Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Membayar Zakat, Infaq dan Sedekah Menggunakan M-banking (Studi pada Muzakki dan munfiq di Baznas Kab.Bone)
Firdah/612062021079 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan dan kepercyaan
terhadap keputusan membayar zakat, infaq dan sedekah menggunakan M-
Banking. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan meode survey, melalui penyebaran kuesioner kepada 100
responden yang menggunakan M-Banking di Baznas Kab.Bone.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM)
dengan bantuan perangkat lunak SmarPLS 4. Analisis ini berujuan untuk menguji
hubungan antara variabel independen, yaitu kemudahan terhadap variabel
dependen, yaitu keputusan membayar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemudahan (X1) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan membayar (Y) dengan nilai T-statistik
6.614 dan nilai P value 0.000, variabel kepercayaan (X2) tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan membayar dengan nilai T-staistik 1.552 dan nilai P
value 0.121. Sedangkan variabel kemudahan (X1) dan variabel kepercayaan (X2)
berpengaruh secara simultan terhadap keputusan membayar zakat, infaq dan
sedekah menggunakan M-Banking di Baznas Kab.Bone. Artinya hipotesis H3
yang di ajukkan terbukti. Makanya kemudahan dan kepercayaan dapat
mempengaruhi secara bersama untuk menentukan keputusan membayar
zakat,infaq dan sedekah menggunakan M-banking di Baznas Kab.Bone
A. Kesimpulan
1. Pengaruh kemudahan (X1) terhadap keputusan membayar (Y). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hipotesis H1 ini terbukti signifikan, yang
berarti bahwa dengan adanya kemajuan teknologi yang memiliki fitur yang
jelas secara langsung memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Artinya
M-Banking yang memberikan kemudahan bagi muzakki dan munfiq,
sehingga mereka memiliki keinginan untuk membayar zakat, infaq dan
sedekah menggunakan M-banking di Baznas Kab. Bone.
2. Pengaruh kepercayaan (X2) terhadap keputusan membayar (Y). hasil
penelitian menunjukkan bahwa hipotesis H2 ini tidak terbukti signifikan,
yang berarti kepercayaan tidak memiliki pengaruh langsung terhadap
keputusan membayar. Dengan kata lain, keberadaan teknologi yang
memiliki fitur yang jelas tidak cukupmendorong muzakki dan munfiq untuk
melakukan pembayaran menggunakan M-Banking. Hal ini di dapat di
sebabkan oleh beberapa faktor, seperti jaringan internet yang tidak
mendukung proses transaksi atau kurangnya pengetahuan mengenai M-
banking, sehingga tidak mampu membangun kepercayaan terhadap M-
banking untuk melakukan pembayaran zakat, infaq dan sedekah di Baznas
Kab.Bone.
3. Kemudahan (X1) dan kepercayaan (X2) secara simultan berpengaruh
terhadap keputusan membayar (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
hipotesis H3 terbukti signifikan, yang berarti bahwa kemudahan dan
kepercayaan berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan
membayar zakat,infaq dan sedekah menggunkan M-banking di Baznas
Kab.Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka diperoleh
saran sebagai berikut:
1. Untuk baznas
Disarankan untuk lebih fokus lebih fokus pada stategi untuk
meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem M-Banking, dapat
dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang
keamanan dan manfaat penggunaan M-Banking untuk mempermudah
melakukan pembayaran zakat, infak dan sedekah.
2. Untuk peneliti selanjutnya
Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggali lebih dalam
mengapa kepercayaan tidak berpengaruh signifikan dalam konteks ini.
Beberapa pendekatan yang dapat diambil dengan menambah variabel
moderasi atau mediasi hubungan antara kemudahan, kepercayaan, dan
keputusan membayar zakat, infaq dan sedekah. Contohnya tingkat literasi
dan presepsi manfaat atau kepuasan pengguna, dengan menggunkan
variabel-variabel ini, pemahaman yang lebih komprhensif dapat diperoleh.
C. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan implikasi
bahwa kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan membayar
menggunakan M-Banking, sedangkan kepercayaan tidak memiliki pengaruh
yang signfikan terhadap keputusan membayar menggunkan M-Banking.
Masyarakat mungkin sudah memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap
baznas sebagai lembaga pengelola ZIS yang kredibel, sehingga keberadaan m-
banking tidak secara langsung mempengaruhi tingkat kepercayaan mereka
dalam konteks pembayaran.Oleh karena itu, perlu terus berinvestasi dan
berinovasi dalam meningkatkan kemudahan penggunaan aplikasi m-banking
salah satunya yaitu dengan sosialisasi dan edukasi penggunaan aplikasi,
mengadakan pelatihan atau membuat panduan yang jelas dan mudah dipahami
mengenai cara menggunakan M-Banking untuk pembayaran ZIS.
terhadap keputusan membayar zakat, infaq dan sedekah menggunakan M-
Banking. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan meode survey, melalui penyebaran kuesioner kepada 100
responden yang menggunakan M-Banking di Baznas Kab.Bone.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM)
dengan bantuan perangkat lunak SmarPLS 4. Analisis ini berujuan untuk menguji
hubungan antara variabel independen, yaitu kemudahan terhadap variabel
dependen, yaitu keputusan membayar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemudahan (X1) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan membayar (Y) dengan nilai T-statistik
6.614 dan nilai P value 0.000, variabel kepercayaan (X2) tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan membayar dengan nilai T-staistik 1.552 dan nilai P
value 0.121. Sedangkan variabel kemudahan (X1) dan variabel kepercayaan (X2)
berpengaruh secara simultan terhadap keputusan membayar zakat, infaq dan
sedekah menggunakan M-Banking di Baznas Kab.Bone. Artinya hipotesis H3
yang di ajukkan terbukti. Makanya kemudahan dan kepercayaan dapat
mempengaruhi secara bersama untuk menentukan keputusan membayar
zakat,infaq dan sedekah menggunakan M-banking di Baznas Kab.Bone
A. Kesimpulan
1. Pengaruh kemudahan (X1) terhadap keputusan membayar (Y). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hipotesis H1 ini terbukti signifikan, yang
berarti bahwa dengan adanya kemajuan teknologi yang memiliki fitur yang
jelas secara langsung memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Artinya
M-Banking yang memberikan kemudahan bagi muzakki dan munfiq,
sehingga mereka memiliki keinginan untuk membayar zakat, infaq dan
sedekah menggunakan M-banking di Baznas Kab. Bone.
2. Pengaruh kepercayaan (X2) terhadap keputusan membayar (Y). hasil
penelitian menunjukkan bahwa hipotesis H2 ini tidak terbukti signifikan,
yang berarti kepercayaan tidak memiliki pengaruh langsung terhadap
keputusan membayar. Dengan kata lain, keberadaan teknologi yang
memiliki fitur yang jelas tidak cukupmendorong muzakki dan munfiq untuk
melakukan pembayaran menggunakan M-Banking. Hal ini di dapat di
sebabkan oleh beberapa faktor, seperti jaringan internet yang tidak
mendukung proses transaksi atau kurangnya pengetahuan mengenai M-
banking, sehingga tidak mampu membangun kepercayaan terhadap M-
banking untuk melakukan pembayaran zakat, infaq dan sedekah di Baznas
Kab.Bone.
3. Kemudahan (X1) dan kepercayaan (X2) secara simultan berpengaruh
terhadap keputusan membayar (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
hipotesis H3 terbukti signifikan, yang berarti bahwa kemudahan dan
kepercayaan berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan
membayar zakat,infaq dan sedekah menggunkan M-banking di Baznas
Kab.Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka diperoleh
saran sebagai berikut:
1. Untuk baznas
Disarankan untuk lebih fokus lebih fokus pada stategi untuk
meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem M-Banking, dapat
dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang
keamanan dan manfaat penggunaan M-Banking untuk mempermudah
melakukan pembayaran zakat, infak dan sedekah.
2. Untuk peneliti selanjutnya
Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggali lebih dalam
mengapa kepercayaan tidak berpengaruh signifikan dalam konteks ini.
Beberapa pendekatan yang dapat diambil dengan menambah variabel
moderasi atau mediasi hubungan antara kemudahan, kepercayaan, dan
keputusan membayar zakat, infaq dan sedekah. Contohnya tingkat literasi
dan presepsi manfaat atau kepuasan pengguna, dengan menggunkan
variabel-variabel ini, pemahaman yang lebih komprhensif dapat diperoleh.
C. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan implikasi
bahwa kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan membayar
menggunakan M-Banking, sedangkan kepercayaan tidak memiliki pengaruh
yang signfikan terhadap keputusan membayar menggunkan M-Banking.
Masyarakat mungkin sudah memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap
baznas sebagai lembaga pengelola ZIS yang kredibel, sehingga keberadaan m-
banking tidak secara langsung mempengaruhi tingkat kepercayaan mereka
dalam konteks pembayaran.Oleh karena itu, perlu terus berinvestasi dan
berinovasi dalam meningkatkan kemudahan penggunaan aplikasi m-banking
salah satunya yaitu dengan sosialisasi dan edukasi penggunaan aplikasi,
mengadakan pelatihan atau membuat panduan yang jelas dan mudah dipahami
mengenai cara menggunakan M-Banking untuk pembayaran ZIS.
Ketersediaan
| SFEBI20250121 | 121/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
121/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
