Pengaruh Label Halal Dan Pengetahuan Produk Terhadap Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Kemasan Pada Costumer Muslim Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
Muliana/602022020093 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh label halal dan pengetahuan produk
terhadap pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim
Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh label halal terhadap
pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim di Desa
Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, untuk mengetahui pengaruh
pengetahuan produk terhadap pembelian produk makanan dan minuman kemasan
pada costumer Muslim di Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone,
serta untuk mengetahui pengaruh label halal dan pengetahuan produk terhadap
pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim di Desa
Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan
melalui kuesioner berupa serangkaian pernyataan yang diberikan kepada responden,
dengan populasi yang diteliti adalah costumer Muslim Desa Kajaolaliddong
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 95
orang responden. Adapun analisis data yang dilakukan yakni uji instrument, uji
asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan (1) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara
Label Halal terhadap pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada
costumer Muslim di Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Yang dapat dibuktikan atas data yaitu diketahui nilai sig untuk pengaruh (parsial)
adalah 0,029 < 0,05 dan nilai t hitung 2,215 > t tabel 1,986. (2) adanya pengaruh
positif dan signifikan antara pengetahuan produk terhadap pembelian produk
makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim di Desa Kajaolaliddong
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, dapat dibuktikan atas data yaitu diketahui nilai
sig untuk pengaruh (parsial) adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 4,423 > t
tabel 1,986. (3) Label halal dan pengetahuan produk berpengaruh secara simultan
terhadap keputusan pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada
costumer Muslim di Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone,
dapat dibuktikan atas data yaitu diketahui nilai sig untuk pengaruh (simultan) adalah
sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai f hitung 17,296 > f tabel 3,09. Serta nilai dari Adjusted
R Square sebesar 0,257 atau 25,7%. hal ini mengandung arti bahwa terdapat pengaruh
yang simultan (bersama-sama) antara variabel label halal (X1) dan variabel
pengetahuan produk (X2) terhadap variabel pembelian (Y) sebesar 25,7% dengan
sisanya di pengaruhi oleh variabel yang tidak terdapat pada penelitian ini. (4)
Pengaruh label halal dan pengetahuan produk secara simultan terhadap keputusan
pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada konsumen Muslim di Desa
Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone mencapai angka Adjusted R
Square sebesar 0,257 atau 25,7%. Angka ini menunjukkan bahwa kedua variabel
independen, yaitu label halal dan pengetahuan produk, mampu mempengaruhi
sebesar 25,7% variasi dari variabel dependen, pembelian konsumen. Sementara
sisanya, yakni sebesar 74,3%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan pada pembahasan tentang pengaruh label halal dan
pengetahuan produk terhadap pembelian produk makanan dan minuman kemasan
pada costumer Muslim di Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Label Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian produk
makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim di Desa
Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone. Ini dapat dibuktikan atas data yaitu
diketahui nilai sig untuk pengaruh (parsial) label halal (X1) terhadap
pembelian (Y) adalah sebesar 0,029 < 0,05 dan nilai t hitung 2,215 > t tabel
1,986.
2. Pengetahuan Produk Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap
pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim di
Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone. Ini dapat dibuktikan atas data
yaitu diketahui nilai sig untuk pengaruh (parsial) adalah sebesar 0,001 < 0,05
dan nilai t hitung 4,423 > t tabel 1,986.
3. Label halal dan pengetahuan produk berpengaruh secara simultan terhadap
keputusan pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada costumer
Muslim di Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone. Hal ini dapat
dibuktikan atas data yaitu diketahui nilai sig untuk pengaruh (simultan)
adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai f hitung 17,296 > f tabel 3,09. Serta
nilai dari Adjusted R Square sebesar 0,257 atau 25,7%. hal ini mengandung
arti bahwa terdapat pengaruh yang simultan (bersama-sama) antara variabel
label halal (X1) dan variabel pengetahuan produk (X2) terhadap variabel
pembelian (Y) sebesar 25,7% dengan sisanya di pengaruhi oleh variabel yang
tidak terdapat pada penelitian ini.
105
4. Pengaruh label halal dan pengetahuan produk secara simultan terhadap
keputusan pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada
konsumen Muslim di Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten
Bone mencapai angka Adjusted R Square sebesar 0,257 atau 25,7%. Angka
ini menunjukkan bahwa kedua variabel independen, yaitu label halal dan
pengetahuan produk, mampu mempengaruhi sebesar 25,7% variasi dari
variabel dependen, pembelian konsumen. Sementara sisanya, yakni sebesar
74,3%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian yang telah dijelaskan, maka peneliti
dapat memberikan saran terhadap pihak terkait yakni sebagai berikut:
1. Bagi pemerintah perlu meningkatkan sosialisasi mengenai pentingnya label
halal bagi konsumen Muslim, serta memberikan pelatihan atau penyuluhan
kepada UMKM agar mereka bisa mendapatkan sertifikasi halal dengan
mudah.
2. Bagi produsen makanan dan minuman kemasan harus memastikan bahwa
semua produk yang mereka jual memiliki sertifikasi halal yang sah dan
diakui. Serta produsen disarankan untuk menyediakan informasi yang lebih
detail pada kemasan produk, termasuk label halal yang jelas, informasi
tentang gizi, bahan-bahan yang digunakan, dan manfaat kesehatan, sehingga
konsumen dapat merasa yakin dan mendapatkan informasi yang memadai.
3. Bagi konsumen perlu meningkatkan pengetahuan mereka tentang produk
makanan dan minuman kemasan yang mereka konsumsi, terutama terkait
dengan aspek halal. Peningkatan pengetahuan ini dapat membantu konsumen
membuat keputusan pembelian yang lebih bijak dan sesuai dengan nilai-nilai
dan kepercayaan agama mereka.
4. Bagi peneliti selanjutnya agar kiranya dapat membahas lebih mendalam lagi
mengenai apa saja yang berpengaruh terhadap pembelian, yang tidak peneliti
angkat pada penelitian ini.
C. Implikasi
Dalam penelitian ini memiliki implikasi dan manfaat baik bagi peneliti
maupun bagi masyarakat desa :
1. Memberikan wawasan yang berharga bagi peneliti untuk memahami lebih
dalam faktor-faktor yang memengaruhi pembelian konsumen Muslim terkait
produk makanan dan minuman kemasan.
2. Memberikan pemahaman yang lebih baik bagi masyarakat tentang label halal
dan pengetahuan produk dapat meningkatkan pengambilan keputusan yang
lebih baik dalam memilih produk, serta memberikan dampak ekonomi positif
melalui peningkatan penjualan produk lokal yang halal.
terhadap pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim
Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh label halal terhadap
pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim di Desa
Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, untuk mengetahui pengaruh
pengetahuan produk terhadap pembelian produk makanan dan minuman kemasan
pada costumer Muslim di Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone,
serta untuk mengetahui pengaruh label halal dan pengetahuan produk terhadap
pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim di Desa
Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan
melalui kuesioner berupa serangkaian pernyataan yang diberikan kepada responden,
dengan populasi yang diteliti adalah costumer Muslim Desa Kajaolaliddong
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 95
orang responden. Adapun analisis data yang dilakukan yakni uji instrument, uji
asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan (1) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara
Label Halal terhadap pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada
costumer Muslim di Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Yang dapat dibuktikan atas data yaitu diketahui nilai sig untuk pengaruh (parsial)
adalah 0,029 < 0,05 dan nilai t hitung 2,215 > t tabel 1,986. (2) adanya pengaruh
positif dan signifikan antara pengetahuan produk terhadap pembelian produk
makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim di Desa Kajaolaliddong
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, dapat dibuktikan atas data yaitu diketahui nilai
sig untuk pengaruh (parsial) adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 4,423 > t
tabel 1,986. (3) Label halal dan pengetahuan produk berpengaruh secara simultan
terhadap keputusan pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada
costumer Muslim di Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone,
dapat dibuktikan atas data yaitu diketahui nilai sig untuk pengaruh (simultan) adalah
sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai f hitung 17,296 > f tabel 3,09. Serta nilai dari Adjusted
R Square sebesar 0,257 atau 25,7%. hal ini mengandung arti bahwa terdapat pengaruh
yang simultan (bersama-sama) antara variabel label halal (X1) dan variabel
pengetahuan produk (X2) terhadap variabel pembelian (Y) sebesar 25,7% dengan
sisanya di pengaruhi oleh variabel yang tidak terdapat pada penelitian ini. (4)
Pengaruh label halal dan pengetahuan produk secara simultan terhadap keputusan
pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada konsumen Muslim di Desa
Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone mencapai angka Adjusted R
Square sebesar 0,257 atau 25,7%. Angka ini menunjukkan bahwa kedua variabel
independen, yaitu label halal dan pengetahuan produk, mampu mempengaruhi
sebesar 25,7% variasi dari variabel dependen, pembelian konsumen. Sementara
sisanya, yakni sebesar 74,3%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan pada pembahasan tentang pengaruh label halal dan
pengetahuan produk terhadap pembelian produk makanan dan minuman kemasan
pada costumer Muslim di Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Label Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian produk
makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim di Desa
Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone. Ini dapat dibuktikan atas data yaitu
diketahui nilai sig untuk pengaruh (parsial) label halal (X1) terhadap
pembelian (Y) adalah sebesar 0,029 < 0,05 dan nilai t hitung 2,215 > t tabel
1,986.
2. Pengetahuan Produk Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap
pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada costumer Muslim di
Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone. Ini dapat dibuktikan atas data
yaitu diketahui nilai sig untuk pengaruh (parsial) adalah sebesar 0,001 < 0,05
dan nilai t hitung 4,423 > t tabel 1,986.
3. Label halal dan pengetahuan produk berpengaruh secara simultan terhadap
keputusan pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada costumer
Muslim di Desa Kajaolaliddong Kec. Barebbo Kab. Bone. Hal ini dapat
dibuktikan atas data yaitu diketahui nilai sig untuk pengaruh (simultan)
adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai f hitung 17,296 > f tabel 3,09. Serta
nilai dari Adjusted R Square sebesar 0,257 atau 25,7%. hal ini mengandung
arti bahwa terdapat pengaruh yang simultan (bersama-sama) antara variabel
label halal (X1) dan variabel pengetahuan produk (X2) terhadap variabel
pembelian (Y) sebesar 25,7% dengan sisanya di pengaruhi oleh variabel yang
tidak terdapat pada penelitian ini.
105
4. Pengaruh label halal dan pengetahuan produk secara simultan terhadap
keputusan pembelian produk makanan dan minuman kemasan pada
konsumen Muslim di Desa Kajaolaliddong Kecamatan Barebbo Kabupaten
Bone mencapai angka Adjusted R Square sebesar 0,257 atau 25,7%. Angka
ini menunjukkan bahwa kedua variabel independen, yaitu label halal dan
pengetahuan produk, mampu mempengaruhi sebesar 25,7% variasi dari
variabel dependen, pembelian konsumen. Sementara sisanya, yakni sebesar
74,3%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian yang telah dijelaskan, maka peneliti
dapat memberikan saran terhadap pihak terkait yakni sebagai berikut:
1. Bagi pemerintah perlu meningkatkan sosialisasi mengenai pentingnya label
halal bagi konsumen Muslim, serta memberikan pelatihan atau penyuluhan
kepada UMKM agar mereka bisa mendapatkan sertifikasi halal dengan
mudah.
2. Bagi produsen makanan dan minuman kemasan harus memastikan bahwa
semua produk yang mereka jual memiliki sertifikasi halal yang sah dan
diakui. Serta produsen disarankan untuk menyediakan informasi yang lebih
detail pada kemasan produk, termasuk label halal yang jelas, informasi
tentang gizi, bahan-bahan yang digunakan, dan manfaat kesehatan, sehingga
konsumen dapat merasa yakin dan mendapatkan informasi yang memadai.
3. Bagi konsumen perlu meningkatkan pengetahuan mereka tentang produk
makanan dan minuman kemasan yang mereka konsumsi, terutama terkait
dengan aspek halal. Peningkatan pengetahuan ini dapat membantu konsumen
membuat keputusan pembelian yang lebih bijak dan sesuai dengan nilai-nilai
dan kepercayaan agama mereka.
4. Bagi peneliti selanjutnya agar kiranya dapat membahas lebih mendalam lagi
mengenai apa saja yang berpengaruh terhadap pembelian, yang tidak peneliti
angkat pada penelitian ini.
C. Implikasi
Dalam penelitian ini memiliki implikasi dan manfaat baik bagi peneliti
maupun bagi masyarakat desa :
1. Memberikan wawasan yang berharga bagi peneliti untuk memahami lebih
dalam faktor-faktor yang memengaruhi pembelian konsumen Muslim terkait
produk makanan dan minuman kemasan.
2. Memberikan pemahaman yang lebih baik bagi masyarakat tentang label halal
dan pengetahuan produk dapat meningkatkan pengambilan keputusan yang
lebih baik dalam memilih produk, serta memberikan dampak ekonomi positif
melalui peningkatan penjualan produk lokal yang halal.
Ketersediaan
| SFEBI20240271 | 271/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
271/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
