Strategi Penentuan Harga Pokok Produksi dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Percetakan dan Sablon Aulia Print di Watampone
Satriani/01.13.3073 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang strategi penentuan harga pokok produksi
dalam meningkatkan volume penjualan, studi pada percetakan dan sablon Aulia Print
di Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stategi yang digunakan
percetakan sablon Aulia Print dalam menentukan harga pokok produksi di
Watampone, serta kendala yang dihadapi Aulia Print dalam menentukan harga pokok
produksi.
Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang
digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan
didukung dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam
mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan
menggunakan analisis deskriptif dalam mengetahui strategi penentuan harga pokok
produksi pada percetakan dan sablon Aulia Print di Watampone.
Dari analisis data yang terhimpun oleh peneliti menunjukkan bahwa strategi
penentuan harga pokok produksi pada percetakan sablon Aulia Print yaitu dengan
menggunakan metode Full Costing dengan memperhitungkan semua biaya-biaya
selama proses produksi serta dapat meningkatkan volume penjualan. Dalam
penentuan harga pokok produksi terdapat kendala-kendala yaitu faktor internal
kurangnya permodalan, sumber daya manusia yang masih terbatas serta bahan baku
yang masih terbatas, faktor eksternal yakni iklim usaha yang belum sepenuhnya
kondusif serta terbatasnya sarana dan prasarana dan masih ada produk yang sifatnya
lifetime pendek.
Untuk menghasilkan perhitungan harga pokok produksi yang tepat, sebaiknya
dilakukan identifikasi biaya-biaya yang terjadi dalam proses produksi secara detail
dan akurat. Dengan informasi harga pokok produksi yang benar, maka dapat
digunakan sebagai dasar acuan untuk pengambilan keputusan dalam menentukan
harga jual produk nantinya. Sehingga keputusan dapat diambil dengan tepat dan
dapat mendukung keberhasilan perusahaan dimasa yang akan datang.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi penentuan harga pokok produksi yang dilakukan oleh Aulia
Print dalam menentukan harga yaitu dengan menggunakan metode full
costing, Metode full costing mencakup perhitungan semua sumber
daya yang digunakan oleh percetakan sablon Aulia Print. Perhitungan
dengan metode full costing dapat mencerminkan beberapa biaya yang
sesungguhnya dikorbankan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan
produksinya. Biaya-biaya yang dihitung dalam metode full costing
mencakup semua biaya yang timbul adanya aktivitas proses produksi
adalah biaya pemeliharaan peralatan dan mesin. Perhitungan dengan
metode full costing akan berguna bagi perusahaan karena nilai yang
dihasilkan lebih tepat maupun dalam penetapan harga jual sesuai
dengan besarnya keuntungan yang diinginkan oleh suatu perusahaan.
2. Kendala yang dihadapi oleh Aulia Print dalam menentukan harga
pokok produksi adalah: hal pertama, faktor Internal, yaitu kurangnya
permodalan, sumber daya manusia yang masih terbatas serta bahan
baku yang masih terbatas. Kedua, faktor eksternal, yaitu; iklim usaha yang
belum sepenuhnya kondusif, terbatasnya sarana dan prasarana serta
adanya sifat produk yang lifetime pendek.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat disarankan sebagai berikut;
1. Untuk menghasilkan perhitungan harga pokok produksi yang tepat, sebaiknya
dilakukan identifikasi biaya-biaya yang terjadi dalam proses produksi secara
detail dan akurat. Dengan informasi harga pokok produksi yang benar, maka
dapat digunakan sebagai dasar acuan untuk pengambilan keputusan dalam
menentukan harga jual produk nantinya. Sehingga keputusan dapat diambil
dengan tepat dan dapat mendukung keberhasilan perusahaan dimasa yang
akan datang.
2. Perlu adanya bantuan dana terhadap Aulia Print untuk meningkatkan volume
penjualannya serta iklim usaha yang belum kondusif sehingga mengakibatkan
banyaknya persaingan tidak sehat dilingkungan usaha.
dalam meningkatkan volume penjualan, studi pada percetakan dan sablon Aulia Print
di Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stategi yang digunakan
percetakan sablon Aulia Print dalam menentukan harga pokok produksi di
Watampone, serta kendala yang dihadapi Aulia Print dalam menentukan harga pokok
produksi.
Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang
digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan
didukung dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam
mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan
menggunakan analisis deskriptif dalam mengetahui strategi penentuan harga pokok
produksi pada percetakan dan sablon Aulia Print di Watampone.
Dari analisis data yang terhimpun oleh peneliti menunjukkan bahwa strategi
penentuan harga pokok produksi pada percetakan sablon Aulia Print yaitu dengan
menggunakan metode Full Costing dengan memperhitungkan semua biaya-biaya
selama proses produksi serta dapat meningkatkan volume penjualan. Dalam
penentuan harga pokok produksi terdapat kendala-kendala yaitu faktor internal
kurangnya permodalan, sumber daya manusia yang masih terbatas serta bahan baku
yang masih terbatas, faktor eksternal yakni iklim usaha yang belum sepenuhnya
kondusif serta terbatasnya sarana dan prasarana dan masih ada produk yang sifatnya
lifetime pendek.
Untuk menghasilkan perhitungan harga pokok produksi yang tepat, sebaiknya
dilakukan identifikasi biaya-biaya yang terjadi dalam proses produksi secara detail
dan akurat. Dengan informasi harga pokok produksi yang benar, maka dapat
digunakan sebagai dasar acuan untuk pengambilan keputusan dalam menentukan
harga jual produk nantinya. Sehingga keputusan dapat diambil dengan tepat dan
dapat mendukung keberhasilan perusahaan dimasa yang akan datang.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi penentuan harga pokok produksi yang dilakukan oleh Aulia
Print dalam menentukan harga yaitu dengan menggunakan metode full
costing, Metode full costing mencakup perhitungan semua sumber
daya yang digunakan oleh percetakan sablon Aulia Print. Perhitungan
dengan metode full costing dapat mencerminkan beberapa biaya yang
sesungguhnya dikorbankan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan
produksinya. Biaya-biaya yang dihitung dalam metode full costing
mencakup semua biaya yang timbul adanya aktivitas proses produksi
adalah biaya pemeliharaan peralatan dan mesin. Perhitungan dengan
metode full costing akan berguna bagi perusahaan karena nilai yang
dihasilkan lebih tepat maupun dalam penetapan harga jual sesuai
dengan besarnya keuntungan yang diinginkan oleh suatu perusahaan.
2. Kendala yang dihadapi oleh Aulia Print dalam menentukan harga
pokok produksi adalah: hal pertama, faktor Internal, yaitu kurangnya
permodalan, sumber daya manusia yang masih terbatas serta bahan
baku yang masih terbatas. Kedua, faktor eksternal, yaitu; iklim usaha yang
belum sepenuhnya kondusif, terbatasnya sarana dan prasarana serta
adanya sifat produk yang lifetime pendek.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat disarankan sebagai berikut;
1. Untuk menghasilkan perhitungan harga pokok produksi yang tepat, sebaiknya
dilakukan identifikasi biaya-biaya yang terjadi dalam proses produksi secara
detail dan akurat. Dengan informasi harga pokok produksi yang benar, maka
dapat digunakan sebagai dasar acuan untuk pengambilan keputusan dalam
menentukan harga jual produk nantinya. Sehingga keputusan dapat diambil
dengan tepat dan dapat mendukung keberhasilan perusahaan dimasa yang
akan datang.
2. Perlu adanya bantuan dana terhadap Aulia Print untuk meningkatkan volume
penjualannya serta iklim usaha yang belum kondusif sehingga mengakibatkan
banyaknya persaingan tidak sehat dilingkungan usaha.
Ketersediaan
| SS20170161 | 161/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
161/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
