Penerapan Metode Drill terhadap Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Sifat Istiqamah pada Peserta didik di MAN 1 Watampone
Irsanti/02.13.1125 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Metode Drill terhadap Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Sifat Istiqamah pada Peserta didik di MAN 1 Watampone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana pelaksanaan metode drill terhadap pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan sifat istiqamah pada peserta didik di MAN 1 Watampone dan bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode drill terhadap pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan sifat istiqamah pada peserta didik di MAN 1 Watampone.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan ruduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode drill terhadap pembelajaran akidah akhlak di MAN 1 Watampone menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan terhadap sifat istiqamah peserta didik. Hal ini dibuktikan dari pelaksanaan ibadah seperti: tadarrus sebelum belajar, hafalan ayat-ayat pilihan yang semakin dibiasakan. Meskipun dalam pelaksanaan metode drill didukung oleh beberapa faktor, tetap saja pihak guru dihadapkan berbagai faktor penghambat dalam proses pembelajaran, seorang guru akan selalu berusaha untuk menghadapi semua kendala tersebut dengan cara menjalin komunikasi yang baik antar guru dan peserta didik dan selalu optimis dalam segala hal. Penerapan metode drill terhadap pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan sifat istiqamah peserta didik khususnya MAN 1 Watampone telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan watak bangsa yang religius, sehingga MAN 1 Watampone telah mampu melahirkan generasi-generasi yang tidak hanya cerdas dari segi intelektual akan tetapi disiplin serta berakhlak mulia, yang siap bersaing menghadapi arus globalisasi.rnA.SimpulanrnBerdasarkan penelitian dan dilanjutkan dengan penganalalisaan serta penafsiran data yang telah penulis lakukan tentang penerapan metode drill terhadap pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan sifat istiqamah peserta didik di MAN 1 Watampone, maka penulis dapat menyimpulkan:rn1.Pelaksanaan metode drill terhadap pembelajaran akidah akhlak di MAN 1 Watampone sudah berjalan dengan baik dan tepat. Sehingga berpengaruh pada sifat istiqamah peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan menigkatnya unsur-unsur keagamaan melalui metode drill seperti, tadarrus al-Quran sebelum belajar, menghafalkan dan mengemukakan ayat maupun pelajaran yang dianggap penting serta penerapan shalat berjamaah secara konsisten.rn2.Dengan adanya faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode drill di MAN 1 Watampone, pendidik dapat mengetahui bagaimana penggunaan metode drill yang baik dan tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Seperti penggunaan teknik yang bervariasi, menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif baik di luar maupun di dalam kelas, sehingga dampak yang di peroleh peserta didik baik itu kecakapan berbicara, bersikap maupun bertindak menjadikan peserta didik mandiri, disiplin dan konsisten dalam berbagai kegiatan. rnB.ImplikasirnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:rna.Setiap guru hendaknya memilih metode yang tepat dalam memberikan pelajaran kepada peserta didik.rnb.Hendaknya dalam penerapan metode drill pendahuluan instruktur harus lebih menekankan pada diagnosa, karena latihan permulaan itu kita belum bisa mengharapkan peserta didik dapat menghasilkan keterampilan yang sempurna.rnc.Setiap guru hendaknya mencermati kemampuan peserta didiknya dalam menerima pelajaran sehingga dengan itu mereka akan dapat menetapkan metode yang tepat dalam pembelajaran.rnrnrnrnrn
Ketersediaan
| ST20170043 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
Skripsi Tarbiyah
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
