Perancangan Peningkatan Kepuasan Pengguna Smartphone dengan menggunakan Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus Oppo Service Center Bone)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perancangan peningkatan kepuasan
pengguna smartphone dengan menggunakn metode Quality Function Deployment
(QFD) dan untuk mengetahui pelayanan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data
yang dibutuhkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan melalui metode-metode tersebut
dianalisis dengan menggunakan teknik pengujian data yaitu triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode QFD dengan Menggunakan
aplikasi HOQ (House Of Quality), dapat dijadikan suatu alat bantu dalam mengetahui
dan memahami keinginan Pelanggan, dan dapat dijadikan sebagai alat pemberi
informasi dalam mengidentifikasi barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan
pelanggan. Berdasarkan hasil House Of Quality (HOQ) dengan menggunakan
indicator dari Voice of Customer, Technical Responses, Customer Rating, Technical
Priotitas,& Technical Prioritas, Benchmarking and Targets, memperlihatkan
gambaran yang menyatakan bahwa kepuasan merupakan hal yang utama bagi sebuah
perusahaan dalam hal ini Oppo Service Center Bone. Sedangkan Dengan Tingkat
kepuasan pelanggan Oppo Service Center Bone berdasarkan hasil pengolahan
wawancara yang diberikan kepada pihak Oppo sebagai narasumber diperoleh hasil
bahwa secara keseluruhan (Mayoritas) kepuasaan pelanggan Oppo Servis Center
Bone dinyatakan Sangat Baik. Indikator-indikator yang menjadi penilain dalam
pengukuran tingkat kepuasan pelanggan antara lain; Voice of Customer, Technical
Responses, Customer Rating, Technical Priotitas,& Technical Prioritas,
Benchmarking and Targets.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1. Metode QFD dengan Menggunakan aplikasi HOQ (House Of Quality), dapat
dijadikan suatu alat bantu dalam mengetahui dan memahami keinginan
Pelanggan, dan dapat dijadikan sebagai alat pemberi informasi dalam
mengidentifikasi barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Berdasarkan hasil House Of Quality (HOQ) dengan menggunakan indicator
dari Voice of Customer, Technical Responses, Customer Rating, Technical
Priotitas,& Technical Prioritas, Benchmarking and Targets, memperlihatkan
gambaran yang menyatakan bahwa kepuasan merupakan hal yang utama bagi
sebuah perusahaan dalam hal ini Oppo Service Center Bone.
2. Dengan Tingkat kepuasan pelanggan Oppo Service Center Bone berdasarkan
hasil pengolahan wawancara yang diberikan kepada pihak Oppo sebagai
narasumber diperoleh hasil bahwa secara keseluruhan (Mayoritas) kepuasaan
pelanggan Oppo Servis Center Bone dinyatakan Sangat Baik. Indikator-
indikator yang menjadi penilain dalam pengukuran tingkat kepuasan
pelanggan antara lain; Voice of Customer, Technical Responses, Customer
Rating, Technical Priotitas,& Technical Prioritas, Benchmarking and
Targets.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian, pembahasan dan merumuskan kesimpulan dari
penelitian, maka penulis memberikan beberapa saran yang berkaitan dengan
penelitian yang telah dilakukan untuk dijadikan masukan dan pertimbangan yang
berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan, antara lain:
1. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah HOQ (House Of
Quality) yang merupakan QFD (Quality Function Deployment). Alangkah
baiknya bila perusahaan dalam meningkatkan kualitas pelayananya
menggunakan semua tahapan yang ada pada QFD. Atau dengan menambah
karyawan agar pelayanan yang diberikan maksimal dan tidak mengulur
banyak waktu untuk pengerjaannya.
2. Dalam usaha meningkatkan kepuasan pengguna smartphone Oppo,
perusahaan disarankan menggunakan metode QFD yang dapat
dikembangkan lagi dengan menggunakan metode perbaikan lainya. Atau
dengan kata lain memperbaiki metode yang telah digunakan sebelumnya.
Ketersediaan
SS2019004545/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

45/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Syariah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top