Pola Pemberdayaan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pegawai Tata Usaha SMA Negeri 15 Kab. Bone
Sartika Ismail/02.13.3219 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk membahas pola pemberdayaan kepala sekolah dan peranannya dalam meningkatkan kemampuan pegawai tata usaha SMA Negeri 15 Kab. Adapun permasalahan yang dibahas daam makalah ini adalah 1) bagaimana pola pemberdayaan kepala sekolah terhadap pegawai tata usaha SMA Negeri 15 Bone melalui pengembangan kompetensi?, dan 2) bagaimana pola pemberdayaan kepala sekolah terhadap pegawai tata usaha SMA Negeri 15 Bone melalui pengembangan pemberian wewenang dan tanggung jawab?, serta 3) bagaimana pola pemberdayaan kepala sekolah terhadap pegawai tata usaha SMA Negeri 15 Bone melalui pelibatan pengambilan keputusan?.rnMasalah ini diteliti dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan paedagogis, sosiologis, dan manajerial dalam mengolah data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif rnHasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SMA Negeri 15 Bone menerapkan pola pemberdayaan pegawai melalui 3 (tiga) bentuk, yakni 1) melalui pengembangan kompetensi, 2) pemberian wewenang dan tanggung jawab, serta 3) melibatkan pegawai tata usaha dalam pengambilan keputusan. Selain itu, berbagai pola pemberdayaan pegawai tersebut memiliki peran dalam meningkatkan kemampuan, baik berupa kompetensi kepribadian, teknis, sosial, maupun manajerial pegawai tata usaha SMA Negeri 15. Bone.rnDengan demikian, pemberdayaan pegawai dianggap perlu diterapkan dengan menggunakan berbagai pola, diantaranya melalui 1) pengembangan kompetensi, 2) pemberian wewenang dan tanggung jawab, serta 3) melibatkan pegawai tata usaha dalam pengambilan keputusan. Hal tersebut dikarenakan penerapan pola pemberdaayaan secara kualiitatif dapat meningkat kemampuan pegawai tata usaha, baik berupa peningkatan kompetensi kepribadian, teknis, sosial, maupun manajerial pegawai tata usaha.rnA.KesimpulanrnBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya maka dapat dirumuskan beberapa kesimpulan sebagai berikut:rn1.Pola pemberdayaan kepala sekolah terhadap pegawai tata usaha SMA Negeri 15 Kab. Bone melalui pengembangan kompetensi dilakukan dengan cara mengembangkan kemampuan soft skill dan hard skill pegawai. Pengembangan kedua kompetensi ini dilakukan dengan mengikutsertakan pegawai pada kegiatan mengikuti pelatihan dan pemberian motivasi.rn2.Pola pemberdayaan kepala sekolah terhadap pegawai tata usaha SMA Negeri 15 Kab. Bone melalui Pemberian wewenang dan tanggung jawab dilakukan dengan cara membagikan deskripsi yang jelas kepada masing-masing pegawai.rn3.Pola pemberdayaan kepala sekolah terhadap pegawai tata usaha SMA Negeri 15 Kab. Bone melalui pelibatan dalam pengambilan keputusan dilakukan dengan melibatka pegawai dalam rapat serta senantiasa berusaha mengakomodir segala pendapat, saran, dan kritik yang konstruktif.rn4.Ketiga pola pemberdayaan kepala sekolah terhadap pegawai tata usaha SMAN 15 Kab. Bone berperan dalam meningkatkan kemampuan pegawai baik berupa kompetensi kepribadian, sosial, teknis, maupun manajerial.rnB.SaranrnBerdasarkan kesimpulan di atas maka dapat dirumuskan beberapa saran sebagai berikut:rn1.Bagi pihak sekolah yang ada di Kabupaten Bone agar senantiasa lebih memberdayakan pegawai dengan pola yang lebih variatif agar dapat lebih meningkatkan kemampuan pegawai tata usaha di sekolah.rn2.Bagi pihak pegawai tata usaha agar senantiasa lebih mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki demi mewujudkan tata kelola dan layanan administrasi yang semakin berkualitas.rn3.Bagi pihak kampus STAIN Watampone, khususya perpustakan agar lebih banyak menyediakan referensi yang terkait dengan ilmu manajemen dan perilaku organisasi. Khususnya yang berkaitan langusng dengan pemberdayaan dan kemampuan pegawai tata usaha sekolah/madrasah.rn4.Bagi mahasiswa agar dapat lebih banyak mengkaji tentang ilmu manajemen pendidikan Islam. Khususnya yang terkait dengan ilmu manajemen dan perilaku organisasi.rn5.Bagi masyarakat umum dan peneliti agar dapat melakukan penelitian lanjutan terkait dengan pemberdayaan dan kemampuan pegawai. rnrnrnrn
Ketersediaan
| ST20170039 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
39/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
