Efektifitas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru(StudiSD Inpres 5/81 Pattiro Sompe Kec.Sibulue Kab.Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Efektifitas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru. (Studi SD Inpres 5/81 Pattiro Sompe Kec.Sibulue Kab.Bone)”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah di SD Inpres 5/81 Pattiro Sompe Kec.Sibulue Kab.Bone Efektifitas gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dalam memotivasi kerja guru SD Inpres 5/81 Pattiro Sompe Kec.Sibulue Kab.Bone.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas dengan jenis penelitian kualitatif digunakan metode penelitian lapangan (Field Reserch) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang di peroleh dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data penyajian data, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan penarikan kesimpulan dan verifikasi (Conclusin Drowing).rnBerdasarkan hasi penelitian tentang Efektifitas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru SD Inpres 5/81 Pattiro Sompe Kec.Sibulue Kab.Bone, bahwa dengan adanya gaya kepemimpinan kepala sekolah yang baik dalam meningkatkan motivasi kerja guru maka kepala sekolah mampu melahirkan perubahan, baik perubahan pemikiran, sikap maupun perilaku sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru SD Inpres 5/81 Pattiro Sompe kecamatan Sibulue kabupaten Bone adalah gaya kepemimpina demokratis karena dapat dilihat bahwa dalam melakukan sesuatu maka guru selalu berpartisipasi dan kepala sekolah transparansi dalam melakukan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan.rnGuru juga mempunyai motivasi yang tidak sama dalam bekerja, sehingga kepala sekolah harus senantiasa melakukan tindakan kepemimpinan yang efektif untuk meningkatkan motivasi kerja guru. Cara yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yang ada SD Inpres 5/81 Pattiro Sompe ialah kepala sekolah menjalin hubungan baik dengan para guru, adanya pengakuan dari kepala sekolah, kepala sekolah selalu terbuka, kepala sekolah juga selalu memberikan kebijakan kepada guru apabila ada hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan sekolah, adil dalam berperilaku dan pemberian gaji secara berkala dan adanya gaji tunjangan yang diberikan oleh guru.rn SimpulanrnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah di lakukan yaitu:rn1.Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah di SD Inpres 5/81 Pattiro Sompe kecamatan Sibulue kabupaten Bone merupakan gaya kepemimpina demokratis karena dapat dilihat bahwa dalam melakukan sesuatu maka guru selalu berpartisipasi dan kepala sekolah transparansi dalam melakukan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan. rn2.Cara yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yang ada di SD Inpres 5/81 Pattiro Sompe ialah kepala sekolah menjalin hubungan baik dengan para guru, adanya pengakuan dari kepala sekolah, kepala sekolah selalu terbuka, kepala sekolah juga selalu memberikan kebijakan kepada guru apabila ada hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan sekolah, adil dalam berperilaku dan pemberian gaji secara berkala dan adanya gaji tunjangan yang diberikan oleh guru. Dari cara itulah kepala sekolah mampu meningkatkan motivasi kerja guru di SD Inpres 5/81 Pattiro Sompe kecamatan Sibulue kabupaten Bone.rnB. Saranrn1. Sebagai kepala sekolah hendaknya mampu membina hubungan komunikasi dengan bawahannya (guru) karena komunikasi yang baik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi kerja guru.rn2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada semua pihak (kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf, komite sekolah dan siswa/siswi) agar tercipta kerja sama yang baik dalam meningkatkan mutu pendidikan dan juga mutu pembelajaran.rn3. Gaya kepemimpinan yang dipakai oleh kepala sekolah harus menyesuaikan dengan kondisi guru sehingga efektifitas dan efisiensi kepemimpinan dapat berjalan dengan baik. Kondisi yang seperti itu harus tetap dipertahankan bahkan harus ditingkatkan lagi. Sehingga tujuan kegiatan di sekolah dapat tercapai dengan baik dan kemudian lebih maju serta dapat bersaing dengan sekolah yang lebih maju. Mengingat pentingnya peranan guru disekolah hendaknya dengan penuh kesadaran mau dan mampu meningkatkan motivasi kerjanya.rn4. Kepala sekolah diharapkan dapat memimpin sekolah dengan baik sebagai pacuan untuk memajukan sekolah dan untuk menciptakan sekolah efektif nan unggulan. kepala Sekolah mampu mengendalikan bawahannya (guru) dan meningkatkan motivasi kerja guru. Pada intinya kepala sekolah mampu berperan sebagai pemimpin yang disegani dan disenangi banyak kalangan.rn
Ketersediaan
ST20160113Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

113/2016

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top