Penerapan Teknik Supervisi Kelompok Oleh Kepala Madrasah Dalam Rangka Meningkatkan Profesionalisme Guru di MAN 1 Watampone
Sabaruddin/02.12.3008 - Personal Name
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui mekanisme pelaksanaanrnsupervisi kelompok yang dilaksanakan oleh kepala madrasah sehingga mampurnberdampak kepada guru dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru di MAN 1rnWatampone. Supervisi kelompok yang dimaksudkan adalah suatu aktifitas pembinaanrnyang direncanakan untuk membantu dalam melakukan pekerjaan guru secara efektifrnsedangkan profesionalisme guru yang dimaksudkan dalam penelitian mencangkuprnkompetensi pedagogik, kepribadian, profesional serta sosial.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metodernpenelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lainrnwawancara, dokumentasi, observasi dengan menggunakan pendekatan sosiologis,rnpedagogik, psikologis, serta manajemen. Data yang diperoleh dianalisis denganrnmenggunakan metode induktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknikrnanalisis kualitatif.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pelaksanaan kegiatanrnsupervisi kelompok yang dilaksanakan oleh kepala madrasah di MAN 1 Watamponerndimulai tahap perencaaan, membahas indikator atau kriteria yang dibahas secararnbersama, pelaksanaan supervisi kelompok dengan membuat rancangan sertarnpenggunaan metode yang baik sehingga mampu menyampaikan materi sesuai tujuanrnyang diinginkan meningkatkan proses pembelajaran serta evaluasi yang dilakukanrnoleh kepala madrasah maupun guru-guru dalam rangka meningkatkanrnprofesionalisme di madrasah tersebut.rnDampak pelaksanaan supervisi kelompok dalam meningkatkanrnprofesionalisme di MAN 1 Watampone adalah mampu memahami wawasanrnkependidikan dengan baik, memperhatikan karakteristik peserta didik sehinggarnmampu memahami perkembangan, serta kemampuan dalam menjalin silaturahmirndengan guru maupun peserta didik dengan baik.rnA. SimpulanrnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapatrnmengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:rn1. Mekanisme pelaksanaan kegiatan supervisi kelompok yang dilaksanakan olehrnkepala madrasah di MAN 1 Watampone dimulai tahap perencaaan, membahasrnindikator atau kriteria yang dibahas secara bersama, pelaksanaan supervisirnkelompok dengan membuat rancangan serta penggunaan metode yang baikrnsehingga mampu menyampaikan materi sesuai tujuan yang diinginkanrnmeningkatkan proses pembelajaran serta evaluasi yang dilakukan oleh kepalarnmadrasah maupun guru-guru dalam meningkatkan profesionalisme di madrasahrntersebut.rn2. Dampak pelaksanaan supervisi kelompok dalam meningkatkan profesionalismerndi MAN 1 Watampone adalah mampu memahami wawasan kependidikanrndengan baik, memperhatikan peserta didik dengan memperhatikanrnperkembangan peserta didik, serta kemampuan dalam menjalin silaturahmirndengan guru maupun peserta didik.rnB. SaranrnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akanrndiuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalamrnpembahasan skiripsi ini adalah sebagai berikut:rn1. Kepada para kepala madarash atau kepala sekolah sebaiknyabenar-benarrnmelaksanakan supervisi kelompok dengan baik demi tercapainya tujuanrnpendidikan di sekolah maupun tujuan pendidikan nasional.rn2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusirnkepada semua pihak (kepala madrasah/ sekolah) agar tercipta senergi yangrnbaik sehingga terciptanya pembelajaran yang berkualitas.
Ketersediaan
| ST20160130 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
130/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
