Penerapan Kedisiplinan Belajar Santri TPQ Di Kabupaten Bone (Studi Relasi Ustadz/ah, Santri dan Orang Tua/Wali)

No image available for this title
Tesis ini mengeksplorasi tentang penerapan kedisiplinan belajar santri di
TPQ Kabupaten Bone yang melihat relasi ustadz/ah, santri dan orang tua atau wali.
Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan kedisiplinan belajar
santri TPQ di Kabupaten Bone (studi relasi ustadzah, santri dan orang tua). Adapun
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk penerapan kedisiplinan
belajar santri, dampak hubungan kerjasama ustadzah dan orang tua dalam
meningkatkan sikap disiplin santri dan hambatan dalam mengatur hubungan kerja
sama ustadzah dan orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar santri TPQ di
Kabupaten Bone. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan pedagogik, religius, psikologis, dan sosiologis. Teknik pengumpulan data
mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data melalui
pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasi penelitian menunjukkan; Pertama bentuk penerapan kedisiplinan
belajar santri TPQ di Kabupaten Bone meliputi disiplin waktu, disiplin ibadah dan
disiplin dalam berperilaku. Di TPQ Kabupaten Bone terkhusunya di TPQ Az Zikri,
TPQ Nurul Ilmi dan TK/TPA Nurul Huda Galung sangat menekankan disiplin waktu,
misalnya santri diwajibkan datang sebelum jam pelajaran dimulai. Disiplin ibadah
meliputi pelaksanaan shalat bagi santri, di TPQ Az Zikri dan TK/TPA Nurul Huda
Galung mewajibkan santri melaksanakan shalat ashar di tempat mengaji, sedangkan
TPQ Nurul Ilmi memberikan kepercayaan kepada orang tua dalam pelaksanaan shalat
santri dan tetap mengontrol melalui buku penghubung. Sedangkan disiplin dalam
berperilaku meliputi bersikap sopan kepada teman dan juga ustadzah. Kedua, dampak
hubungan kerjasama antara ustadzah dan orang tua termasuk terjalinnya komunikasi
yang baik antara ustadzah dan orang tua, menumbuhkan motivasi kepada santri untuk
berperilaku disiplin, suasana kelas menjadi kondusif, kebiasaan shalat tepat waktu
dan orang tua menyadari akan tanggung jawab di rumah. Ketiga, hambatan dalam
mengatur hubungan kerjasama ustadzah dan orang tua meliputi kurangnya respons
dari beberapa orang tua terkait pertemuan atau informasi, serta masalah komunikasi
antara ustadzah dan orang tua, yang sering kali disebabkan oleh kurangnya
keterbukaan dari pihak ustadzah.
Ketersediaan
861082202200832/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

32/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Tesis PAI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top