Peranan Guru PAI dalam Pengembangan Kepribadian Anak Didik di Era Globalisasi (Studi pada Siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone)
Hanatuo/02.14.1123 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peranan Guru PAI dalam Pengembangan
Kepribadian Anak Didik di Era Globalisasi (Studi pada Siswa SD Inpres 5/81
Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone). Pokok masalah adalah gambaran kepribadian
siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone, upaya guru PAI dalam
pengembangan siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone di era
globalisasi dan kendala yang dihadapi guru PAI dalam pengembangan kepribadian
siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone di era globalisasi. Masalah
ini dianalisis dengan pendekatan teologi normatif, yaitu pendekatan dengan
berdasarkan pada al-Qur’an dan sunnah Nabi, termasuk penafsiran atas ayat ayat
dalam al-Qur’an, serta pendekatan pedagogik artinya ilmu pendidikan yang
menyelidiki al-Qur’an, merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan mendidik serta
pendekatan psikologi atau ilmu jiwa adalah ilmu yang mempelajari jiwa seseorang
melalui gejala perilaku yang dapat diamati dan dibahas dengan metode kulitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kepribadian siswa SD
Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu 1) memiliki sikap dan
kepribadian yang baik, 2) memiliki sikap kerjasama yang tinggi, 3) mampu
berkomunikasi secara sopan, dan 4) mampu mengikuti perkembangan teknologi.
Upaya guru PAI dalam pengembangan siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec.
Barebbo Kab. Bone di era globalisasi yaitu 1) mengotrol siswa yang diketahui
sering membawa HP ke sekolah, 2) memberikan pembinaan keagamaan agar
mereka memiliki filter yang baik dalam menghadapi era globalisasi, dan 3)
memberikan pemahaman kepada siswa akan dampak dari perkembagan era
globalisasi.
Kendala yang dihadapi guru PAI dalam pengembangan kepribadian siswa
SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone di era globalisasi yaitu 1) banyak
di antara siswa yang kurang memahami akan pentingnya menghindari dampak
negatif era globalisasi, 2) dalam memberikan pembinaan terdapat karakter siswa
yang berbeda-beda, 3) ada pengaruh lingkungan yang turut membentuk kepribadian
siswa, dan 4) kurangnya perhatian orang tua akan pentingnya pembentukan karakter
siswa di era globalisasi. Solusi yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kendala
mengembangkan kepribadian siswa yaitu 1) memberikan penekanan kepada siswa
yang kedapatan membawah HP, 2) memberikan pemahaman kepada siswa akan
dampak negatif jika kecanduan bermain HP dan 3) memberikan bimbingan dan
pemahaman kepada siswa agar tidak kecanduan terhadap media HP.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Gambaran kepribadian siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab.
Bone yaitu (a) memiliki sikap dan kepribadian yang baik, (b) memiliki sikap
kerjasama yang tinggi, (c) mampu berkomunikasi secara sopan, dan (d)
mampu mengikuti perkembangan teknologi.
2. Upaya guru PAI dalam pengembangan siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec.
Barebbo Kab. Bone di era globalisasi yaitu (a) mengotrol siswa yang
diketahui sering membawa HP ke sekolah, (b) memberikan pembinaan
keagamaan agar mereka memiliki filter yang baik dalam menghadapi era
globalisasi, dan (c) memberikan pemahaman kepada siswa akan dampak dari
perkembagan era globalisasi.
3. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam pengembangan kepribadian siswa SD
Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone di era globalisasi yaitu (a)
banyak di antara siswa yang kurang memahami akan pentingnya menghindari
dampak negatif era globalisasi, (b) dalam memberikan pembinaan terdapat
karakter siswa yang berbeda-beda, (c) ada pengaruh lingkungan yang turut
membentuk kepribadian siswa, dan (d) kurangnya perhatian orang tua akan
pentingnya pembentukan karakter siswa di era globalisasi. Solusi yang
dilakukan guru PAI dalam mengatasi kendala mengembangkan kepribadian
siswa yaitu: (a) memberikan penekanan kepada siswa yang kedapatan
membawah HP jika tidak disuruh guru akan diberikan saksi, (b) memberikan
pemahaman kepada siswa akan dampak negatif jika kecanduan bermain HP.
dan (c) memberikan bimbingan dan pemahaman kepada siswa agar tidak
kecanduan terhadap media HP.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan pembinaan keagamaan terhadap siswa agar mereka tidak
terpengaruh oleh perkembangan era globalisasi.
2. Diharapkan kepada semua orang tua siswa agar memberikan pembinaan
kepada anak-anak mereka di rumah dalam upaya membantu guru dalam
menghindari dampak negatif dari era globalisasi.
3. Diharapkan kepada guru agar tetap sabar dan ikhlas dalam melaksanakan
tugas sebagai pendidik dan tetap memberikan nasehat bagi siswa agar
mereka terhindar dari dampak negatif era globalissi.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Kepribadian Anak Didik di Era Globalisasi (Studi pada Siswa SD Inpres 5/81
Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone). Pokok masalah adalah gambaran kepribadian
siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone, upaya guru PAI dalam
pengembangan siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone di era
globalisasi dan kendala yang dihadapi guru PAI dalam pengembangan kepribadian
siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone di era globalisasi. Masalah
ini dianalisis dengan pendekatan teologi normatif, yaitu pendekatan dengan
berdasarkan pada al-Qur’an dan sunnah Nabi, termasuk penafsiran atas ayat ayat
dalam al-Qur’an, serta pendekatan pedagogik artinya ilmu pendidikan yang
menyelidiki al-Qur’an, merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan mendidik serta
pendekatan psikologi atau ilmu jiwa adalah ilmu yang mempelajari jiwa seseorang
melalui gejala perilaku yang dapat diamati dan dibahas dengan metode kulitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kepribadian siswa SD
Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu 1) memiliki sikap dan
kepribadian yang baik, 2) memiliki sikap kerjasama yang tinggi, 3) mampu
berkomunikasi secara sopan, dan 4) mampu mengikuti perkembangan teknologi.
Upaya guru PAI dalam pengembangan siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec.
Barebbo Kab. Bone di era globalisasi yaitu 1) mengotrol siswa yang diketahui
sering membawa HP ke sekolah, 2) memberikan pembinaan keagamaan agar
mereka memiliki filter yang baik dalam menghadapi era globalisasi, dan 3)
memberikan pemahaman kepada siswa akan dampak dari perkembagan era
globalisasi.
Kendala yang dihadapi guru PAI dalam pengembangan kepribadian siswa
SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone di era globalisasi yaitu 1) banyak
di antara siswa yang kurang memahami akan pentingnya menghindari dampak
negatif era globalisasi, 2) dalam memberikan pembinaan terdapat karakter siswa
yang berbeda-beda, 3) ada pengaruh lingkungan yang turut membentuk kepribadian
siswa, dan 4) kurangnya perhatian orang tua akan pentingnya pembentukan karakter
siswa di era globalisasi. Solusi yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kendala
mengembangkan kepribadian siswa yaitu 1) memberikan penekanan kepada siswa
yang kedapatan membawah HP, 2) memberikan pemahaman kepada siswa akan
dampak negatif jika kecanduan bermain HP dan 3) memberikan bimbingan dan
pemahaman kepada siswa agar tidak kecanduan terhadap media HP.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Gambaran kepribadian siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab.
Bone yaitu (a) memiliki sikap dan kepribadian yang baik, (b) memiliki sikap
kerjasama yang tinggi, (c) mampu berkomunikasi secara sopan, dan (d)
mampu mengikuti perkembangan teknologi.
2. Upaya guru PAI dalam pengembangan siswa SD Inpres 5/81 Samaelo Kec.
Barebbo Kab. Bone di era globalisasi yaitu (a) mengotrol siswa yang
diketahui sering membawa HP ke sekolah, (b) memberikan pembinaan
keagamaan agar mereka memiliki filter yang baik dalam menghadapi era
globalisasi, dan (c) memberikan pemahaman kepada siswa akan dampak dari
perkembagan era globalisasi.
3. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam pengembangan kepribadian siswa SD
Inpres 5/81 Samaelo Kec. Barebbo Kab. Bone di era globalisasi yaitu (a)
banyak di antara siswa yang kurang memahami akan pentingnya menghindari
dampak negatif era globalisasi, (b) dalam memberikan pembinaan terdapat
karakter siswa yang berbeda-beda, (c) ada pengaruh lingkungan yang turut
membentuk kepribadian siswa, dan (d) kurangnya perhatian orang tua akan
pentingnya pembentukan karakter siswa di era globalisasi. Solusi yang
dilakukan guru PAI dalam mengatasi kendala mengembangkan kepribadian
siswa yaitu: (a) memberikan penekanan kepada siswa yang kedapatan
membawah HP jika tidak disuruh guru akan diberikan saksi, (b) memberikan
pemahaman kepada siswa akan dampak negatif jika kecanduan bermain HP.
dan (c) memberikan bimbingan dan pemahaman kepada siswa agar tidak
kecanduan terhadap media HP.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan pembinaan keagamaan terhadap siswa agar mereka tidak
terpengaruh oleh perkembangan era globalisasi.
2. Diharapkan kepada semua orang tua siswa agar memberikan pembinaan
kepada anak-anak mereka di rumah dalam upaya membantu guru dalam
menghindari dampak negatif dari era globalisasi.
3. Diharapkan kepada guru agar tetap sabar dan ikhlas dalam melaksanakan
tugas sebagai pendidik dan tetap memberikan nasehat bagi siswa agar
mereka terhindar dari dampak negatif era globalissi.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| ST20180071 | 71/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
71/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
