Strategi Pengembangan Produk Pabrik Mie Gunung Agung Dalam Meningkatkan Volume Penjualan

Image of Strategi Pengembangan Produk Pabrik Mie Gunung Agung Dalam Meningkatkan Volume Penjualan
Penelitian ini membahas mengenai strategi pengembangan produk pabrik mie
Gunung Agung dalam meningkatkan volume penjualan, hal ini ditujukan untuk
memperluas pemasaran produk yang ada pada saat ini, karena itu penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui (1) apa kendala yang dihadapi dalam pengembangan
produk mie gunung agung. (2) Untuk mengetahui stategi pengembangan produk mie
Gunung Agung jika dilihat dari analisis SWOT. Berdasarkan tujuan penelitian di atas,
maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian menggunakan metode Field
research (lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi,
kemudian dilakukan pengelolahan data mentah untuk mendeskripsikan penelitian
tentang strategi pengembangan produk pabrik mie Gunung Agung dalam
meningkatkan volume penjualan. Hasil penelitian menjukkan kendala-kendala yang
dihadapi usaha pabrik mie Gunung Agung melalui analisis internal dan eksternal
ditemukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usaha pabrik mie Gunung
Agung. Strategi pengembangan produk yang menggunakan matriks SWOT yang
menggambarkan secara hasil analisis SWOT. Matriks SWOT memeberikan
kemungkinan alternative strategi yang dapat dikembangkan oleh pabrik mie Gunung
Agung yaitu Menjaga dan meningkatkan kualitas produk, Meningkatkan pelayanan
kepada komsumen, Mengoptimalkan promosi, Memperluas pasar dan distribusi
produk, Meningkatkan kualitas SDM, Meningkatkan hubungan baik antara karyawan
dengan pemilik perusahaan, dan melakukan pembaharuan mesin-mesin produksi.
xix
Dalam hal ini dapat dijadikan sebagai tuntunan dalam melakukan strategi
strategi pengembangan produk pabrik mie Gunung Agung dalam meningkatkan
volume penjualan
A. Simpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka
dapat disimpulkan bahwa:
1. Strategi yang dilakukan Gunung Agung dalam pengembangan produk
yaitu:
a. Modifikasi produk
b. Menciptakan produk baru
c. Diversifikasi produk
2. Dengan diluncurkannya produk baru ternyata mempunyai peran yang
besar dalam meningkatkan volume penjualan. Hal ini dapat dilihat dari
kekuatan hubungan antara pengembangan produk yang dilakukan
perusahaan dalam menciptakan produk baru dan dengan penjualan yang
diperoleh. Beberapa faktor yang mendorong Pabrik mie Gunung Agung
untuk melakukan pengembangan produk yaitu:
a. Kenaikan omzet perusahaan
b. Adanya keinginan menambah karyawan
c. Perusahaan ingin berkembang
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada
pemilik usaha pabrik mie Gunung Agung yaitu :
1. pabrik mie gunung agung agar mecapai keberhasilan produk baru yang
diterima di pasar hendaknya diikuti dengan meningkatnya kuantitas
produk, Perusahaan selalu memantau dan mengikuti perkembangan selera
konsumen atau keluhan para pelanggan berkaitan dengan produk yang
dihasilkan, Miulan sebaiknya melakukan pengawasan secara intensif
dibagian produksi agar tidak terjadi keterlambatan produksi dan
meningkatkan quality control, Gunung Agung sebaiknya melakukan
pengawasan secara intensif dibagian produksi agar tidak terjadi
keterlambatan produksi dan meningkatkan quality control, Berkaitan
dengan produk baru, perusahaan diharapkan mampu untuk
memaksimalkan promosi. Hal ini penting sebab penjualan produk baru
masih mungkin dapat ditingkatkan, dan Perusahaan selalu aktif mengikuti
perkembangan pasar.
2. Dalam upaya meningkatkan volume penjualan tidak hanya melakukan
pengembangan produk saja, melainkan juga memerlukan faktor promosi
yang selalu ditingkatkan. Keterlibatan promosi itu sangat penting dalam
meningkatkan pengembangan produk, tanpa adanya promosi maka suatu
produk tidak akan laku di pasaran. Penulis menyadari masih banyak
kekurangan yang ada pada penulisan skripsi ini, sehingga perlu adanya
penelitian tentang peranan promosi dalam meningkatkan volume
penjualan guna menyempurnakan penelitian yang selanjutnya.
Ketersediaan
SFEBI20190213213/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

213/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top