Pengaruh Hijab Terhadap Perilaku Muslimah dalam Perspektif Pendidikan Islam (Studi pada SMANegeri 3 Watampone)
Evi Nasriyanti/02. 11.1063 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Hijab Terhadap Perilaku Muslimah Terhadap Perilaku Muslimah dalam perspektif Pendidikan Islam (Studi pada SMA Negeri 3 Watampone), yang bertujuan untuk mengetahui penerapankewajiban berhijab, kontribusi kewajiban berhijab dan pandangan pendidikan Islam terhadap kewajiban berhijab di SMA Negeri 3 Watampone.rnPenelitian ini dilakukan dengan dua metode pengumpulan data yaitu metode library research melalui karya ilmiah seperti skripsi, buku-buku, majalah, maupun karya ilmiah lainnya dan field research melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data, digunakan metode kualitatif deskriptif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data. Data yang telah direduksi akan disajikan dalam bentuk narasi kemudian ditarik sebuah kesimpulan.rnBerdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapankewajibanberhijabdi SMANegeri 3 Watampone yaitu tidak ada penekanan dari pihak sekolah di dalam berhijab, melainkan sesuai dengan aturan pemerintah yang disampaikan secara lisan atau himbauan yang harus dipatuhi sebagai wujud di dalam mematuhi aturan yang berlaku. Serta terlaksana dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar dan juga dalam kegiatan ekstrakurikuler dan dengan kesadaran dari masing-masing individu tanpa paksaan dari pihak manapun.rnKontribusi kewajiban berhijab di SMA Negeri 3 Watampone, dapat disimpulkan bahwa dengan berhijab dapat mempengaruhi jiwa atau perilaku seorang wanita sehingga dapat membentuk budi pekerti yang luhur.Penerapan kewajiban berhijab ini juga membawa dampak positif, yaitu sisiwi menjadi terbiasa memakai hijab dan tidak merasa terpaksa lagi. Dan dengan sendirinya dia sadar, dengan berhijab dia bisa menjaga perilakunya masing-masing. Serta berhijab bukan hanya wajib tetapi dapat melindungi tubuh dari segala yang membahayakan terutama dapat menjaga diri kita dari fitnah.rnA. SimpulanrnBerdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam bab IV mengenai penerapan kewajiban berhijab, kontribusi kewajiban berhijab terhadap perilaku muslimah dan pandangan pendidikan Islam terhadap perilaku muslimah di SMA Negeri 3 Watampone maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:rn1.Respon siswa terhadap penerapan kewajiban berhijab yang dilakukan oleh guru di SMA Negeri 3 Watampone yaitu: penerapankewajibanberhijab ini membawa dampak positif, yaitu sisiwi menjadi terbiasa memakai hijab dan tidak merasa terpaksa lagi. Dan dengan sendirinya dia sadar, dengan berhijab dia bisa menjaga perilakunya masing-masing. Namun ada juga yang merasa biasa karena telah terbiasa, dan dengan adanya penerapan kewajiban berhijab di sekolah bisa membuat siswi-siswinya terbiasa memakai hijab dan terbawa pada kehidupan sehari-hari. Dengan demikian mereka juga akan lebih menjiwai nilai-nilai Islami sehingga akan terwujud generasi muda yang cerdas dan Islami.rn2.Kontribusi kewajiban berhijab di SMA Negeri 3 Watampone, dapat disimpulkan bahwa dengan berhijab dapat mempengaruhi jiwa atau perilaku seorang wanita sehingga dapat membentuk budi pekerti yang luhur. Sebagaimana yang di ungkapkan para siswi yang ada di SMA Negeri 3 Watampone bahwa berhijab bukan hanya wajib tetapi dapat melindungi tubuh dari segala yang membahayakan terutama dapat menjaga diri kita dari fitnah.rn3.PandanganPendidikan Islam terhadapkewajibanberhijabadalah kebanyakan dari kita selalu membangga-banggakan sesuatu yang kebenaran itu hanya diyakini oleh diri sendiri pada hal tersebut buruk adanya. Begitu sebaliknya kita membenci sesuatu pada hakikatnya baik itu baik adanya. Kebanyakan dari kita selalu menyukai sesuatu yang sebenarnya tidak akan membawa kebaikan. Budaya-budaya berhijab yang selalu menampakkan aksesori dan memperlihatkan aurat yang lain telah diyakini sebagai sebuah kenbenaran dan kebaikan, padahal sama sekali tidak akan memberikan kebaikan sedikit pun . keindahan-keindahan tersebut bersifat hakiki.rnB.Saranrn1. Bagi Pihak SekolahrnSekolah sebagai salah satu media dalam membentuk kepribadian seseorang siswa, hendaknya mengoptimalkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam dengan mengadakan evaluasi agar lebih efektif dan efisien, sehingga para siswi dengan ikhlas memakai hijab agar siswi kelihatan rapi dan sopanrn2.Bagi Para PendidikrnGuru sebagai media penyampai ilmu pengetahuan kepada siswa hendaknya juga memberikan pengertian tentang pentingnya nilai-nilai Pendidikan Islam, terutama tentang berhijab bagi para sisiwi putri, sehingga tugas ini tidak hanya menjadi tugas guru agama saja. dan para guru wanita juga harus memakai hijab setiap hari, karena dengan demikian secara langsung guru tersebut memberikan contoh kepada para siswi.rn3.Bagi siswa rnSiswa sebagai peserta didik diharapkan dapat menerima semua pelajaran dengan baik terutama tentang nilai pendidikan Islam supaya bisa memilih dan memilih mana yang baik dan buruk untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi siswi yang sudah berhijab dengan tekun supaya tetap dipertahankan, sedangkan mereka yang masih kadang-kadang berhijab, supaya ditingkatkan kemantapannya untuk berhijab dengan tekun, dan saya menghimbau siswi SMA Negeri 3 Watampone selalu mentaati peraturan sekolah untuk berhijab mengingat kita sebagai orang muslim. Dengan menutup aurat kita bisa terhindar dari kejahatan. Seorang yang memakai hijab akan terkesan lebih cantik, rapi dan sopan.rnrn
Ketersediaan
| ST20160129 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
129/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
