Strategi Pengelola Lembaga Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Di MI Darul Hikmah Kabupaten Bone
Elpiana/02.12.3112 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Strategi Pengelola Lembaga Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Di MI Darul Hikmah Kabupaten Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui strategi pengelolaan lembaga pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone dan Bagaimana upaya lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Analisis Induktif dan Analisis Deduktif. Kemudian teknik pengolahan data menggunakan reduksi data dan penyajian data, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan penarikan kesimpulan dan verifikasi (Conclusion Drawing).rnBerdasarkan hasil penelitian tentang strategi pengelola lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di MI Darul Hikmah bahwa strategi pengelola lembaga pendidikan yang digunakan kepala MI Darul Hikmah yaitu menjalin kerjasama kepala sekolah dengan orang tua, kemudian komunikasi kepala sekolah dengan orang tua dan keterlibatan kepala sekolah dengan masyarakat. Upayanya yaitu mengikutsertakan orang tua siswa dalam pelaksanaan program sekolah seperti Jumat Beramal, perpisahan, penaikan kelas, memperingati hari besar Islam. Minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kab. Bone yaitu bahwa dengan bergabung dalam sebuah lembaga pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kab. Bone mampu memberikan bekal positif bagi kehidupan di kemudian hari, untuk mengetahui ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu untuk berprestasi karena di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kab. Bone memiliki dua kurikulum yaitu kurikulum umum dan agama.rnA.SimpulanrnBerdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab hasil penilitian, maka dapat dikemukakan beberapa simpulan yaitu sebagai berikut: rn1.Strategi pengelolaan lembaga pendidikan yang digunakan kepala Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kab. Bone yaitu menjalin kerja sama kepala sekolah dengan orang tua, kemudian komunikasi kepala sekolah dengan orang dan keterlibatan kepala sekolah dengan masyarakat/orang tua siswarn2.Upaya lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat kepala Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kab. Bone beserta para dewan gurunya, diantara upaya yang dilakukan adalah memberikan Informasi (sosialisasi) kepada masyarakat/orang tua sangat penting agar upaya yang dilakukan dalam meningkatkan minat masyarakat adalah mengikutsertakan orang tua siswa dalam pelaksanaan program sekolah seperti Jumat Beramal, perpisahan, penaikan kelas, memperingati hari besar Islam. Minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kab. Bone yaitu bahwa dekat dari tempat tinggal mereka kemudian sekolah tersebut memiliki akreditasi A dengan bergabung dalam sebuah lembaga pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kab. Bone akan mampu memberikan bekal positif bagi kehidupan di kemudian hari untuk mengetahui ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu untuk berprestasi karena di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kab. Bone memiliki dua kurikulum yaitu kurikulum umum dan agama. rnB.SaranrnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah:rn1.Diharapkan kepada Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kab. Bone lebih memperbaiki strategi pengelolaan lembaga pendidikan agar lembaga tersebut lebih baik.rn2.Setelah penulisan skripsi ini diharapkan kepada kepala Madrasah, guru, komite sekolah dan masyarakat/orang tua siswa agar tercipta kerja sama yang baik dan tercipta sinergitas dalam keberhasilan madrasah.rnrn
Ketersediaan
| ST20160109 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
109/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
