Pengaruh Kualias Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Perspektif Ekonomi Islam ( Studi pada Pelanggan Rumah Makan Buguri Kabupaten Bone )
Anes Wati/602022019023 - Personal Name
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan dalam perspektif ekonomi islam (Studi pada pelanggan rumah
makan Buguri Kabupaten Bone). Penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu
mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan,
dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan dalam perspektif ekonomi islam (Studi pada pelanggan rumah
makan Buguri Kabupaten Bone).
Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden,
metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif,
dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data menggunakan analisis
regresi linear sederhana dalam menganalisis data dan penelitian ini menggunakan
aplikasi SPSS. Hal ini didukung dengan uji t dengan hasil pengujian kualitas
pelayanan (X) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan (Y) karena memenuhi dasar pengambilan keputusan dimana jika nilai
signifikan t < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Berdasarkan hasil pengujian ini, diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya dengan menggunakan jasa
kualitas pelayanan mampu berpengaruh dalam menciptaka kepuasan pelanggan.
Sehingga dapat dikatakan bahwa besarnya pengaruh kualias pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan dalam perspektif ekonomi islam ( Studi pada Pelanggan
Rumah Makan Buguri Kabupaten Bone)
A. Kesimpulan
Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini mengungkapkan
bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan, terutama dalam konteks ekonomi Islam, artinya dengan
menggunakan jasa kualitas pelayanan mampu berpengaruh dalam
menciptakan kepuasan pelanggan. dengan fokus pada pelanggan Buguri di
Kabupaten Bone. Dalam perspektif ini, pelayanan harus dijalankan sesuai
dengan prinsip-prinsip syari’ah. Untuk memastikan layanan yang efektif,
semua pihak perlu mengikuti pedoman yang ditetapkan dalam ajaran Islam.
Dapat disimpulkan kualitas pelayanan berpengaruh besar terhadap
kepuasan pelanggan, dimana setiap pelaku usaha diharapkan dapat
menjalankan bisnis dengan prinsip yang sesuai dengan menjunjung tinggi
nilai-nilai moral. Sopan santun menjadi dasar utama dalam berinteraksi, dan
ini sangat penting dalam menciptakan suasana pelayanan yang baik. Sikap
melayani merupakan inti dari prinsip bisnis yang islami. Oleh karena itu, sifat
murah hati, ramah, dan siap membantu seharusnya menjadi bagian dari
karakter semua karyawan dalam menjalankan tugas mereka.
B. Saran
Semoga penelitian ini bisa memberikan infomasi dan juga dapat
menjadikan penelitian ini sebagai referensi kepada peneliti selanjutnya agar
penelitian selanjutnya lebih teliti lagi dalam pengambilan keputusan mulai dari
penentuan instrumen penelitian hingga pengujian hasil data dari penelitian
yang dilakukan. Kualitas pelayanan dalam usaha rumah makan harus dikelola
dengan benar agar pelanggan dapat puas terhadap pelayanan yang diberikan
sehingga pelanggan dapat berkunjung kembali dan pastinya dapat
merekomendasikan usaha rumah makan ini kepada calon pelanggan yang
lainnya, karena mengingat saat ini banyak pesaing usaha terutama pada bidang
kuliner.
kepuasan pelanggan dalam perspektif ekonomi islam (Studi pada pelanggan rumah
makan Buguri Kabupaten Bone). Penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu
mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan,
dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan dalam perspektif ekonomi islam (Studi pada pelanggan rumah
makan Buguri Kabupaten Bone).
Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden,
metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif,
dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data menggunakan analisis
regresi linear sederhana dalam menganalisis data dan penelitian ini menggunakan
aplikasi SPSS. Hal ini didukung dengan uji t dengan hasil pengujian kualitas
pelayanan (X) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan (Y) karena memenuhi dasar pengambilan keputusan dimana jika nilai
signifikan t < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Berdasarkan hasil pengujian ini, diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya dengan menggunakan jasa
kualitas pelayanan mampu berpengaruh dalam menciptaka kepuasan pelanggan.
Sehingga dapat dikatakan bahwa besarnya pengaruh kualias pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan dalam perspektif ekonomi islam ( Studi pada Pelanggan
Rumah Makan Buguri Kabupaten Bone)
A. Kesimpulan
Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini mengungkapkan
bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan, terutama dalam konteks ekonomi Islam, artinya dengan
menggunakan jasa kualitas pelayanan mampu berpengaruh dalam
menciptakan kepuasan pelanggan. dengan fokus pada pelanggan Buguri di
Kabupaten Bone. Dalam perspektif ini, pelayanan harus dijalankan sesuai
dengan prinsip-prinsip syari’ah. Untuk memastikan layanan yang efektif,
semua pihak perlu mengikuti pedoman yang ditetapkan dalam ajaran Islam.
Dapat disimpulkan kualitas pelayanan berpengaruh besar terhadap
kepuasan pelanggan, dimana setiap pelaku usaha diharapkan dapat
menjalankan bisnis dengan prinsip yang sesuai dengan menjunjung tinggi
nilai-nilai moral. Sopan santun menjadi dasar utama dalam berinteraksi, dan
ini sangat penting dalam menciptakan suasana pelayanan yang baik. Sikap
melayani merupakan inti dari prinsip bisnis yang islami. Oleh karena itu, sifat
murah hati, ramah, dan siap membantu seharusnya menjadi bagian dari
karakter semua karyawan dalam menjalankan tugas mereka.
B. Saran
Semoga penelitian ini bisa memberikan infomasi dan juga dapat
menjadikan penelitian ini sebagai referensi kepada peneliti selanjutnya agar
penelitian selanjutnya lebih teliti lagi dalam pengambilan keputusan mulai dari
penentuan instrumen penelitian hingga pengujian hasil data dari penelitian
yang dilakukan. Kualitas pelayanan dalam usaha rumah makan harus dikelola
dengan benar agar pelanggan dapat puas terhadap pelayanan yang diberikan
sehingga pelanggan dapat berkunjung kembali dan pastinya dapat
merekomendasikan usaha rumah makan ini kepada calon pelanggan yang
lainnya, karena mengingat saat ini banyak pesaing usaha terutama pada bidang
kuliner.
Ketersediaan
| SFEBI20240275 | 275/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
275/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
