Urgensi Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam (Studi pada MTs Irsyadussalam Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone)
Syatirah/02.12.1034 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam (Studi pada MTs Irsyadussalam Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi masyarakat terhadap peningkatan kualitas pendidikan agama Islam, kendala-kendala partisipasi masyarakat terhadap peningkatan kualitas pendidikan agama Islam serta kontribusi partisipasi masyarakat terhadap peningkatan kualitas pendidikan agama Islam pada MTs Irsyadussalam Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan teologis normatif, paedagogis, sosiologis. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang terkumpul diolah lalu dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif lalu disimpulkan dengan cara induktif dan deduktif.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam MTs Irsyadussalam Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone yaitu pendanaa/pembiayaan dengan memberikan sumbangan, mendorong anak-anaknya untuk aktif pada kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler serta menyediakan sarana belajar yang memadai. Kendala-kendala partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam pada MTs Irsyadussalam Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone yaitu kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah pendidikan serta kurangnya komunikasi yang efektif antara masyarakat dan pihak MTs Irsyadussalam, anggapan masyarakat tentang pendidikan itu semata-mata hanya untuk meningkatkan status sosial serta kurangnya sarana dan prasarana yang memadai.rnImplikasi penelitian ini diharapkan diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kepala madrasah, tenaga pengajar dan masyarakat Desa Cakkeware agar lebih meningkatkan dan mengembangkan partisipasinya dalam peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam di MTs Irsyadussalam supaya lebih maju dan pihak madrasah selalu berupaya menjalin hubungan yang harmonis dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam.rnA. SimpulanrnDari pembahasan tentang urgensi pertisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam pada MTs Irsyadussalam Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone dan masalah-masalah yang dijadikan penelitian ini serta dari berbagai data yang telah dikumpulkan dan dianalisa, maka peneliti dapat mengambil simpulan sebagai berikut:rn1. Bentuk-bentuk partisipasi yang diberikan oleh masyarakat dalam peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam yaitu:rna. Pendanaa/pembiayaan dengan memberikan sumbanganrnb. Mendorong anak-anaknya untuk aktif pada kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikulerrnc. Menyediakan sarana belajar yang memadairn2. Kendala-kendala partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam yaitu:rna. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah pendidikanrnb. Kurangnya komunikasi yang efektif antara masyarakat dan pihak MTs Irsyadussalamrnc. Anggapan masyarakat tentang pendidikan itu semata-mata hanya untuk meningkatkan status sosialrnd. Kurangnya sarana dan prasarana yang memadairnB. Saranrn1. Diharapkan kepada pihak MTs Irsyadussalam agar menjalin hubungan yang harmonis dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam.rn2. Diharapkan kepada masyarakat khususnya orang tua siswa agar lebih meningkatkan dan mengembangkan partisipasinya dalam peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam.rn
Ketersediaan
| ST20160107 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
107/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
