PERAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PARTISISPASI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MTS 39 ITTERUNG KEC.TELLUSIATTINGE
Sahira/02.13.1103 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai. Peran Madrasah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di MTs. As’ Adiyah 39 Itterung Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini apa saja problematika MTs. As’ Adiyah 39 Itterung Kec. Tellu Siattinge berkaitan dengan partisipasi masyarakat, serta upaya madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah digunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan.rnBerdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa problematika madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yaitu kurangnya komunikasi dan sosialisasi antara pihak madrasah dengan masyarakat sehingga sulit untuk mengembangkan madrasah, masyarakat Itterung beranggapan bahwa madrasah memiliki sumber dana, sehingga tidak perlu lagi ada sumbangsi dari masyarakat baik berupa materi maupun moril. Untuk mengatasi hal tersebut upaya madrasah membangun kerja sama dengan baik antara guru dan pengurus serta memberikan konstribusi yang positif terhadap madrasah seperti meningkatkan kualitas pendidik, meningkatkan sarana dan prasarananya serta menghasilkan lulusan sesuai dengan keinginan masyarakat. Dengan demikian tampa adanya sosialisasi dari madrasah, maka masyarakat berpartisipasi dengan menyekolahkan anaknya karena melihat kualitas madrasah tersebut.rnA.SimpulanrnBerdasarkan penelitian dan dilanjutkan dengan penganalisaan serta penafsiran data yang telah penulis lakukan tentang peran madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs. As’ Adiyah 39 Itterung Kec. Tellu Siattinge, maka penulis dapat menyimpulkan:rn1.Problematika MTs. As’ Adiyah 39 Itterung Kec. Tellu Siattinge berkaitan dengan partisipasi masyarakat yaitu: kurangnnya kerja sama guru serta pengurus madrasah, serta kurangnya komunikasi dengan masyarakat sehingga sulit untuk meningkatkan partisipasi dari masyarakat.rn2.Upaya madrasah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs. As’ Adiyah 39 Itterung, yakni madrasah memberikan konstribusi yang positif terhadap madrasah dengan meningkatkan kualitas pendidik, meningkatkan sarana dan prasarananya serta menghasilkan lulusan sesuai dengan keinginan masyarakat.rnB.ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:rn1.Pihak madrasah harus melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan masyarakat mengenai problematika yang dialami di madrasah.rn2.Melakukan kerja sama antara kepala madrasah, guru mata pelajaran dan pengurus yayasan dan komite madrasah yang bersangkutan atas peningkatan madrasah.rn3.Meningkatkan tenaga pendidik, sarana dan prasarananya serta menghasilkan lulusan yang diinginkan masyarakat.rnrn
Ketersediaan
| ST20170021 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
21/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
