Penerapan Fungsi Pengawasan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MI Amir AL- Jannah Tippulue Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone
Andi Ayu Ambarwati/02. 13. 3174 - Personal Name
Penelitian ini membahas mengenai Penerapan Fungsi Pengawasan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MI Amir AL- Jannah Tippulue Kec. Tanete Riattang Timur Kab. bone . Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui Tentang penerapan fungsi pengawasan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Mi amir Al- Jannah Tippulue Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bonern Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode Data primer dan skunder, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.rnBerdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan Fungsi pengawasan kepala sekolah di MI Amir AL-Jannah Tippulue yang dilakukan langsung oleh kepala sekolah dapat terlaksana dengan baik. Hal ini dapat terlihat pada upaya kepala sekolah: 1). Menyusun program pengawasan yang meliputi kegiatan: a). Penyusunan program pengawasan kepala sekolah disesuaikan dengan standar nasional pendidikan, b) program pengawasan disosialisasikan pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, c) supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah, d) kepala sekolah/madrasah melaporkan evaluasi kepada pihak-pihak lain. 2). Melakukan kegiatan supervisi yang meliputi kegiatan: a) merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionsal guru, b) melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat, c) menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesional guru. 3). Evaluasi dan pengembangan kurikulum yang meliputi kegiatan: a) kepala sekolah secara komprehensif dan fleksibel dalam mengadaptasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, b) kepala sekolah secara berkala untuk merespon perubahan kebutuhan peserta didik, c) kepala sekolah bersikap integratif dan monolitik, d) kepala sekolah melakukan evalusi secara menyeluruh dengan melibatkan berbagi pihak. 4). Evaluasi pendayagunaan pendidikan dan tenaga kependidikan yang meliputi kegiatan: a) evaluai pendayagunaan pendidikan dan tenaga kependidikan dirancanakan secara komprehensif, b) evaluasi pendayagunaan pendidikan dan tenaga kependidikan meliputi kesesuaian penugasan dengan keahlian, c) evaluasi kinerja pendidik harus memperhatikan pencakapan prestasi dan perubahan-perubahan peserta didik.rnKinerja guru di MI Amir AL-Jannah dapat terlihat adanya kesesuaian dengan konsep kinerja guru yang meliputi: a) kualitas hasil kerja seperti: kepuasan siswa, pemahaman siswa, dan prestasi siswa. b) inisiatif/prakarsa seperti: berpikir positif yang lebih baik, mewujudkan kreatifitas, dan pencapaian prestasi. c) kemampuan guru seperti: penguasaan materi dan penguasaan metode mengajar. d) komunikasi guru seperti: mutu penyampaian materi dan penguasaan keadaan kelas. rnPengawasan yang dilakukan kepala madrasah baik melalui pengawasan langsung dan tidak langsung memberikan dampak terhadap kinerja guru di MI Amir Al-Jannah Tippulue. Hal ini dapat terlihat semakin aktif kepala madrasah dalam melaksanakan kegiatan pengawasan maka semakin baik pula kinerja yang ditunjukkan oleh para guru di MI Amir Al-Jannah Tippulue.rnA.Simpulanrn1.Fungsi pengawasan kepala sekolah di MI Amir AL-Jannah Tippulue yang dilakukan langsung oleh kepala sekolah dapat terlaksana dengan baik.. Hal ini dapat terlihat pada upaya kepala sekolah: 1). Menyusun program pengawasan yang meliputi kegiatan: a). Penyusunan program pengawasan kepala sekolah disesuaikan dengan standar nasional pendidikan, b) program pengawasan disosialisasikan pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, c) supervisi pengelolaan akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah, d) kepala sekolah/madrasah melaporkan evaluasi kepada pihak-pihak lain. 2). Melakukan kegiatan supervisi yang meliputi kegiatan: a) merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionsal guru, b) melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat, c) menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesional guru. 3). Evaluasi dan pengembangan kurikulum yang meliputi kegiatan: a) kepala sekolah secara komprehensif dean fleksibel dalam mengadaptasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, b) kepala sekolah secara berkala untuk merespon perubahan kebutuhan peserta didik, c) kepala sekolah bersikap integratif dan monolitik, d) kepala sekolah melakukan evalusi secara menyeluruh dengan melibatkan berbagi pihak. 4). Evaluasi pendayagunaan pendidikan dan tenaga kependidikan yang meliputi kegiatan: a) evaluai pendayagunaan pendidikan dan tenaga kependidikan dirancanakan secara komprehensif, b) evaluasi pendayagunaan pendidikan dan tenaga kependidikan meliputi kesesuaian penugasan dengan keahlian, c) evaluasi kinerja pendidik harus memperhatikan pencakapan prestasi dan perubahan-perubahan peserta didik.rn2.Kinerja guru di MI Amir AL-Jannah dapat terlihat adanya kesesuaian dengan konsep kinerja guru yang meliputi: a) kualitas hasil kerja seperti: kepuasan siswa, pemahaman siswa, dan prestasi siswa. b) inisiatif/prakarsa seperti: berpikir positif yang lebih baik, mewujudkan kreatifitas, dan pencapaian prestasi. c) kemampuan guru seperti: penguasaan materi dan penguasaan metode mengajar. d) komunikasi guru seperti: mutu penyampaian materi dan penguasaan keadaan kelas. rn3.Pengawasan yang dilakukan kepala madrasah baik melalui pengawasan langsung dan tidak langsung memberikan dampak terhadap kinerja guru di MI Amir Al-Jannah Tippulue. Hal ini dapat terlihat semakin aktif kepala madrasah dalam melaksanakan kegiatan pengawasan maka semakin baik pula kinerja yang ditunjukkan oleh para guru di MI Al-Jannah Tippulue.rnB.Saranrn1.Hendakanya kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang benar dan memperhatikan teknik/pendekatan dalam kegiatan pengawasan, agar pengawasan yang dilakukan dapat terlaksana dengan baik. rn2.Hendaknya para guru memahami bahwa kegiatan pengawasan bertujuan untuk meninjau kemampuan dari guru dan bukan kegiatan yang dilakukan untuk mencari kesalahan guru.rn3.Kegiatan pengawasan kepala madrasah hendakanya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Karena kegiatan pengawasan akan menjamin kelancaran suatu proses dan tingkat kinerja guru dalam lembaga pendidikan. rnrnrn
Ketersediaan
| ST20170023 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
23/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
