Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Brand Equity Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone
Yuliana Rasni/602022021015 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi
keuangan syariah dan kepercayaan nasabah terhadap brand equity pada Bank Syariah
Indonesia. Penelitian ini dilakukan terhadap 110 responden dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan Partial Least
Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah dan
kepercayaan nasabah berpengaruh signifikan terhadap brand equity baik secara
partial maupun simultan. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan literasi
keuangan syariah dan penguatan kepercayaan nasabah merupakan strategi penting
dalam membangun kekuatan merek Bank Syariah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentag Pengaruh Literasi
Keuangan Syariah dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Brand Equity Pada
Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone dengan kesimpulan sebagai
berikut:
1. Terdapat Literasi Keuangan syariah berpengaruh secara signifikan
terhadap Brand Equity Bank Syariah Indonesia.
2. Terdapat Kepercayaan Nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap
Brand Equity Bank Syariah Indonesia.
3. Terdapat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Nasabah
berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Equity Bank Syariah
Indonesia .
B. Saran
1. Bagi Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone
Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone sebaiknya terus
meningkatkan literasi keuangan syariah kepada nasabah melalui edukasi,
seminar, serta media digital agar pemahaman mereka terhadap produk dan
layanan syariah semakin baik. Selain itu, membangun kepercayaan
nasabah dapat diperkuat dengan transparansi dalam operasional,
peningkatan kualitas layanan, serta inovasi produk berbasis syariah yang
kompetitif. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan Brand Equity BSI
Cabang Bone dan menarik lebih banyak nasabah potensial.
2. Bagi Akademisi
Akademisi dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi
dalam pengembangan kajian terkait literasi keuangan syariah, kepercayaan
nasabah, dan Brand Equity Bank Syariah. Selain itu, institusi pendidikan
dapat memasukkan materi tentang keuangan syariah dalam kurikulum
untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai pentingnya literasi
keuangan syariah dalam membangun kepercayaan dan citra merek bank
syariah.
3. Bagi Peneliti
Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya dalam
mengkaji faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi Brand Equity Bank
Syariah, seperti kualitas layanan, kepuasan nasabah, dan inovasi digital.
Peneliti juga dapat memperluas cakupan penelitian ke wilayah lain atau
membandingkan dengan bank syariah lainnya untuk mendapatkan hasil
yang lebih komprehensif.
keuangan syariah dan kepercayaan nasabah terhadap brand equity pada Bank Syariah
Indonesia. Penelitian ini dilakukan terhadap 110 responden dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan Partial Least
Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah dan
kepercayaan nasabah berpengaruh signifikan terhadap brand equity baik secara
partial maupun simultan. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan literasi
keuangan syariah dan penguatan kepercayaan nasabah merupakan strategi penting
dalam membangun kekuatan merek Bank Syariah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentag Pengaruh Literasi
Keuangan Syariah dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Brand Equity Pada
Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone dengan kesimpulan sebagai
berikut:
1. Terdapat Literasi Keuangan syariah berpengaruh secara signifikan
terhadap Brand Equity Bank Syariah Indonesia.
2. Terdapat Kepercayaan Nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap
Brand Equity Bank Syariah Indonesia.
3. Terdapat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Nasabah
berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Equity Bank Syariah
Indonesia .
B. Saran
1. Bagi Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone
Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Bone sebaiknya terus
meningkatkan literasi keuangan syariah kepada nasabah melalui edukasi,
seminar, serta media digital agar pemahaman mereka terhadap produk dan
layanan syariah semakin baik. Selain itu, membangun kepercayaan
nasabah dapat diperkuat dengan transparansi dalam operasional,
peningkatan kualitas layanan, serta inovasi produk berbasis syariah yang
kompetitif. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan Brand Equity BSI
Cabang Bone dan menarik lebih banyak nasabah potensial.
2. Bagi Akademisi
Akademisi dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi
dalam pengembangan kajian terkait literasi keuangan syariah, kepercayaan
nasabah, dan Brand Equity Bank Syariah. Selain itu, institusi pendidikan
dapat memasukkan materi tentang keuangan syariah dalam kurikulum
untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai pentingnya literasi
keuangan syariah dalam membangun kepercayaan dan citra merek bank
syariah.
3. Bagi Peneliti
Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya dalam
mengkaji faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi Brand Equity Bank
Syariah, seperti kualitas layanan, kepuasan nasabah, dan inovasi digital.
Peneliti juga dapat memperluas cakupan penelitian ke wilayah lain atau
membandingkan dengan bank syariah lainnya untuk mendapatkan hasil
yang lebih komprehensif.
Ketersediaan
| SFEBI20250062 | 62/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
62/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
