Analisis penerapan prinsip manajemen kelas dalam menciptakan iklim kelas yang positif di SMP Negeri 1 Ulaweng

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Penerapan prinsip manajemen kelas dalam
menciptakan iklim kelas yang positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauh mana Penerapan prinsip manajemen kelas dalam menciptakan
iklim kelas yang positif, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
data kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen. dalam
pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi,
kemudian untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, simpulan dan
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan prinsip manajemen kelas
yang diterapkan di SMP Negeri 1 Ulaweng telah terlaksana. Hal ini dapat dilihat dari
implementasi prinsip manajemen kelas dengan menerapkan prinsip dalam proses
belajar mengajar yang meliputi hangat dan antusias, memberikan tantangan, bersikap
luwes, memberikan penekanan pada hal positif dan menanamkan sikap disiplin. 2)
Dalam menciptakan iklim kelas yang positif di SMP Negeri 1 Ulaweng,faktor-faktor
kunci meliputi pendekatan pembelajaran berorientasi pada siswa, penghargaan
terhadap partisipasi aktif siswa, sikap demokratis guru, pemecahan masalah melalui
dialog, dan desain lingkungan kelas yang menyenangkan serta sumber belajar yang
beragam. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, SMP Negeri 1 Ulaweng
menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan mendukung pertumbuhan siswa
secara menyeluruh. 3) Penerapan prinsip manajemen kelas di SMP Negeri 1 Ulaweng
menciptakan iklim positif untuk pembelajaran dan perkembangan siswa. Guru
memainkan peran utama dalam membangun hubungan yang erat dengan siswa,
menciptakn lingkungan belajar yang aman dan terbuka. Melalui strategi seperti
penetapan aturan kelas yang jelas, penguatan positif, dan manajemen konflik yang
empatik, prinsip ini mendukung motivasi intrinsik siswa dan keterlibatan aktif dalam
pembelajaran. Dengan demikian, prinsip ini tidak hanya mengelola perilaku, tetapi
juga membentuk fondasi untuk pertumbuhan holistik siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat ditarik beberapa kes mpulan bahwa:
1. Penerapan prinsip manajemen kelas yang diterapkan di SMP Negeri 1
Ulaweng telah terlaksana. Hal ini dapat dilihat dari implementasi prinsip
manajemen kelas dengan menerapkan prinsip dalam proses belajar
mengajar yang meliputi hangat dan antusias, memberikan tantangan,
bersikap luwes, memberikan penekanan pada hal positif dan menanamkan
sikap disiplin.
2. Dalam menciptakan iklim kelas yang positif di SMP Negeri 1 Ulaweng,
faktor-faktor kunci meliputi pendekatan pembelajaran berorientasi pada
siswa, penghargaan terhadap partisipasi aktif siswa, sikap demokratis guru,
pemecahan masalah melalui dialog, dan desain lingkungan kelas yang
menyenangkan serta sumber belajar yang beragam. Dengan menerapkan
prinsip-prinsip ini, SMP Negeri 1 Ulaweng menciptakan lingkungan
belajar yang dinamis dan mendukung pertumbuhan siswa secara
menyeluruh.
3. Penerapan prinsip manajemen kelas di SMP Negeri 1 Ulaweng
menciptakan iklim positif untuk pembelajaran dan perkembangan siswa.
Guru memainkan peran utama dalam membangun hubungan yang erat
dengan siswa, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan terbuka.
Melalui strategi seperti penetapan aturan kelas yang jelas, penguatan
positif, dan manajemen konflik yang empatik, prinsip ini mendukung
motivasi intrinsik siswa dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran.
Dengan demikian, prinsip ini tidak hanya mengelola perilaku, tetapi juga
membentuk fondasi untuk pertumbuhan holistik siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi yang
berupa saran kepada pihak-pihak yang terkait, adapun saran-saran yang penulis
maksud yaitu sebagai berikut:
1. Bagi sekolah, khususnya di SMP Negeri 1 Ulaweng disarankan
melengkapi fasilitas yang masih kurang memadai supaya proses
pembelajaran semakin efektif.
2. Bagi guru, disarankan harus lebih memperdalam kemampuan dalam
menguasai manajemen kelas dan strategi pembelajaran agar tercipta
proses belajar mengajar yang lebih menyenangkan dan bervariasi.
3. Bagi siswa, disarankan harus lebih giat lagi dalam belajar karena
ketekunan siswa menentukan hasil belajar siswa itu sendiri.
Ketersediaan
STAR20240401401/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

401/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top