Penerapan Total Quality Management terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMAN 1 Mare
IDRUS APANDI/02.11.3076 - Personal Name
Skripsi ini membahas “Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Mare”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konsep Total Quality Management (TQM) terhadap peningkatan mutu di SMA Negeri 1 Mare dan mengetahui mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Mare. Masalah pokok pada penelitian ini adalah penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Mare yang kemudian dirumuskan dalam dua sub masalah, yaitu; Bagaimana penerapan Total Quality Management (TQM) di SMA Negeri 1 Mare?, Bagaimana mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Mare?rnPenelitian ini merupakan penelian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk proses analisis data digunakan metode induktif dan metode deduktif. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan normatif, pendekatan sosiologis, dan pendekatan pedagogig. Untuk sumber data penelitian yaitu, literatur tentang pendidikan dalam bentuk buku-buku dan fakta sosial yang terjadi di lapangan baik dalam bentuk dokumentasi maupun dalam bentuk keterangan atau penjelasan dari informan.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep Total Quality Management (TQM) yang diterapkan di SMA Negeri 1 Mare pada prinsipnya mengacu pada konsep kepemimpinan yang berusaha mempengaruhi, menggerakkan dan mengarahkan sumber daya manusia untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengacu pada visi, misi, dan tujuan sekolah, guna penyelenggaraan mutu pendidikan nasional. rnBerdasarkan hasil penelitian tersebut, beberapa saran kepada pihak yang berkompeten demi peningkatan mutu pendidikan selanjutnya. Melalui penerapan Total Quality Management (TQM) diharapkan agar dapat meningkatkan mutu pendidikan pada sebuah lembaga pendidikan/organisasi. Maka dari itu Total Quality Management (TQM) harus menjadi fokus perhatian bagi setiap stakeholder. Bagi lembaga, khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Mare diharapkan agar dapat menerapkan konsep prinsip Total Quality Management (TQM) sehingga menghasilkan out put yang memberikan pengaruh yang signifikan kepada masyarakat kecamatan Mare, Bangsa, dan Negara.rnA.SimpulanrnBerdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di Sekolah SMA Negeri 1 Mare, maka gambaran tentang Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah SMA Negeri 1 Mare, peneliti akan kemukakan simpulan sebagai berikut:rn1.Penerapan TQM yang diterapkan di SMA Negeri 1 Mare pada prinsipnya mengacu pada konsep kepemimpinan yang berusaha mempengaruhi, menggerakkan dan mengarahkan sumber daya manusia untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, konsep dan prinsip penerapan TQM di SMA Negeri 1 Mare menggunakan segenap stakeholder yang tersedia dan secara bersama-sama berbuat dan bergerak untuk mewujudkan tujuan lembaga, tentunya sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan dalam Standar Operasinal Prosedur (SOP) yang mengacu pada visi, misi, dan tujuan sekolah. Dengan demikian, prinsip kerjasama, proses, efektif, efesiensi, profesionalisme, pembagian kerja, tarnsparansi, dan akuntabilitas adalah hal yang selalu menyertai dan tak terpisahkan dari seluruh usaha-usaha pendidikan di SMA Negeri 1 Mare.rn2.Mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Mare dipandang sudah cukup memadai sesuai dengan standar mutu pendidikan nasional, yaitu pada PP RI No. 19 Tahun 2005 dan PP RI No. 32 Tahun 2013 tentang standar nasional pada BAB II lingkup, fungsi, dan tujuan pendidikan nasional. Mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Mare mengacu pada keunggulan mutu sumberdaya manusia bagi penyelenggaraan pendidikan nasional. Tenaga kependidikan dan tenaga penunjang terdiri atas guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling (BK), tenaga administrasi (TU), laboran, dan pustakawan.rnB.Saranrnberdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat beberapa saran kepada pihak yang berkompeten demi peningkatan mutu pendidikan selanjutnya.rn1.Melalui penerapan Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu (MMT), diharapkan agar dapat meningkatkan mutu pendidikan pada sebuah lembaga pendidikan/organisasi. Maka dari itu Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu (MMT) harus menjadi fokus perhatian bagi setiap stakeholder. rn2.Bagi lembaga pendidikan/organisasi, khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Mare diharapkan agar dapat menerapkan konsep prinsip Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu (MMT) sehingga menghasilkan out put yang memberikan pengaruh yang signifikan kepada masyarakat kecamatan Mare, bangsa, dan negara. rnrnrn
Ketersediaan
| ST20150225/2015 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
225/2015
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
