Strategi Usaha Meubel dalam Mengembangkan Pasar Perspektf Etika Bisnis Islam (Studi Pada UD. Afiqah Interior)
Resky Wahyuni/01.14.3143 - Personal Name
Skripsi ini mengkaji tentang Strategi Usaha Meubel dalam mengembangkan
Pasar Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada UD. Afiqah Interior). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh UD. Afiqah Interior dalam
mengembangkan pasar yang sesuai dengan etika bisnis Islam.
Berdasakan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan field research (penelitan
lapangan) yang menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah SWOT
(Strenghs, weaknesses, opportunities).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh UD.
Afiqah Interior dalam mengembangkan pasar adalah strategi pengembangan pasar
yang telah ada atau pasar lama (penetrasi pasar) dan strategi pengembangan pasar
baru (pengembangan pasar, diverifikasi terpusat dan diverifikasi konglomerat).
UD.Afiqah Interior dalam mengembangkan pasar sesuai dengan etika bisnis Islam
yaitu dengan memperhatikan bahan baku produk dan asalnya, melakukan penetapan
harga serta transparan kepada konsumen, UD. Afiqah Interior melakukan
pendistribusian secara langsung dan melakukan promosi dengan menyebarkan
gambar sesuai dengan aslinya.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Strategi yang digunakan oleh pihak UD. Afiqah Interior dalam
mengembangkan pasar adalah strategi pengembangan pasar yang telah ada atau
pasar lama (penetrasi pasar dan pengembangan pasar) dan strategi
pengembangan pasar baru (pengembangan pasar, diverifikasi terpusat dan
diverifikasi konglomerat).
2. UD. Afiqah Interior dalam mengembangkan pasar sesuai dengan etika bisnis
Islam yaitu dengan memperhatikan bahan baku produk dan asalnya, melakukan
penetapan harga secara transparan kepada konsumen, melakukan
pendistribusian secara langsung dan melakukan promosi dengan menyebarkan
gambar sesuai dengan aslinya.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis memberikan saran kepada
pemilik UD. Afiqah Interior untuk mengembangkan produknya mengikuti
perkembangan zaman dan memasarkan produknya ke daerah yang lebih luas,
menyeimbangkan kualitas dan harga produknya sehingga mendapatkan hasil yang
lebih maksimal serta meningkatkan kinerja karyawan sehingga meningkatkan
jumlah produksi dan lebih menarik perhatian pelanggan. Pihak UD. Afiqah
Interior juga harus tetap memperhatikan etika bisnis Islam dalam menjalankan
bisnisnya mulai dari memperhatikan bahan baku yang halal, proses produksi dan
proses pemasaran yang sesuai dengan etika Bisnis Islam.
Pasar Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada UD. Afiqah Interior). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh UD. Afiqah Interior dalam
mengembangkan pasar yang sesuai dengan etika bisnis Islam.
Berdasakan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan field research (penelitan
lapangan) yang menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah SWOT
(Strenghs, weaknesses, opportunities).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh UD.
Afiqah Interior dalam mengembangkan pasar adalah strategi pengembangan pasar
yang telah ada atau pasar lama (penetrasi pasar) dan strategi pengembangan pasar
baru (pengembangan pasar, diverifikasi terpusat dan diverifikasi konglomerat).
UD.Afiqah Interior dalam mengembangkan pasar sesuai dengan etika bisnis Islam
yaitu dengan memperhatikan bahan baku produk dan asalnya, melakukan penetapan
harga serta transparan kepada konsumen, UD. Afiqah Interior melakukan
pendistribusian secara langsung dan melakukan promosi dengan menyebarkan
gambar sesuai dengan aslinya.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Strategi yang digunakan oleh pihak UD. Afiqah Interior dalam
mengembangkan pasar adalah strategi pengembangan pasar yang telah ada atau
pasar lama (penetrasi pasar dan pengembangan pasar) dan strategi
pengembangan pasar baru (pengembangan pasar, diverifikasi terpusat dan
diverifikasi konglomerat).
2. UD. Afiqah Interior dalam mengembangkan pasar sesuai dengan etika bisnis
Islam yaitu dengan memperhatikan bahan baku produk dan asalnya, melakukan
penetapan harga secara transparan kepada konsumen, melakukan
pendistribusian secara langsung dan melakukan promosi dengan menyebarkan
gambar sesuai dengan aslinya.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis memberikan saran kepada
pemilik UD. Afiqah Interior untuk mengembangkan produknya mengikuti
perkembangan zaman dan memasarkan produknya ke daerah yang lebih luas,
menyeimbangkan kualitas dan harga produknya sehingga mendapatkan hasil yang
lebih maksimal serta meningkatkan kinerja karyawan sehingga meningkatkan
jumlah produksi dan lebih menarik perhatian pelanggan. Pihak UD. Afiqah
Interior juga harus tetap memperhatikan etika bisnis Islam dalam menjalankan
bisnisnya mulai dari memperhatikan bahan baku yang halal, proses produksi dan
proses pemasaran yang sesuai dengan etika Bisnis Islam.
Ketersediaan
| SS20180124 | 124/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
124/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
