Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Akhlak Mahmudah Siswa SMPN 2 Sibulue
Asri Ulyani/02. 13. 3133 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang “Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah
dalam Meningkatkan Akhlak Mahmudah Siswa SMPN 2 Sibulue”. skripsiini
bertujuan untuk mengetahui Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan langkah-
langkah kepala sekolah dalam meningkatkan akhlak mahmudah siswa SMPN 2
Sibulue.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian yakni jenis penelitian lapangan (Field Research), dan perpustakaan
(Libraryresearch), dengan menggunakan pendekatan paedagogis, psikologis dan
teologis normatif. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data digunakan adalah redukasi data,
penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa, Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah
dalam Meningkatkan Akhlak Mahmudah Siswa SMPN 2 Sibulue yaitu memberikan
pencerahan, motivasi dan menyampaikan kebaikan yang diperoleh dalam
melaksanakan hal-hal yang baik serta memberikan contoh kepada siswa. Selain itu
kepala sekolah masuk di kelas dan menyampaikan kepada siswa secara keseluruhan
untuk membaca doa sebelum belajar serta memberitahukan kepada guru agar sebelum
memulai pelajaran harus mengingatkan kepada siswa untuk membaca doa. Peran
kepala sekolah agar peserta didik dapat mengaplikasikan akhlak mahmudah dalam
hal membaca surah-surah pendek sebelum belajar yaitu: Kepala sekolah
menyampaikan kepada siswa agar membudayakan membaca Al-Qur’an atau surah-
surah pendek sebelum belajar, menyampaikan dan meyakinkan siswa tentang pahala
bagi orang yang membaca ayat suci Al-Qur’an dan menyediakan juz ammah
diperpustakaan dan ketua kelas ditugaskan untuk meminjamnya setiap kali akan
memulai pembelajaran. Dalam merealisasikan peningkatan akhlak mahmudah siswa
langkah-langkah yang dilakukan adalah pembiasaan, keteladanan danpembinaan
kedisiplinan.
A. Kesimpulan
1. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan akhlak mahmudah
siswayaitu memberikan pencerahan, motivasi dan menyampaikan kebaikan
yang diperoleh dalam melaksanakan hal-hal yang baik serta memberikan
contoh kepada siswa. Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan ahklak
mahmudah adalah memberikan pencerahan, motivasi dan menyampaikan
kebaikan yang diperoleh dalam melaksanakan hal-hal yang baik serta
memberikan contoh kepada siswa.Selain itu peran kepala sekolah agar
peserta didik dapat mengaplikasikan akhlak mahmudah dalam hal membaca
surah-surah pendek sebelum belajar yaitu: kepala sekolah menyampaikan
kepada siswa agar membudayakan membaca Al-Qur’an atau surah-surah
pendek sebelum belajara, menyampaikan dan meyakinkan siswa tentang
pahala bagi orang yang membaca ayat suci Al-Qur’an dan menyediakan juz
ammah diperpustakaan dan ketua kelasditugaskan untuk meminjamnya setiap
kali akan memulai pembelajaran. Kepala sekolah juga memberikan nasehat
kepada siswa tentang arti shalat yang sesungguhnya. Demikian juga peran
kepala sekolah dalam menanamkan memakai pakaian sesui dengan syariat
islam yaitu siswa memakain seragam yang dikenakan yaitu untuk laki-laki
celana panjang dan untuk perempuan pakai jilbab bagi siswa yang melanggar
aturan pakai seragam ini dikenakan sanksi
2. Langkah-langkah kepala sekolah meningkatan akhlak mahmudah siswa yaitu:
Pertama pembiasaan dan keteladanan. Pembiasaan yang saya maksud adalah
memberikan penjelasan kepada siswa bahwa dalam mewujudkan cita-cita
bangsa sebagi generasi penerus harus selalu membiasakan diri
dalambertingkah laku yang baik, sopan dan santun kepada semua makhluk
hidup.Kedua
pembinaan kedisiplinan.
Pembinaan kedisiplinan yang
dilakukan melalui ajakan dan anjuran patut pada tata tertib yang telah
ditetapkan oleh sekolah sejak siswa dinyatakan lulus diterima sebagai siswa
di SMPN 2 Sibulue. Penerapan kedisiplinan dilakukan dengan
menyampaikan beberapa dampak yang ditimbulakn jika melakukan tidak
mematuhi aturan yang dibuat.
B. Saran
Berdasarkan dari pembahasan dan kesimpulan di atas maka penulis
menyarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Dari berbagai peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan
akhlak mahmudah siswa SMPN 2 sibuluemaka masih perlu ditingkatkan lagi
keterampilan dalam memberikan pembelajaran dan pembinaan.
2. Untuk peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti kembali tentang peranan
kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan akhlak mahmudah siswa
SMPN 2 sibulue, demi menambah khazanah keilmuan insan di muka bumi
ini.
dalam Meningkatkan Akhlak Mahmudah Siswa SMPN 2 Sibulue”. skripsiini
bertujuan untuk mengetahui Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan langkah-
langkah kepala sekolah dalam meningkatkan akhlak mahmudah siswa SMPN 2
Sibulue.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian yakni jenis penelitian lapangan (Field Research), dan perpustakaan
(Libraryresearch), dengan menggunakan pendekatan paedagogis, psikologis dan
teologis normatif. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data digunakan adalah redukasi data,
penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa, Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah
dalam Meningkatkan Akhlak Mahmudah Siswa SMPN 2 Sibulue yaitu memberikan
pencerahan, motivasi dan menyampaikan kebaikan yang diperoleh dalam
melaksanakan hal-hal yang baik serta memberikan contoh kepada siswa. Selain itu
kepala sekolah masuk di kelas dan menyampaikan kepada siswa secara keseluruhan
untuk membaca doa sebelum belajar serta memberitahukan kepada guru agar sebelum
memulai pelajaran harus mengingatkan kepada siswa untuk membaca doa. Peran
kepala sekolah agar peserta didik dapat mengaplikasikan akhlak mahmudah dalam
hal membaca surah-surah pendek sebelum belajar yaitu: Kepala sekolah
menyampaikan kepada siswa agar membudayakan membaca Al-Qur’an atau surah-
surah pendek sebelum belajar, menyampaikan dan meyakinkan siswa tentang pahala
bagi orang yang membaca ayat suci Al-Qur’an dan menyediakan juz ammah
diperpustakaan dan ketua kelas ditugaskan untuk meminjamnya setiap kali akan
memulai pembelajaran. Dalam merealisasikan peningkatan akhlak mahmudah siswa
langkah-langkah yang dilakukan adalah pembiasaan, keteladanan danpembinaan
kedisiplinan.
A. Kesimpulan
1. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan akhlak mahmudah
siswayaitu memberikan pencerahan, motivasi dan menyampaikan kebaikan
yang diperoleh dalam melaksanakan hal-hal yang baik serta memberikan
contoh kepada siswa. Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan ahklak
mahmudah adalah memberikan pencerahan, motivasi dan menyampaikan
kebaikan yang diperoleh dalam melaksanakan hal-hal yang baik serta
memberikan contoh kepada siswa.Selain itu peran kepala sekolah agar
peserta didik dapat mengaplikasikan akhlak mahmudah dalam hal membaca
surah-surah pendek sebelum belajar yaitu: kepala sekolah menyampaikan
kepada siswa agar membudayakan membaca Al-Qur’an atau surah-surah
pendek sebelum belajara, menyampaikan dan meyakinkan siswa tentang
pahala bagi orang yang membaca ayat suci Al-Qur’an dan menyediakan juz
ammah diperpustakaan dan ketua kelasditugaskan untuk meminjamnya setiap
kali akan memulai pembelajaran. Kepala sekolah juga memberikan nasehat
kepada siswa tentang arti shalat yang sesungguhnya. Demikian juga peran
kepala sekolah dalam menanamkan memakai pakaian sesui dengan syariat
islam yaitu siswa memakain seragam yang dikenakan yaitu untuk laki-laki
celana panjang dan untuk perempuan pakai jilbab bagi siswa yang melanggar
aturan pakai seragam ini dikenakan sanksi
2. Langkah-langkah kepala sekolah meningkatan akhlak mahmudah siswa yaitu:
Pertama pembiasaan dan keteladanan. Pembiasaan yang saya maksud adalah
memberikan penjelasan kepada siswa bahwa dalam mewujudkan cita-cita
bangsa sebagi generasi penerus harus selalu membiasakan diri
dalambertingkah laku yang baik, sopan dan santun kepada semua makhluk
hidup.Kedua
pembinaan kedisiplinan.
Pembinaan kedisiplinan yang
dilakukan melalui ajakan dan anjuran patut pada tata tertib yang telah
ditetapkan oleh sekolah sejak siswa dinyatakan lulus diterima sebagai siswa
di SMPN 2 Sibulue. Penerapan kedisiplinan dilakukan dengan
menyampaikan beberapa dampak yang ditimbulakn jika melakukan tidak
mematuhi aturan yang dibuat.
B. Saran
Berdasarkan dari pembahasan dan kesimpulan di atas maka penulis
menyarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Dari berbagai peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan
akhlak mahmudah siswa SMPN 2 sibuluemaka masih perlu ditingkatkan lagi
keterampilan dalam memberikan pembelajaran dan pembinaan.
2. Untuk peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti kembali tentang peranan
kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan akhlak mahmudah siswa
SMPN 2 sibulue, demi menambah khazanah keilmuan insan di muka bumi
ini.
Ketersediaan
| STAR20180368 | 368/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
368/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
