Penerapan Supervisi Manajerial dalam Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Administrasi di SD Inpres 6/75 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Rian Hidayat/02. 13. 3159 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Penerapan Supervisi Manajerial dalam
Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Administrasi di SD Inpres 6/75 Mallari
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone”. Hal yang penting untuk dikaji dalam
skripsi ini yaitu untuk mengetahui tentang Penerapan Supervisi Manajerial dalam
Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Administrasi di SD Inpres 6/75 Mallari
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan dalam memecahkan masalah dalam penelitian penulis
menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research), yaitu suatu
pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan atau lokasi penelitian untuk
mencatat hal-hal yang diperlukan dengan menggunakan teknik observasi,
interview, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
metode kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan supervisi
manajerial di SD Inpres 6/75 Mallari dikategorikan baik. Hal ini dapat terlihat pada
proses perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan menyusun program
tahunan dan program semesteran, melaksanakan proses pengorganisasian dengan
menata struktur organisasi dan mekanisme kerja yang jelas serta menjalin kerja
sama di antara fasilitator, melakukan perekrutan pegawai tata usaha yang memiliki
pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan kebutuhan lembaga
pendidikan, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk kepentingan
pelaksanaan supervisi manajerial, melaksanakan kegiatan supervisi manajerial
terhadap pegawai dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang
tepat, membina kerja sama yang baik dan harmonis di antara pegawai dalam
lembaga pendidikan, membangkitkan semangat pegawai sekolah di dalam
menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, melaksanakan program pengawasan
supervisi manajerial dengan melakukan evaluasi dan monitoring kinerja pegawai,
melakukan penilaian terhadap proses dan hasil kinerja pegawai, memberikan
arahan, bantuan dan bimbingan kepada pegawai untuk meningkatkan kinerja.
Pengelolaan administrasi di SD Inpres 6/75 Mallari dikategorikan baik hal
ini dapat terlihat pada tersedianya struktur tata usaha, anggaran belanja keuangan
sekolah, mekanisme persuratan yang baik, pengorganisasian dan penempatan
tenaga kependidikan, adanya evaluasi kinerja pegawai, serta refreshing dan
upgrading bersama pegawai-pegawai.
A.
Simpulan
1.
Penerapan supervisi manajerial di SD Inpres 6/75 Mallari dikategorikan
baik. Hal ini dapat terlihat pada proses perencanaan yang dilakukan oleh
kepala sekolah dengan menyusun program tahunan dan program
semesteran, melaksanakan proses pengorganisasian dengan menata
struktur organisasi dan mekanisme kerja yang jelas serta menjalin kerja
sama di antara fasilitator, melakukan perekrutan pegawai tata usaha yang
memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan kebutuhan
lembaga pendidikan, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai
untuk kepentingan pelaksanaan supervisi manajerial, melaksanakan
kegiatan supervisi manajerial terhadap pegawai dengan menggunakan
pendekatan dan teknik supervisi yang tepat, membina kerjasama yang baik
dan harmonis
di
antara
pegawai
dalam lembaga pendidikan,
membangkitkan semangat pegawai sekolah didalam menjalankan tugas
dengan sebaik-baiknya, melaksanakan program pengawasan supervisi
manajerial dengan melakukan evaluasi dan monitoring kinerja pegawai,
melakukan penilaian terhadap proses dan hasil
kinerja pegawai,
memberikan arahan, bantuan dan bimbingan kepada pegawai untuk
meningkatkan kinerja
2.
Pengelolaan administrasi di SD Inpres 6/75 Mallari dikategorikan baik hal
ini dapat terlihat pada tersedianya struktur tata usaha, anggaran belanja
keuangan sekolah, mekanisme persuratan yang baik, pengorganisasian dan
penempatan tenaga kependidikan, adanya evaluasi kinerja pegawai, serta
refreshing dan upgrading bersama pegawai-pegawai.
51
B.
Saran
1. Kepala sekolah perlu meningkatkan supervisi majerial dengan lebih baik
lagi. Mengingat supervisi manajerial merupakan kegiatan yang bertujuan
untuk peningkatan efektivitas pengelolaan administrasi.
2. Untuk tenaga kependidikan senantiasa mengikuti arahan-arahan yang
diberikan kepala sekolah sehingga terciptanya hubungan yang harmonis
dalam pelaksanaan supervisi.
Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Administrasi di SD Inpres 6/75 Mallari
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone”. Hal yang penting untuk dikaji dalam
skripsi ini yaitu untuk mengetahui tentang Penerapan Supervisi Manajerial dalam
Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Administrasi di SD Inpres 6/75 Mallari
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan dalam memecahkan masalah dalam penelitian penulis
menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research), yaitu suatu
pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan atau lokasi penelitian untuk
mencatat hal-hal yang diperlukan dengan menggunakan teknik observasi,
interview, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
metode kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan supervisi
manajerial di SD Inpres 6/75 Mallari dikategorikan baik. Hal ini dapat terlihat pada
proses perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan menyusun program
tahunan dan program semesteran, melaksanakan proses pengorganisasian dengan
menata struktur organisasi dan mekanisme kerja yang jelas serta menjalin kerja
sama di antara fasilitator, melakukan perekrutan pegawai tata usaha yang memiliki
pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan kebutuhan lembaga
pendidikan, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk kepentingan
pelaksanaan supervisi manajerial, melaksanakan kegiatan supervisi manajerial
terhadap pegawai dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang
tepat, membina kerja sama yang baik dan harmonis di antara pegawai dalam
lembaga pendidikan, membangkitkan semangat pegawai sekolah di dalam
menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, melaksanakan program pengawasan
supervisi manajerial dengan melakukan evaluasi dan monitoring kinerja pegawai,
melakukan penilaian terhadap proses dan hasil kinerja pegawai, memberikan
arahan, bantuan dan bimbingan kepada pegawai untuk meningkatkan kinerja.
Pengelolaan administrasi di SD Inpres 6/75 Mallari dikategorikan baik hal
ini dapat terlihat pada tersedianya struktur tata usaha, anggaran belanja keuangan
sekolah, mekanisme persuratan yang baik, pengorganisasian dan penempatan
tenaga kependidikan, adanya evaluasi kinerja pegawai, serta refreshing dan
upgrading bersama pegawai-pegawai.
A.
Simpulan
1.
Penerapan supervisi manajerial di SD Inpres 6/75 Mallari dikategorikan
baik. Hal ini dapat terlihat pada proses perencanaan yang dilakukan oleh
kepala sekolah dengan menyusun program tahunan dan program
semesteran, melaksanakan proses pengorganisasian dengan menata
struktur organisasi dan mekanisme kerja yang jelas serta menjalin kerja
sama di antara fasilitator, melakukan perekrutan pegawai tata usaha yang
memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan kebutuhan
lembaga pendidikan, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai
untuk kepentingan pelaksanaan supervisi manajerial, melaksanakan
kegiatan supervisi manajerial terhadap pegawai dengan menggunakan
pendekatan dan teknik supervisi yang tepat, membina kerjasama yang baik
dan harmonis
di
antara
pegawai
dalam lembaga pendidikan,
membangkitkan semangat pegawai sekolah didalam menjalankan tugas
dengan sebaik-baiknya, melaksanakan program pengawasan supervisi
manajerial dengan melakukan evaluasi dan monitoring kinerja pegawai,
melakukan penilaian terhadap proses dan hasil
kinerja pegawai,
memberikan arahan, bantuan dan bimbingan kepada pegawai untuk
meningkatkan kinerja
2.
Pengelolaan administrasi di SD Inpres 6/75 Mallari dikategorikan baik hal
ini dapat terlihat pada tersedianya struktur tata usaha, anggaran belanja
keuangan sekolah, mekanisme persuratan yang baik, pengorganisasian dan
penempatan tenaga kependidikan, adanya evaluasi kinerja pegawai, serta
refreshing dan upgrading bersama pegawai-pegawai.
51
B.
Saran
1. Kepala sekolah perlu meningkatkan supervisi majerial dengan lebih baik
lagi. Mengingat supervisi manajerial merupakan kegiatan yang bertujuan
untuk peningkatan efektivitas pengelolaan administrasi.
2. Untuk tenaga kependidikan senantiasa mengikuti arahan-arahan yang
diberikan kepala sekolah sehingga terciptanya hubungan yang harmonis
dalam pelaksanaan supervisi.
Ketersediaan
| STAR20170327 | 327/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
327/2017
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
