Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Kepuasan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Awangpone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang keterampilan mengajar guru dengan kepuasan belajar siswa di SMP Negeri 2 Awangpone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru, kepuasan belajar siswa, dan pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan belajar siswa di SMP Negeri 2 Awangpone.rnUntuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang keterampilan mengajar guru, kepuasan belajar siswa, dan pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan belajar siswa di SMP Negeri 2 Awangpone. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.rnHasil penelitian ini menunjukkan keterampilan mengajar guru di SMP Negeri 2 Awangpone adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 60 responden keterampilan mengajar guru. Rata-rata dari jawaban responden adalah 83,4. Angka 83,4 berada pada kategori baik (83 – 87), sedangkan kepuasan belajar siswa di SMP Negeri 2 Awangpone adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 60 responden mengenai kepuasan belajar siswa. Rata-rata jawaban responden adalah 78,32. Angka 78,32 berada pada kategori baik (77 – 82).rnBerdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 14,62367 > Ftabel sebesar 4,0069, serta uji Thitung sebesar 3,851 > Ttabel sebesar 2,0017. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan belajar siswa di SMP Negeri 2 Awangpone.rnA.SimpulanrnBerdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:rn1.Keterampilan mengajar guru di SMP Negeri 2 Awangpone baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 83,4. Angka 83,4 berada pada kategori baik, yaitu terletak pada interval antara 83-87. rn2.Kepuasan belajar siswa di SMP Negeri 2 Awangpone baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 78,32. Angka 78,32 berada pada kategori baik, yaitu terletak pada interval antara 77-82.rn3.Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan mengajar guru (variabel X) terhadap kepuasan belajar siswa (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua variabel sebesar 0,45. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,45, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang nilainya terletak antara 0,40 – 0,70 yang termasuk dalam kategori sedang atau cukup. Kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 14,62367 > Ftabel sebesar 4,0069, serta uji Thitung sebesar 3,851 > Ttabel sebesar 2,0017. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan belajar siswa di SMP Negeri 2 Awangpone.rnB.ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di SMP Negeri 2 Awangpone. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:rn1.Untuk mencapai mutu pendidikan yang optimal, pihak sekolah khususnya pendidik hendaknya lebih mengembangkan dan meningkatkan kualitas mengajarnya karena dengan meningkatkan keterampilan mengajar guru, minat belajar siswa dan daya serap siswa dapat meningkat atau memuaskan.rn2.Sembilan keterampilan guru yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan menggunakan media pembelajaran, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengadakan variasi, dan keterampilan mengajar perorangan dan kelompok kecil hendaknya diimplementasikan oleh para guru dengan baik sehingga tidak terkesan hanya tahu teorinya saja, tetapi juga harus maksimal dalam pengamalannya, khususnya di sekolah.rn3.Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan keterampilan mengajar guru dan kepuasan belajar siswa.rnrnrn
Ketersediaan
ST20170037Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

37/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top