Urgensi Media Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 214 Watu Kec. Barebbo Kab. Bone
Nurwakia/02.13.1027 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Urgensi Media Visual dalam MeningkatkanrnMotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 214 Watu Kec. BarebbornKab. Bone. Pokok permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah penggunaanrnmedia visual bagi guru PAI, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, danrnimplikasi media visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada matarnpelajaran PAI.rnAdapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan mediarnvisual bagi guru PAI, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dan implikasirnmedia visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.rnPenelitian ini termasuk penelitian jenis deskriptif kualitatif yang menghasilkanrndata secara deskriptif yang berupa fakta-fatka tertulis maupun lisan, denganrnmenggunakan pendekatan paedagogis dan psikologis. Dan pengumpulan data melaluirnfield research yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.rnKemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.rnPenggunaan media visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa padarnmata pelajaran PAI di SDN 214 Watu. Dapat dikatakan bahwa keberadaan mediarndalam proses belajar mengajar sangat penting sekali, karena adakalanya guru di kelasrnsulit menghadapi siswa yang malas, bosan, jenuh, dan lain-lain. Keadaan seperti inirntidak bisa dibiarkan begitu saja karena ini dapat mengurangi motivasi siswa ketikarnproses belajar mengajar berlangsung. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalahrntersebut diperlukan suatu dorongan dan rangsangan agar siswa memiliki kemauanrnuntuk belajar. Untuk itu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 214rnWatu ini menggunakan media pembelajaran sebagai salah satu alternatif untukrnmembangkitkan motivasi belajar siswa di dalam kelas. Dalam proses belajarrnmengajar, penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaranrnyang disampaikan akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang berujungrnpada meningkatkan prestasi belajar siswa. Kesesuaian media media pembelajaran,rnkhususnya media pembelajaran visual, dengan materi pembelajaran akanrnmemudahkan penggunaan media pembelajaran tersebut.rnMotivasi belajar sangat mempengaruhi siswa saat proses pembelajaranrnberlangsung, dan itu dipengaruhi oleh guru. Karena guru harus mampu memberikanrnmotivasi kepada siswa dengan menggunakan alat peraga yaitu dengan menggunakanrnmedia pembelajaran visual, agar siswa termotivasi dalam proses pembelajaranrnPendidikan Agama Islam. Dengan begitu siswa memiliki dorongan atau semangatrndalam proses belajar mengajar.rnImplikasi media visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sangatlahrnpenting. Karena dengan adanya media pembelajaran siswa memiliki dorongan ataurnsemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dan saat proses pembelajaranrnberlangsung siswa memiliki rasa ingi tahu, sehingga siswa tertarik akan materirnpelajaran yang disampaikan oleh guru.rnA. SimpulanrnBerdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalamrnbab III mengenai urgensi media visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswarnpada mata pelajaran PAI di SDN 214 Watu Kec. Barebbo Kab. Bone, maka dapatrndisimpulkan sebagai berikut:rn1. Penggunaan media visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa padarnmata pelajaran PAI di SDN 214 Watu. Dapat dikatakan bahwa keberadaanrnmedia dalam proses belajar mengajar sangat penting sekali, karena adakalanyarnguru di kelas sulit menghadapi siswa yang malas, bosan, jenuh, dan lain-lain.rnKeadaan seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena ini dapat mengurangirnmotivasi siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Oleh karena itu,rnuntuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu dorongan dan rangsanganrnagar siswa memiliki kemauan untuk belajar. Untuk itu guru mata pelajaranrnPendidikan Agama Islam di SDN 214 Watu ini menggunakan mediarnpembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk membangkitkan motivasirnbelajar siswa di dalam kelas. Dalam proses belajar mengajar, penggunaanrnmedia pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikanrnakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang berujung padarnmeningkatkan prestasi belajar siswa. Kesesuaian media media pembelajaran,rnkhususnya media pembelajaran visual, dengan materi pembelajaran akanrnmemudahkan penggunaan media pembelajaran tersebut.rn61rn62rn2. Motivasi belajar sangat mempengaruhi siswa saat proses pembelajaranrnberlangsung, dan itu dipengaruhi oleh guru. Karena guru harus mampurnmemberikan motivasi kepada siswa dengan menggunakan alat peraga yaiturndengan menggunakan media pembelajaran visual, agar siswa termotivasi dalamrnproses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan begitu siswa memilikirndorongan atau semangat dalam proses belajar mengajar.rn3. Implikasi media visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sangatlahrnpenting. Karena dengan adanya media pembelajaran siswa memiliki doronganrnatau semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dan saat prosesrnpembelajaran berlangsung siswa memiliki rasa ingi tahu, sehingga siswarntertarik akan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.rnB. ImplikasirnSetelah diuraikan simpulan, maka peneliti memberikan beberapa impikasirnbaik untuk SDN 214 Watu Kec. Barebbo Kab. Bone maupun pihak yang terkait.rnAdapun implikasi dari penelitian ini adalah:rn1. Bagi SDN 214 WaturnHendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk lebihrnmemperhatikan tentang keadaan saran dan prasarana pembelajaran yang ada.rnSehingga meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Dan lebihrnmemperhatikan tentang pentinya media pembelajaran visual dalam kegiatanrnbelajar mengajar. Agar dapat memotivasi siswa untuk lebih bersemangat dalamrnmengikuti kegiatan belajar mengajar.rn2. Bagi gururnPenggunaan media pembelajaran visual yang sesuai dengan materirnpembelajaran adalah upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasirnsiswa. Sebagai seorang panutan bagi para siswa, guru hendaknya bisa memberikanrnmotivasi lebih kepada siswa sehingga proses pembelajaran bisa tercapai secararnmaksimal dan para siswa mempunyai semangat belajar yang tinggi.rn3. Kepada SiswarnKepada para siswa hendaknya lebih meningkatkan semangat belajar,rnkhususnya tentang Pendidikan Agama Islam. Hal ini untuk mempertahankan nilainilairnakhlak dan moral yang sudah ada pada diri siswa. Apabila pada saat inirnperkembangan perilaku atau akhlak siswa bisa dipacu dengan baik, makarnperkembangan akhlak dimasa yang akan dating bisa dipertahankan.
Ketersediaan
| ST20170041 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
41/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
