Urgensi Penerapan Metode Qawaid dan Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowali
Karmilah/02.14.2025 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Urgensi Penerapan Metode Qawaid dan
Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah pada Siswa Kelas X Madrasah
Aliyah As’adiyah Mattirowalie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan
Metode Qawaid dan Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah dan Kontribusi
Penerapan Metode Qawaid dan Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah
pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie.
Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif bertujuan untuk
membuat pecandraan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta
sifat-sifat populasi atau daerah tertentu dan mengumpulkan data melalui field
research yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan metode Qawaid
dan Tarjamah dalam pembelajaran Maharah Qira’ah memiliki tiga tahapan. Pada
tahapan pertama yaitu persiapan sebelum penerapan, kedua tahap pelaksanaan
penerapan, kemudian tahap terakhir yaitu evaluasi penerapan metode Qawaid dan
Tarjamah. 2) kontribusi penerapan metode Qawaid dan Tarjamah dalam
pembelajaran Maharah Qira’ah adalah dapat menjadikan siswa mengalami
peningkatan dalam Maharah Qira’ah, diantaranya siswa mampu membaca dengan
benar, siswa mampu memahami maksud bacaan, siswa mampu menerjemahkan
dengan benar, serta siswa dapat mengetahui kedudukan setiap kata dalam bacaan.
A. Simpulan
Setelah penulis mengemukakan uraian bab-bab sebelumnya, dapat
disimpulkan bahwa:
1. Penerapan metode Qawaid dan Tarjamah dalam pembelajaran Maharah
Qira’ah pada siswa kelas X Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie terbagi
menjadi tiga tahapan, yaitu:
a. Tahap persiapan penerapan metode Qawaid dan Tarjamah, dimana siswa
diberikan kesempatan untuk mempersiapkan hafalan kosa kata yang telah
dibebankan kepada siswa pada pertemuan sebelumnya dan diminta untuk
mempersiapkan segala kebutuhan yang dapat membantu proses penerapan
metode Qawaid dan Tarjamah.
b. Tahap pelaksanaan penerapan metode Qawaid dan Tarjamah, yakni guru
memberikan teks bahasa Arab, kemudian guru memberikan kosa kata serta
maknanya, siswa diminta untuk membaca dengan suara kuat, sehingga guru
dapat memperbaiki kesalahan dan kesulitan siswa, kemudian guru
memberikan penjelasan mengenai tata bahasa yang terdapat dalam bacaan.
c. Tahap evaluasi penerapan metode Qawaid dan Tarjamah, pada tahap ini,
guru memberikan evaluasi kepada siswa baik secara tertulis maupun secara
lisan.
2. Kontribusi penerapan metode Qawaid dan Tarjamah dalam pembelajaran
Maharah Qira’ah pada siswa kelas X Madrasah Aliyah As’adiyah
Mattirowalie adalah dapat menjadikan siswa mengalami peningkatan dalam
Maharah Qira’ah, diantaranya siswa mampu membaca dengan benar, siswa
mampu memahami maksud bacaan, siswa mampu menerjemahkan dengan
benar, serta siswa dapat mengetahui kedudukan setiap kata dalam bacaan.
B. Implikasi
Adapun implikasi yang penulis ajukan sebagai masukan kepada pihak-pihak
terkait dengan harapan agar pembelajaran dengan menggunakan metode Qawaid
dan Tarjamah di Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie dapat berjalan dengan
lebih baik lagi:
1. Pihak siswa
Siswa hendaknya lebih rajin dan tekun dalam mempelajari materi yang
sudah diajarkan dan siswa hendaknya sering-sering melakukan belajar
bersama, agar dapat saling berbagi ilmu dengan teman lainnya.
2. Pihak guru
Hendaknya pihak guru lebih memperhatikan terhadap segala sesuatu yang
dapat mengurangi konsentrasi siswa pada saat proses pembelajaran.
Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah pada Siswa Kelas X Madrasah
Aliyah As’adiyah Mattirowalie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan
Metode Qawaid dan Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah dan Kontribusi
Penerapan Metode Qawaid dan Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah
pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie.
Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif bertujuan untuk
membuat pecandraan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta
sifat-sifat populasi atau daerah tertentu dan mengumpulkan data melalui field
research yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan metode Qawaid
dan Tarjamah dalam pembelajaran Maharah Qira’ah memiliki tiga tahapan. Pada
tahapan pertama yaitu persiapan sebelum penerapan, kedua tahap pelaksanaan
penerapan, kemudian tahap terakhir yaitu evaluasi penerapan metode Qawaid dan
Tarjamah. 2) kontribusi penerapan metode Qawaid dan Tarjamah dalam
pembelajaran Maharah Qira’ah adalah dapat menjadikan siswa mengalami
peningkatan dalam Maharah Qira’ah, diantaranya siswa mampu membaca dengan
benar, siswa mampu memahami maksud bacaan, siswa mampu menerjemahkan
dengan benar, serta siswa dapat mengetahui kedudukan setiap kata dalam bacaan.
A. Simpulan
Setelah penulis mengemukakan uraian bab-bab sebelumnya, dapat
disimpulkan bahwa:
1. Penerapan metode Qawaid dan Tarjamah dalam pembelajaran Maharah
Qira’ah pada siswa kelas X Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie terbagi
menjadi tiga tahapan, yaitu:
a. Tahap persiapan penerapan metode Qawaid dan Tarjamah, dimana siswa
diberikan kesempatan untuk mempersiapkan hafalan kosa kata yang telah
dibebankan kepada siswa pada pertemuan sebelumnya dan diminta untuk
mempersiapkan segala kebutuhan yang dapat membantu proses penerapan
metode Qawaid dan Tarjamah.
b. Tahap pelaksanaan penerapan metode Qawaid dan Tarjamah, yakni guru
memberikan teks bahasa Arab, kemudian guru memberikan kosa kata serta
maknanya, siswa diminta untuk membaca dengan suara kuat, sehingga guru
dapat memperbaiki kesalahan dan kesulitan siswa, kemudian guru
memberikan penjelasan mengenai tata bahasa yang terdapat dalam bacaan.
c. Tahap evaluasi penerapan metode Qawaid dan Tarjamah, pada tahap ini,
guru memberikan evaluasi kepada siswa baik secara tertulis maupun secara
lisan.
2. Kontribusi penerapan metode Qawaid dan Tarjamah dalam pembelajaran
Maharah Qira’ah pada siswa kelas X Madrasah Aliyah As’adiyah
Mattirowalie adalah dapat menjadikan siswa mengalami peningkatan dalam
Maharah Qira’ah, diantaranya siswa mampu membaca dengan benar, siswa
mampu memahami maksud bacaan, siswa mampu menerjemahkan dengan
benar, serta siswa dapat mengetahui kedudukan setiap kata dalam bacaan.
B. Implikasi
Adapun implikasi yang penulis ajukan sebagai masukan kepada pihak-pihak
terkait dengan harapan agar pembelajaran dengan menggunakan metode Qawaid
dan Tarjamah di Madrasah Aliyah As’adiyah Mattirowalie dapat berjalan dengan
lebih baik lagi:
1. Pihak siswa
Siswa hendaknya lebih rajin dan tekun dalam mempelajari materi yang
sudah diajarkan dan siswa hendaknya sering-sering melakukan belajar
bersama, agar dapat saling berbagi ilmu dengan teman lainnya.
2. Pihak guru
Hendaknya pihak guru lebih memperhatikan terhadap segala sesuatu yang
dapat mengurangi konsentrasi siswa pada saat proses pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20180290 | 290/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
