Analisis Akuntabilitas Dan Efektifitas Pengelolaan Dana Bos Dalam Memenuhi Kebutuhan Sekolah(Studi Pada Upt Sd Inpres 12/79 Ujung Tahun 2021-2023)
Andi Nuraulia/612062021035 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang analisis akuntabilitas dan efektifitas
pengelolaan dana bos dalam memenuhi kebutuhan sekolah, Tujuan penelitian
ini adalah (1) Untuk menganalisis mekanisme akuntabilitas pengelolaan dana
BOS di UPT SD Inpres 12/79 Ujung dalam memenuhi standar transparansi dan
pertanggungjawaban. (2) Untuk mengevaluasi efektivitas pengelolaan dana
BOS di UPT SD Inpres 12/79 Ujung dalam memenuhi kebutuhan operasional
dan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Jenis penelitian adalah
penelitian lapangan (field research) dengan bentuk deskriptif kualitatif dengan
data diperoleh melalui wawancara. Adapun Teknik analisis data yang
digunakan
yaitu
(1) Data Reduction (Reduksi Data) yaitu upaya
menyimpulkan data kemudian memilih data yang termasuk Dalam kategori
penelitian. (2) Data Display (Penyajian Data), Setelah data direduksi, maka
langkah selanjutnya adalah mendisplaykan data yaitu menyajikan data dan
menggabungkan
antar
kategori.
(3) Conclusion Drawing/verivication (Penarikan Kesimpulan/Verifikasi Kesimpulan) Langkah
ketiga
dalam
pengolahan data kualitatif adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Kesimpulan dari penelitian kualitatif merupakan temuan baru yang
sebelumnya belum pernah ada.Hasil penelitian yaitu (1) Pengelolaan dana
BOS di UPT SD Inpres 12/79 Ujung mencerminkan akuntabilitas dan
efektivitas. Dana dikelola berdasarkan RKAS hasil musyawarah kepala
sekolah, guru, bendahara, dan komite. Transparansi dijalankan melalui
pencatatan, pelaporan berkala, dan keterbukaan informasi.(2) Dana BOS
digunakan tepat sasaran untuk operasional dan peningkatan mutu pendidikan,
seperti sarana belajar, pelatihan guru, dan pemeliharaan fasilitas. Pengelolaan
ini sesuai Permendikbud dan prinsip manajemen pendidikan: efisiensi,
partisipasi, dan evaluasi.
A. Kesimpulan
1. Pengelolaan dana BOS di UPT SD Inpres 12/79 Ujung telah mencerminkan
prinsip
akuntabilitas
dan
efektivitas
yang
baik.
Dana
BOS
dikelola
berdasarkan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang disusun
melalui musyawarah antara kepala sekolah, bendahara, guru-guru dan komite
sekolah. Dari sisi akuntabilitas sekolah telah menjalankan mekanisme
transparansi dan pertanggungjawaban dengan melibatkan berbagai pihak,
melakukan pencatatan dan pelaporan secara berkala,serta menyediakan
informasi terbuka kepada masyarakat..
2. Dari sisi efektivitas dana BOS telah dimanfaatkan secara tepat sasaran untuk
mendukung operasional sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan, seperti
penyediaan sarana belajar, pelatihan guru serta pemeliharaan fasilitas. Hal ini
menunjukkan bahwa pengelolaan dana BOS telah sesuai dengan ketentuan
Permendikbud dan teori manajemen pendidikan yang menekankan pentingnya
efisiensi, partisipasi serta evaluasi dalam mencapai tujuan pendidikan.
B. Saran
dari temuan penelitian yang mencakup beberapa saran terkait penelitian,
yaitu:
1.
Disarankan agar pihak sekolah terus memperkuat sistem transparansi dan
pelibatan masyarakat dalam pengawasan dana BOS, misalnya dengan
memperluas akses informasi melalui media digital sekolah atau laporan berkala
yang mudah dipahami masyarakat. Selain itu perlu adanya pelatihan manajemen
64
keuangan secara rutin bagi tim pengelola agar pelaporan keuangan dapat
semakin akurat, terstruktur dan akuntabel.
2. Agar pemanfaatan dana BOS semakin optimal sekolah disarankan untuk
menyusun skala prioritas program berbasis hasil evaluasi kebutuhan riil siswa
dan guru. Selain itu, pelaksanaan monitoring dan evaluasi harus dilakukan
secara berkala dengan melibatkan semua unsur sekolah untuk memastikan
bahwa setiap dana yang digunakan benar-benar berdampak positif terhadap
peningkatan kualitas pembelajaran dan pelayanan pendidikan.
pengelolaan dana bos dalam memenuhi kebutuhan sekolah, Tujuan penelitian
ini adalah (1) Untuk menganalisis mekanisme akuntabilitas pengelolaan dana
BOS di UPT SD Inpres 12/79 Ujung dalam memenuhi standar transparansi dan
pertanggungjawaban. (2) Untuk mengevaluasi efektivitas pengelolaan dana
BOS di UPT SD Inpres 12/79 Ujung dalam memenuhi kebutuhan operasional
dan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Jenis penelitian adalah
penelitian lapangan (field research) dengan bentuk deskriptif kualitatif dengan
data diperoleh melalui wawancara. Adapun Teknik analisis data yang
digunakan
yaitu
(1) Data Reduction (Reduksi Data) yaitu upaya
menyimpulkan data kemudian memilih data yang termasuk Dalam kategori
penelitian. (2) Data Display (Penyajian Data), Setelah data direduksi, maka
langkah selanjutnya adalah mendisplaykan data yaitu menyajikan data dan
menggabungkan
antar
kategori.
(3) Conclusion Drawing/verivication (Penarikan Kesimpulan/Verifikasi Kesimpulan) Langkah
ketiga
dalam
pengolahan data kualitatif adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Kesimpulan dari penelitian kualitatif merupakan temuan baru yang
sebelumnya belum pernah ada.Hasil penelitian yaitu (1) Pengelolaan dana
BOS di UPT SD Inpres 12/79 Ujung mencerminkan akuntabilitas dan
efektivitas. Dana dikelola berdasarkan RKAS hasil musyawarah kepala
sekolah, guru, bendahara, dan komite. Transparansi dijalankan melalui
pencatatan, pelaporan berkala, dan keterbukaan informasi.(2) Dana BOS
digunakan tepat sasaran untuk operasional dan peningkatan mutu pendidikan,
seperti sarana belajar, pelatihan guru, dan pemeliharaan fasilitas. Pengelolaan
ini sesuai Permendikbud dan prinsip manajemen pendidikan: efisiensi,
partisipasi, dan evaluasi.
A. Kesimpulan
1. Pengelolaan dana BOS di UPT SD Inpres 12/79 Ujung telah mencerminkan
prinsip
akuntabilitas
dan
efektivitas
yang
baik.
Dana
BOS
dikelola
berdasarkan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang disusun
melalui musyawarah antara kepala sekolah, bendahara, guru-guru dan komite
sekolah. Dari sisi akuntabilitas sekolah telah menjalankan mekanisme
transparansi dan pertanggungjawaban dengan melibatkan berbagai pihak,
melakukan pencatatan dan pelaporan secara berkala,serta menyediakan
informasi terbuka kepada masyarakat..
2. Dari sisi efektivitas dana BOS telah dimanfaatkan secara tepat sasaran untuk
mendukung operasional sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan, seperti
penyediaan sarana belajar, pelatihan guru serta pemeliharaan fasilitas. Hal ini
menunjukkan bahwa pengelolaan dana BOS telah sesuai dengan ketentuan
Permendikbud dan teori manajemen pendidikan yang menekankan pentingnya
efisiensi, partisipasi serta evaluasi dalam mencapai tujuan pendidikan.
B. Saran
dari temuan penelitian yang mencakup beberapa saran terkait penelitian,
yaitu:
1.
Disarankan agar pihak sekolah terus memperkuat sistem transparansi dan
pelibatan masyarakat dalam pengawasan dana BOS, misalnya dengan
memperluas akses informasi melalui media digital sekolah atau laporan berkala
yang mudah dipahami masyarakat. Selain itu perlu adanya pelatihan manajemen
64
keuangan secara rutin bagi tim pengelola agar pelaporan keuangan dapat
semakin akurat, terstruktur dan akuntabel.
2. Agar pemanfaatan dana BOS semakin optimal sekolah disarankan untuk
menyusun skala prioritas program berbasis hasil evaluasi kebutuhan riil siswa
dan guru. Selain itu, pelaksanaan monitoring dan evaluasi harus dilakukan
secara berkala dengan melibatkan semua unsur sekolah untuk memastikan
bahwa setiap dana yang digunakan benar-benar berdampak positif terhadap
peningkatan kualitas pembelajaran dan pelayanan pendidikan.
Ketersediaan
| SFEBI20250083 | 83/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
83/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
