Strategi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Madrasah aliyah Negeri 1 Watampone
Ika Vebrilia/02.13.1132 - Personal Name
Skripsi ini membahas Strategi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak dalamrnMeningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Madrasah aliyah Negeri 1 Watampone.rnPokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru bidang studirnAkidah Akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa Madrasah AliyahrnNegeri 1 Watampone. Adapun submasalah yaitu bagaimana bentuk strategi gururnbidang studi Akidah Akhlak dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Negerirn1Watampone. Dan bagaimana kontribusi guru bidang studi Akidah Akhlak dalamrnmeningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone.rnPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru bidang studi Akidah Akhlakrndalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa Madrasah Aliyah Negeri 1rnWatampone. Adapun tujuan dari submasalah yaitu untuk mengetahui bentuk strategirnguru bidang studi Akidah Akhlak dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Negerirn1Watampone. Dan untuk mengetahui kontribusi guru bidang studi Akidah Akhlakrndalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1rnWatamponernPenelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode fieldrnresearch melalui observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Teknik analisisrndata menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu induktif dan deduktif.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk-Bentuk Strategi Guru BidangrnStudi Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa MadrasahrnAliyah Negeri 1 Watampone terdiri atas tiga bentuk strategi guru bidang studi AkidahrnAkhlak yaitu strategi guru yang lebih aktif atau strategi ekspositori, strategi gururndengan memberikan materi pokok untuk di diskusikan atau strategi kooperatif, danrnstrategi guru dengan memberikan suatu permasalahan atau strategi inkuiri. KontribusirnGuru Bidang Studi Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual SiswarnMadrasah Aliyah Negeri 1 Watampone yaitu dari membangun kerjasama guru bidangrnstudi Akidah Akhlak dengan guru bidang studi lainnya untuk menanamkan nilai-nilairnspiritual kepada siswa dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan setelahrndiberikan nasihat, motivasi, dan contoh dari guru bidang studi Akidah Akhlakrnmaupun guru bidang studi lainnya, maka kecerdasan spiritual siswa meningkat dilihatrndari pelaksanaan shalat berjamaah dan peningkatan cara berdoa siswa.rnA. SimpulanrnBerdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadirnsimpulan dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:rn1. Bentuk-Bentuk Strategi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak dalamrnMeningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1rnWatampone terdiri atas tiga bentuk strategi guru bidang studi Akidah Akhlakrnyaitu strategi guru yang lebih aktif atau strategi ekspositori, strategi gururndengan memberikan materi pokok untuk di diskusikan atau strategirnkooperatif, dan strategi guru dengan memberikan suatu permasalahan ataurnstrategi inkuiri.rn2. Kontribusi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak dalam MeningkatkanrnKecerdasan Spiritual Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone yaiturndari membangun kerjasama guru bidang studi Akidah Akhlak dengan gururnbidang studi lainnya untuk menanamkan nilai-nilai spiritual kepada siswarndalam proses pembelajaran dibuktikan dengan setelah diberikan nasihat,rnmotivasi, dan contoh dari guru bidang studi Akidah Akhlak maupun gururnbidang studi lainnya, maka kecerdasan spiritual siswa meningkat dilihat darirnpelaksanaan shalat berjamaah dan peningkatan cara berdoa siswa.rnB. ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikanrnimplikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaiturnsebagai berikut:rn1. Diharapkan kepada guru umumnya dan guru PAI yaitu guru bidang studirnAkidah Akhlak pada khususnya untuk selalu meningkatkan kecerdasanrnspiritual dengan memberikan strategi-strategi yang sesuai dengan materirnpembelajaran maupun situasi dan kondisi siswa.rn2. Diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan olehrnguru. Siswa diharapkan agar bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,rnkarena bidang studi Akidah Akhlak merupakan pelajaran tentang keyakinanrnkepada Allah swt. dalam agama Islam.rn3. Diharapkan kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk senantiasarnmengarahkan dan membimbing agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.rn4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapatrndijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| ST20170022 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
22/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
