Urgensi Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Darul Muttaqin Compongnge
Asmiati/02.13.1037 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Darul Muttaqin Compongnge. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara kritis tentang Urgensi Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Darul Muttaqin Compongnge, terutama siswa kelas VIII di Mts Darul Muttaqin Compongnge serta hasil yang dicapai oleh guru Fiqih.rnModel yang digunakan untuk memperoleh data dari maslah di atas, penulis menggunakan metode library research (kepustakaan) yaitu menelaah beberapa buku yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, dan field research (lapangan) yaitu melakukan pengumpulan data secara langsung terhadap objek yang diteliti melalui observasi., dokumentasi dan wawancara. Pengelolahan data digunakan secara deskriptif kualitatif yaitu menganalisa hasil bacaan terhadap berbagai refrensi.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa Urgensi Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Darul Muttaqin Compongnge yaitu: menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut, menyajikan informasi siswa dengan bahan bacaan, membimbing kelompok untuk bekerjasama dan belajar, melakukan evaluasi dan memberikan penghargaan. Motivasi belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran fiqih, setelah diterapkan Urgensi Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD, yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa serta siswa lebih aktif dan bersemangat, karena model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD ini siswa mendapatkan pengalaman langsung dengan mengaktifkan lebih banyak indra daripda satu indra yaitu mendengarkan sehingga pelajaran yang diberikan tidak mudah hilang dalam ingatannya.rnA. SimpulanrnBerdasarkan hasil penelitian penulis di Mts Darul Muttaqin Compongngern“Urgensi Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD DalamrnMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts DarulrnMuttaqin Compongnge” dapat diberikan simpulan sebagai berikit:rn1. Konsep penerapan Cooperative Learning Tipe STAD dalam MeningkatkanrnMotivasi Belajar Siswa yaitu Guru menyampaikan tujuan, Guru menyajikanrninformasi kepada siswa, Guru menginformasikan pengelompokan siswa,rnGuru memotivasi kerja siswa dalam kelompok-kelompok belajar, Gururnmengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telahrndilaksanakan, Guru memberikan penghargaan hasil belajar individual danrnkelompok. Penerapam model ini membuat siswa merasa senang, danrnbersemangat dalam belajar karena mereka tidak lagi merasakan bosan danrnmengantuk, model Cooperative Learning Tipe STAD membawa dampakrnpositif bagi peserta didik .rn2. Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu Belajarrnmengajar sebagai suatu proses transfer pengetahuan bagi siswa memerlukanrnmotivasi yang tinggi, untuk itu sebagai seorang guru bidang studi Fiqihrnharus memiliki upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehinggarnsiswa dapat mengikuti pelajaran Fiqih dengan rasa senang, menghayati danrnmengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.rn3. Kontribusi model pembelajara Cooperative Learning Tipe STAD dalamrnpeningkatan motivasi belajar siswa Kemandirian belajar merupakan suaturnkemampuan dan aktivitas yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan,rnminat, sikap, dan keterampilan dan memperluas terhadap suatu materi yangrndilakukan dengan bertanggung jawab sendiri, tidak tergantung pada orangrnlain, dan tidak memiliki rasa percaya diri. Kemandirian belajar siswa dapatrndilihat pada saat siswa menghadapi tantangan-tantangan di dalam prosesrnmemahami suatu materi. Siswa yang memiliki kemandirian belajar yangrntinggi cenderung akan mencoba berbagai cara dan model ketika mengalamirnkesulitan dalam memahami materi.rn4. Urgensi penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STADrnmerupakan model pembelajaran yang lebih menekankan kepada proses kerjarnsama dalam kelompok. Dan semua siswa menyumbangkan ide bahwa siswarnyang bekerja sama dalam belajar dan bertanggung jawab terhadap temanrnsatu timnya mampu membuat diri mereka belajar dengan baik. Sehinggarnurgensi penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STADrnsangat penting dalam peroses pembelajaran berlangsung.rnB. SaranrnSetelah mengadakan penelitian tentang penerapan Cooperative Learning tipernStudent Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan motivasi belajarrnsiswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Muttaqin terdapat beberapa saran yangrnakan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:rn1. Diharapkan guru mengenalkan dan melatihkan keterampilan proses danrnketerampilan kooperatif sebelum atau selama pembelajaran agar siswarnmampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep sertarndapat menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan nilai yang dituntut.rn2. Agar pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses berorientasirnpembelajaran koopretif tipe STAD dapat berjalan, sebaiknya guru membuatrnperencanaan mengajar materi pelajaran, dan menentukan semua konsepkonseprnyang akan dikembangkan, dan untuk setiap konsep ditentukanrnmetode atau pendekatan yang akan digunakan serta keterampilan perosesrnyang akan dikembangkan.rn3. Kepada para peneliti selanjutnya, diharapkan semoga hasil penelitian inirndapat menjadi referensi bagi peneliti yang ingin menerapkan atau menelitirntentang model Cooperative Learning tipe Student Team AchievementrnDivision (STAD).
Ketersediaan
| ST20170050 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
50/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
