Penerapan Pendekatan Diagnostik dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cenrana
Mustang/02.12.1142 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pendekatan Diagnostik dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cenrana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pendekatan Diagnostik dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cenrana.rnPenelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang menjadi sumber data dalam penelitian ini ialah dua orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan satu orang guru Bimbingan Konseling (BK). Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, dokumentasi dan wawancara langsung kepada guru PAI dan guru BK yang terkait dengan penerapan pendekatan diagnostik dan masalah kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI.rnHasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan bahwa Penerapan Pendekatan Diagnostik merupakan suatu langkah yang efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Cenrana. Masalah kesulitan belajar yang dihadapi siswa dalam mata pelajaran PAI seperti kesulitan membaca ayat al-Qur’an, menulis, menghafal dan memahami materi yang diajarkan guru. Adapun langkah-langkah penerapan pendekatan diagnostik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI meliputi observasi, identifikasi, pengumpulan data, penentuan alternatif dan tindak pemecahan masalah kesulitan belajar siswa. Penerapan pendekatan diagnostik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI sangat membantu guru dalam memecahkan masalah kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI.rnPenerapan pendekatan diagnostik yang dilakukan guru PAI dianggap berhasil karena, siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dalam proses pembelajaran misalnya prestasi hasil belajar siswa meningkat, kehadiran siswa meningkat, kedisiplinan, perubahah sikap yang lebih baik kepada guru dan temannya, dan siswa memiliki motivasi dan minat belajar PAI. Prestasi yang diraih siswa dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari usaha guru PAI serta kerja sama guru-guru SMA Negeri 1 Cenrana dalam membimbing, mengarahkan dan mendidik siswa sehingga dapat prestasi yang baik dalam proses pembelajaran.rnA. SimpulanrnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:rn1. Penerapan pendekatan diagnostik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 1 Cenrana merupakan suatu langkah yang efektif yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun langkah-langkah penerapan pendekatan diagnostik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cenrana yang meliputi observasi, menandai siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar, melakukan wawancara kepada siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar, menentukan alternatif pemecahan masalah yang dihadapi siswa dan melakukan tindak pemecahan masalah kesulitan belajar yang dihadapi siswa.rn2. Kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cenrana sangat beragam, hal tersebut dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat yang ada disekitar tempat tinggal siswa, lingkungan keluarga yang kurang perhatian dan pengawasan terhadap pendidikan anaknya dan kurangnya minat serta motivasi siswa untuk belajar Pendidikan Agama Islam. Adapun bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ialah kesulitan dalam membaca ayat al-Qur’an yang baik dan benar, kesulitan dalam menghafal (surah-surah pendek, bacaan shalat serta doanya), kesulitan memahami kandungan ayat al-Qur’an, sulit memahami materi yang diajarkan guru dan kesulitan menyampaikan secara langsung apa yang mereka ketahui. Alternatif pemecahan masalah yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cenrana ialah menginformasikan kepada orang tua siswa bahwa anaknya mengalami masalah kesulitan belajar, melakukan evaluasi dalam proses pembelajaran, memberikan bimbingan dan arahan serta motivasi kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar.rn3. Kontribusi penerapan pendekatan diagnostik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cenrana telah membawa perubahan ke arah yang posistif terhadap perkembangan belajar siswa. Masalah kesulitan belajar siswa dapat diatasi dengan optimal oleh guru Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa, rajin mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan siswa memiliki minat dan motivasi untuk belajar Pendidikan Agama Islam.rnB. SaranrnBerdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis menyarankan:rn1. Bagi guru Pendidikan Agama Islam agar menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.rn2. Bagi orang tua siswa agar lebih memperhatikan pendidikan anaknya dengan berusaha menciptakan situasi dan kondisi rumah yang memberikan ransangan yang positif dalam mengembangkan minat dan motivasi belajar anaknya di rumah.rn3. Bagi siswa agar rajin dan serius untuk belajar Pendidikan Agama Islam karena pelajaran tersebut sangatlah penting untuk masa depan mereka.
Ketersediaan
| ST20160118 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
118/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
