bagaimana implikasi kompetensi personal guru bidang studi fikih dlam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dilokasi dapat diketahui bahwa kompetensi personal kedua guru bidang studi fikih sudah baik dan memiliki sifat yang terbuka bagi siswanya dan mampu menyesuaikan diri di lingkungan pembelajaran atau pada saat proses pembelajaran, sebab tidak semua siswa memiliki kemampuan yang sama dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini ada yang cepat tanggap ada pula yang lambat dalam memahami materi yang sedang diajarkan oleh gurunya. Begitupun sebaliknya ada kalanya siswa bertanya diluar dugaan guru, artinya ada saat tertentu siswa bertanya hal-hal yang bukan termasuk dalam proses pembelajaran. Namun masih ada guru yang belum sepenuhnya dapat menghadapi siswa yang banyak bertanya. Implikasi kompetensi personal guru bidang studi fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di dalam proses pembelajaran bidang studi fikih berlangsung, ada saat di mana siswa merasa enggan belajar karena terkadang ada materi yang diharuskan dihafal oleh guru seperti doa-doa. Oleh karena itu, guru diharapkan memiliki personal yang sesuai dengan Undang-Undang sehingga dapat terwujudnya personal yang baik. Berkat kemampuan personal guru yang dimiliki oleh guru bidang studi tersebut mampu membuat siswa dari yang tidak semangat belajar menjadi semangat dalam mengikuti pelajaran fikih.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Kompetensi personal guru sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tugas keguruannya. Seorang guru yang memiliki kecenderungan dan bakat untuk menjadi guru, sehingga ia pun akan selalu memiliki sikap optimisme dalam pekerjaannya sebagai guru, ia akan cepat dan tepat dalam mengambil keputusan. Kompetensi personal ini meniscayakan guru akan berlaku arif, jujur, konsisten, memiliki komitmen, kesabaran, kedisiplinan dalam perkataan dan perbuatan, menjadi guru yang disegani sehingga dapat memberikan contoh yang baik bagi siswa.
2. Keterlibatan kompetensi personal guru bidang studi fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu berkat kemampuan personal guru bidang studi fikhi dimiliki tersebut mampu membuat siswa dari yang tidak semangat belajar menjadi semangat dalam mengikuti pelajaran fikih.Kompetensi personal guru sangat diperlukan karena sebagai seorang guru tentu memahami bahwa kompetensi yang dimiliki oleh siswa itu berbeda dalam memahami pelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan usaha ekstra bagi guru dalam menghadapi situasi tersebut.Seperti membantu pengembangan sifat-sifat positif pada diri siswa seperti rasa percaya diri dan saling menghormati, memperbaiki kondisi dan terus menerus memberikan motivasi pada siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. guruharus jadi publik figure yang dicontoh oleh siswa dapat memiliki kompetensi kepribadian yang mantap,stabil dan arif serta dapat dijadikan teladan yang baik oleh semua masyarakat.
2. siswa diharapkan memiliki semangat belajar yang baik, mematuhi aturan tata tertib sekolah dan menghormati guru.
3. Guru harus memiliki personal yang baik ketika proses belajar berlangsung agar siswa termotivasi dalam pembelajaran tersebut. Guru juga senantiasa membimbing siswanya guna menciptakan sumber daya manusia yang baik.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dilokasi dapat diketahui bahwa kompetensi personal kedua guru bidang studi fikih sudah baik dan memiliki sifat yang terbuka bagi siswanya dan mampu menyesuaikan diri di lingkungan pembelajaran atau pada saat proses pembelajaran, sebab tidak semua siswa memiliki kemampuan yang sama dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini ada yang cepat tanggap ada pula yang lambat dalam memahami materi yang sedang diajarkan oleh gurunya. Begitupun sebaliknya ada kalanya siswa bertanya diluar dugaan guru, artinya ada saat tertentu siswa bertanya hal-hal yang bukan termasuk dalam proses pembelajaran. Namun masih ada guru yang belum sepenuhnya dapat menghadapi siswa yang banyak bertanya. Implikasi kompetensi personal guru bidang studi fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di dalam proses pembelajaran bidang studi fikih berlangsung, ada saat di mana siswa merasa enggan belajar karena terkadang ada materi yang diharuskan dihafal oleh guru seperti doa-doa. Oleh karena itu, guru diharapkan memiliki personal yang sesuai dengan Undang-Undang sehingga dapat terwujudnya personal yang baik. Berkat kemampuan personal guru yang dimiliki oleh guru bidang studi tersebut mampu membuat siswa dari yang tidak semangat belajar menjadi semangat dalam mengikuti pelajaran fikih.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Kompetensi personal guru sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tugas keguruannya. Seorang guru yang memiliki kecenderungan dan bakat untuk menjadi guru, sehingga ia pun akan selalu memiliki sikap optimisme dalam pekerjaannya sebagai guru, ia akan cepat dan tepat dalam mengambil keputusan. Kompetensi personal ini meniscayakan guru akan berlaku arif, jujur, konsisten, memiliki komitmen, kesabaran, kedisiplinan dalam perkataan dan perbuatan, menjadi guru yang disegani sehingga dapat memberikan contoh yang baik bagi siswa.
2. Keterlibatan kompetensi personal guru bidang studi fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu berkat kemampuan personal guru bidang studi fikhi dimiliki tersebut mampu membuat siswa dari yang tidak semangat belajar menjadi semangat dalam mengikuti pelajaran fikih.Kompetensi personal guru sangat diperlukan karena sebagai seorang guru tentu memahami bahwa kompetensi yang dimiliki oleh siswa itu berbeda dalam memahami pelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan usaha ekstra bagi guru dalam menghadapi situasi tersebut.Seperti membantu pengembangan sifat-sifat positif pada diri siswa seperti rasa percaya diri dan saling menghormati, memperbaiki kondisi dan terus menerus memberikan motivasi pada siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. guruharus jadi publik figure yang dicontoh oleh siswa dapat memiliki kompetensi kepribadian yang mantap,stabil dan arif serta dapat dijadikan teladan yang baik oleh semua masyarakat.
2. siswa diharapkan memiliki semangat belajar yang baik, mematuhi aturan tata tertib sekolah dan menghormati guru.
3. Guru harus memiliki personal yang baik ketika proses belajar berlangsung agar siswa termotivasi dalam pembelajaran tersebut. Guru juga senantiasa membimbing siswanya guna menciptakan sumber daya manusia yang baik.
Ketersediaan
| ST20180134 | 134/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
134/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
