Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Brand Equity Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi
keuangan syariah dan kepercayaan nasabah terhadap brand equity pada Bank Syariah
Indonesia. Penelitian ini dilakukan terhadap 110 responden dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan Partial Least
Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah dan
kepercayaan nasabah berpengaruh signifikan terhadap brand equity baik secara
partial maupun simultan. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan literasi
keuangan syariah dan penguatan kepercayaan nasabah merupakan strategi penting
dalam membangun kekuatan merek Bank Syariah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentag Pengaruh Literasi
Keuangan Syariah dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Brand Equity Pada
Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone dengan kesimpulan sebagai
berikut:
1. Terdapat Literasi Keuangan syariah berpengaruh secara signifikan
terhadap Brand Equity Bank Syariah Indonesia.
2. Terdapat Kepercayaan Nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap
Brand Equity Bank Syariah Indonesia.
3. Terdapat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Nasabah
berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Equity Bank Syariah
Indonesia .
B. Saran
1. Bagi Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone
Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone sebaiknya terus
meningkatkan literasi keuangan syariah kepada nasabah melalui edukasi,
seminar, serta media digital agar pemahaman mereka terhadap produk dan
layanan syariah semakin baik. Selain itu, membangun kepercayaan
nasabah dapat diperkuat dengan transparansi dalam operasional,
peningkatan kualitas layanan, serta inovasi produk berbasis syariah yang
kompetitif. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan Brand Equity BSI
Cabang Bone dan menarik lebih banyak nasabah potensial.
2. Bagi Akademisi
Akademisi dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi
dalam pengembangan kajian terkait literasi keuangan syariah, kepercayaan
nasabah, dan Brand Equity Bank Syariah. Selain itu, institusi pendidikan
dapat memasukkan materi tentang keuangan syariah dalam kurikulum
untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai pentingnya literasi
keuangan syariah dalam membangun kepercayaan dan citra merek bank
syariah.
3. Bagi Peneliti
Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya dalam
mengkaji faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi Brand Equity Bank
Syariah, seperti kualitas layanan, kepuasan nasabah, dan inovasi digital.
Peneliti juga dapat memperluas cakupan penelitian ke wilayah lain atau
membandingkan dengan bank syariah lainnya untuk mendapatkan hasil
yang lebih komprehensif.
Ketersediaan
SFEBI2025006262/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

62/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top