Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalamrnMeningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Fikih (Studi pada MTs Jangkali Desa Seberang Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini adalah penelitian tentang Penerapan Model PembelajaranrnCooperative Script dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap MatarnPelajaran Fikih. Pokok permasalahan adalah bagaimana penerapan modelrnpembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Fikih pada kelas VIII MTs.rnJangkali Desa Seberang Kec. Lamuru Kab. Bone dan bagaimana kontribusirnpenerapan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan minat belajarrnsiswa kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di MTs. Jangkali Desa Seberang Kec.rnLamuru Kab. Bone.rnTeknik pengumpulan data yang digunakan dalam memecahkan masalah dirnpenelitian ini adalah field research (Penelitian Lapangan), yang menggunakanrnpendekatan pedagogis dan pendekatan psikologis. Data dikumpulkan melaluirnobservasi dan wawancara, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriktifrnkualitatif.rnHasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Scriptrnpada mata pelajaran Fikih pada kelas VIII benar telah diterapkan. Penerapanyanrnmelalui langkah-langkah sebagai berikut: Guru membagi siswa untuk berpasangan,rnguru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan,rnguru dan siswa menetapkan siapa yang pertama dan berperan sebagai pembicara danrnsiapa yang berperan sebagai pendengar, pembicara membacakan ringkasannyarnselengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasanyarnsementara pendengar melakukan beberapa hal diantaranya menyimak, mengoreksirndan menunjukkan ide pokok yang kurang lengkap, membantu mengingat/menghafalrnide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materirnlainnya, bertukar peran, semula sebagai pembicara di tukar menjadi pendengar danrnsebaliknya. Dan yang terakhir berupa kesimpulan siswa bersama-sama dengan gururndan penutup. Penerapan model pembelajaran Cooperative Script telah mampurnmemberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan minat siswa dalam matarnpelajaran fikih pada kelas VIII di MTs. Jangkali Desa Seberang Kec. Lamuru Kab.rnBone yang dapat dibuktikan melalui pembelajaran kooperatif memotivasi siswa untukrnmendorong dan untuk saling membantu diantarasiswa dalam menguasai keterampilanrnatau pengetahuan yang disajikan oleh guru. Jika siswa-siswa menginginkan agar teamrnmereka memperoleh penghargaan (reward) maka mereka harus membantu temantemanrnmereka mempelajari bahan yang disajikan guru. Mereka harus salingrnmendorong satu sama lain agar belajar dan bekerja secara sungguh-sungguh danrnmenjelaskan bahwa belajar adalah suatu hal yang amat penting (important),rnbermanfaat (valuable) dan menyenangkan (fun).rnA. Simpulanrn1. Model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Fikih padarnkelas VIII benar telah diterapkan. Penerapanyan melalui langkah-langkahrnsebagai berikut: Guru membagi siswa untuk berpasangan, guru membagikanrnwacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan, guru danrnsiswa menetapkan siapa yang pertama dan berperan sebagai pembicara danrnsiapa yang berperan sebagai pendengar, pembicara membacakanrnringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalamrnringkasanya sementara pendengar melakukan beberapa hal diantaranyarnmenyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap,rnmembantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkanrnmateri sebelumnya atau dengan materi lainnya, bertukar peran, semularnsebagai pembicara di tukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Dan yangrnterakhir berupa kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru dan penutup.rn2. Penerapan model pembelajaran Cooperative Script telah mampurnmemberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan minat siswa dalamrnmata pelajaran fikih pada kelas VIII di MTs. Jangkali Desa Seberang Kec.rnLamuru Kab. Bone yang dapat dibuktikan melalui pembelajaran kooperatifrnmemotivasi siswa untuk mendorong dan untuk saling membanturndiantarasiswa dalam menguasai keterampilan atau pengetahuan yangrndisajikan oleh guru. Jika siswa-siswa menginginkan agar team merekarnmemperoleh penghargaan (reward) maka mereka harus membantu teman71rnteman mereka mempelajari bahan yang disajikan guru. Mereka harus salingrnmendorong satu sama lain agar belajar dan bekerja secara sungguh-sungguhrndan menjelaskan bahwa belajar adalah suatu hal yang amat pentingrn(important), bermanfaat (valuable) dan menyenangkan (fun).rnB. SaranrnDari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulisrnmemberikan saran-saran sebagai berikut:rn1. Guru mata pelajaran fikih diharapkan mampu menerapkan modelrncooperative learning pada kelas-kelas lain.rn2. Dalam proses pembelajaran diharapkan guru mampu menciptakanrnpembelajaran yang menyenangkan dan menarik minat bagi siswa sehinggarnmampu meningkatkan kualitas pembelajaran.rn3. Langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran cooperative scriptrnhendaknya dijelaskan kepada siswa terlebih dahulu dengan sejelas-jelasnyarnagar siswa tidak merasa kebingungan saat proses pembelajaran berlangsung.
Ketersediaan
ST20160145Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

145/2016

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top