Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Kepuasan Komsumen (Studi Kasus Pada Café Sore di Kab. Bone)
Ahmad Rifqi/60202202186 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen, untuk mengetahui kualitas layanan berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen, untuk mengetahui kualitas produk dan layanan
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan
dan menganalisis data yang numerik dan statistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap
tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survei yang
melibatkan 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis
menggunakan uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk (X1) menunjukkan
bahwa nilai t hitung 2.608 lebih besar dari t tabel 1.985, dengan tingkat signifikansi
0.011 yang lebih kecil dari 0.05. Ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk memiliki
pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Layanan (X2) menunjukkan
bahwa nilai t hitung sebesar 4.262 lebih besar dari t tabel sebesar 1.985, dengan tingkat
signifikansi 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel
Layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. hasil uji F
, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05, serta nilai F
vi
hitung sebesar 79.872 yang lebih besar dari F tabel sebesar 3.09. Hasil ini menunjukkan
bahwa variabel Kualitaas Produk (X1) dan Layanan (X2) secara simultan memiliki
pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y).
A. Kesimpulan
a. Hasil uji hipotesis variabel Kualitas Produk (X1) menunjukkan bahwa nilai
t hitung 2.608 lebih besar dari t tabel 1.985, dengan tingkat signifikansi
0.011 yang lebih kecil dari 0.05. Ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk
memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Artinya,
Kualitas Produk yang baik mampu mendorong konsumen untuk membeli
kembali karena merasa puas.
b. Hasil uji hipotesis variabel Layanan (X2) menunjukkan bahwa nilai t hitung
sebesar 4.262 lebih besar dari t tabel sebesar 1.985, dengan tingkat
signifikansi 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa
variabel Layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Artinya, layanan yang baik dan nyaman dapat memengaruhi
konsumen dan memberikan kepuasan sendiri pada saat membeli produk di
Café Sore Bn sehingga konsumen tertarik untuk melakukan pembelian
kembali.
c. hasil uji F , didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang lebih kecil dari
0.05, serta nilai F hitung sebesar 79.872 yang lebih besar dari F tabel sebesar
3.09. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel Kualitaas Produk (X1) dan
Layanan (X2) secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap
Kepuasan Konsumen (Y). Dengan demikian, baik Kualitas Produk maupun
Layanan secara bersama-sama memengaruhi Kepuasan Konsumen dalam
melakukan pembelian. Artinya, ketika kedua faktor ini diperhatikan dan
dioptimalkan, perusahaan dapat meningkatkan kemungkinan konsumen
untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.
B. Saran
1. Manajemen disarankan untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas
rasa, penyajian, serta kebersihan makanan dan minuman yang ditawarkan.
Kualitas produk yang konsisten akan memperkuat loyalitas konsumen.
2. Café disarankan untuk membuka saluran komunikasi yang efektif bagi
pelanggan, seperti kotak saran atau survei singkat setelah pembelian, untuk
mendapatkan umpan balik langsung sebagai dasar perbaikan berkelanjutan.
3. Penelitian di masa mendatang dapat mempertimbangkan variabel lain
seperti harga, lokasi, promosi, atau pengalaman konsumen sebagai faktor
tambahan yang memengaruhi kepuasan konsumen.
4. ntuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai
pengalaman konsumen, penelitian mendatang dapat menggunakan metode
kualitatif (misalnya wawancara mendalam) atau metode campuran (mixed
methods).
terhadap kepuasan konsumen, untuk mengetahui kualitas layanan berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen, untuk mengetahui kualitas produk dan layanan
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan
dan menganalisis data yang numerik dan statistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap
tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survei yang
melibatkan 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis
menggunakan uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk (X1) menunjukkan
bahwa nilai t hitung 2.608 lebih besar dari t tabel 1.985, dengan tingkat signifikansi
0.011 yang lebih kecil dari 0.05. Ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk memiliki
pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Layanan (X2) menunjukkan
bahwa nilai t hitung sebesar 4.262 lebih besar dari t tabel sebesar 1.985, dengan tingkat
signifikansi 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel
Layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. hasil uji F
, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05, serta nilai F
vi
hitung sebesar 79.872 yang lebih besar dari F tabel sebesar 3.09. Hasil ini menunjukkan
bahwa variabel Kualitaas Produk (X1) dan Layanan (X2) secara simultan memiliki
pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y).
A. Kesimpulan
a. Hasil uji hipotesis variabel Kualitas Produk (X1) menunjukkan bahwa nilai
t hitung 2.608 lebih besar dari t tabel 1.985, dengan tingkat signifikansi
0.011 yang lebih kecil dari 0.05. Ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk
memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Artinya,
Kualitas Produk yang baik mampu mendorong konsumen untuk membeli
kembali karena merasa puas.
b. Hasil uji hipotesis variabel Layanan (X2) menunjukkan bahwa nilai t hitung
sebesar 4.262 lebih besar dari t tabel sebesar 1.985, dengan tingkat
signifikansi 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa
variabel Layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Artinya, layanan yang baik dan nyaman dapat memengaruhi
konsumen dan memberikan kepuasan sendiri pada saat membeli produk di
Café Sore Bn sehingga konsumen tertarik untuk melakukan pembelian
kembali.
c. hasil uji F , didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang lebih kecil dari
0.05, serta nilai F hitung sebesar 79.872 yang lebih besar dari F tabel sebesar
3.09. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel Kualitaas Produk (X1) dan
Layanan (X2) secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap
Kepuasan Konsumen (Y). Dengan demikian, baik Kualitas Produk maupun
Layanan secara bersama-sama memengaruhi Kepuasan Konsumen dalam
melakukan pembelian. Artinya, ketika kedua faktor ini diperhatikan dan
dioptimalkan, perusahaan dapat meningkatkan kemungkinan konsumen
untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.
B. Saran
1. Manajemen disarankan untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas
rasa, penyajian, serta kebersihan makanan dan minuman yang ditawarkan.
Kualitas produk yang konsisten akan memperkuat loyalitas konsumen.
2. Café disarankan untuk membuka saluran komunikasi yang efektif bagi
pelanggan, seperti kotak saran atau survei singkat setelah pembelian, untuk
mendapatkan umpan balik langsung sebagai dasar perbaikan berkelanjutan.
3. Penelitian di masa mendatang dapat mempertimbangkan variabel lain
seperti harga, lokasi, promosi, atau pengalaman konsumen sebagai faktor
tambahan yang memengaruhi kepuasan konsumen.
4. ntuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai
pengalaman konsumen, penelitian mendatang dapat menggunakan metode
kualitatif (misalnya wawancara mendalam) atau metode campuran (mixed
methods).
Ketersediaan
| SFEBI20250087 | 87/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
87/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
